THE BOX (2009)

Tidak ada komentar

Awalnya saya cuma tertarik nonton ini karena genre thriller yang ditawarin. Setelah cari info dan tahu sutradaranya adalah Richard Kelly yang ngebikin film cult "Donnie Darko" saya jadi makin penasaran. karena film bikinan Kelly macem D.Darko adalah film yang punya "rasa" tersendiri. Cara bertutur dan ceritanya unik sehingga banyak orang yang gak suka karena dianggpa bikin bingung. tapi gak sedikit pula yang jatuh hati akrena dianggap film itu berkualitas & beda. Saya sendiri masuk golongan yang kedua. Film the Box sendiri adalah adaptasi cerita pendek berjudul "Button, Button" yang juga pernah diadaptasi ke salah satu episode serial "Twilight Zone".

Norma & Arthur adalah pasangan suami istri yang rukun. mereka punya anak bernama Walter. Hidup mereka tenang. Sampe suatu hari mereka dapet kabar buruk dari pekerjaannya masing-masing yang jelas bikin kondisi ekonomi mereka seret. Suatu hari mereka mendapati ada sebuah kotak kayu yang diatasnya terdapat sebuah tombol yang tertutup kotak kaca yang terkunci. Dan disertai surat kalo ada seseorang bernama Mr.Steward yang akan datang. Bener aja, keesokan harinya Mr. Steward dateng & njelasin tentang tuh kotak yang kalo dipencet tombolnya, mereka bakal dapet 1JUTA DOLLAR!

Tapi sebagai gantinya akan ada seseorang yang mati, siapapun itu. Terdorong kondisi keuangan yang seret, Norma atas persetujuan sang suami mencet tuh tombol. Dan bener aja, keesokannya Mr.Steward nyerahin tuh uang & emang bener di suatu tempat lain terjadi sebuah pembunuhan. Setelah itu hidup keluarga ini mulai menemui berbagai macem hal aneh yang diluar nalar.

Lagi-lagi emang film yang cukup sulit dicerna orang biasa. Walopun untuk standar Kelly sebenernya The Box sedikit lebih sederhana. Banyak konflik yan rada berat dicerna. Tapi itu semua dihadirkan dengan cukup menarik. Walopun saya hampir gak ngerasain ketegangan di film ini, tapi tetep aja penasaran apa yang sebenernya terjadi (tapi garis besar film ini udah cukup tertebak di pertengahan film). Sangat terlihat Kelly nyoba sedikit mainstream disini. FYI, kayanya sebelum The Box gak ada film Kelly yang di peredarannya meraup untung, bahkan selalu rugi. Mungkin karena beratnya cerita. nah, di The Box akhirnya ia dapet untung walopun cuma sedikit.

Film ini sendiri punya setting di tahun 1976. Dan emang setting lokasinya berasa banget. gak cuma itu, aura 70an juga terasa di sepanjang film, entah dari musik, sinematografi dan hal-hal lain. Saya sendiri ngerasa seperti liat film di tahun 70-80an. Apakah itu salah? Sama sekali enggak. Tiap sutradara emang harus punya style masing-masing, kayak dunia-dunia aneh Tim Burton, banjir darah Quentin Tarantino, ato special effect jor-joran Peter Jackson & James Cameron.

OVERALL: Bukan film untuk semua orang, selain itu ketegangan kurang berasa. Untungnya masih bisa membuat penasaran & ceritanya menarik.

RATING: 


Tidak ada komentar :

Posting Komentar