DEPARTURES (2008)

1 komentar

Untuk pertama kali aku sengaja nonton film Jepang. Stelah film Asia (selain Indonesia) yang kutonton dari China (IP Man, Bodyguard & Assassins) dan India (My Name is Khan,3 Idiots). Dan alesan nonton Departures ini adalah akren ni film berhasil menang Oscar kategori Best Foreign Film tahun 2009. Apa yang kita cari dari film pemenang Oscar? Kualitas tentunya!

Diceritain ada seorang pemain cello bernama Daigo yang gabung di sebuah grup orkestra di Tokyo. Suatu hari karena masalah keuangan, tuh grup dibubarin. Daigo yang gak punya bakat lain tentu aja bingung. Untuk dia punya istri yang pengertian (cantik juga) & selalu ngedukung apa yang dia lakuin. Daigo mutusin pulang kampung buat cari kerja. Disana Daigo tinggal dirumah peninggalan ibunya yang udah meninggal pas dia masih kecil Ayah Daigo juga ninggalin dia pas umur 8 tahun. Makanya Daigo benci & sampe lupa wajah ayahnya.
Setelah nyari kerja, dia nemu iklan lowongan di koran. Ngerasa syaratnya gampang & gajinya gede, Daigo dengan pede ngelamar tanpa tahu pekerjaan apa itu. Dan ternyata itu adalh penyedia jasa merias & memasukkan mayat ke peti. Karuan dia bingung. Tapi karna gajinya gede, dia terima aja.
Sampe suatu hari istri & orang di sekitarnya tahu pekerjaan Daigo. Mereka pun nganggap tuh pekerjaan gak pantas. Nah, gimana nasib pekerjaan Daigo? Apa sang istri akhirnya tetep ngedukung ato terus ninggalin dia? Dan apakah akhirnya dia bisa ketemu sang ayah?

Terus terang ini film emang LUAR BIASA! Dari awal kita disuguhin drama yang menyentuh. Ngeliat gimana ekspresi keluarga yang ditinggal mati & harus ngeliat jenazah kerabat mereka dirias untuk terakhir kali juga menyentuh banget. Satu poin penting adalah: Istri Daigo adalah istri yang laur biasa. Selain cantik, dia mau aja ngikutin semua keinginan suami walopun sebenernya itu berlawanan sama kata hatinya. Dan sepanjang film ini kita bakal didengerin scoring orkestra yang luar biasa megah & bikin merinding.

OVERALL : Ini jadi bukti kalo film Asia gak kalah sama film Hollywood. Satu ekunggulan dari Asia adalah banyak adat istiadat mereka yang menarik buat diangkat jadi film kayak di Departures ini yang ngangkat tradisi merias & ngerawat jenazah

RATING : 

 

1 komentar :

Comment Page:
anggra mengatakan...

setuju dengan review mas rasyid, film ini luar biasa. untuk genre drama, kisah yang diangkat engga mainstream dan menyajikan konflik psikologis yang masuk akal.
Kisah epic ini ditutup dengan ending yang simpel tapi menyentuh, mampu membuat saya teringat pada orang tua saya.
kekurangannya hanya satu, film ini agak sulit didapat