A NIGHTMARE ON ELM STREET (2010)

1 komentar
Setelah Jason Voorhees kembali dengan remake franchise-nya "Friday the 13th" yang secara kualitas dapet caci maki dari semua pihak, kali ini giliran Freddy Krueger dapet kesempatan mengulang kisahnya dari awal lagi. Walopun yang bikin film ini adalah perusahaan yang sama kayak yang bikin remake Friday the 13th, saya agak menaruh harapan. Karena Freddy adalah slasher yang beda. Dia punya style, selera humor yang absurd, & teknik membunuh yang unik karena dilakuin didalam mimpi korbannya. So, harapan cukup tinggi saya taruh di remake film ini.

Disebuah jalan yang bernama Elm, terdapat sekumpulan remaja yang saling berteman. Suatu hari salah seorang diantara mereka yang bernama Dean bercerita kalo dia dapet mimpi buruk dimana kalo di mimpi dia terluka, maka luka itu ikut terjadi di dunia nyata. Awalnya, Kris, cewek yang dia ceritain gak percaya. tapi itu berubah setelah dia ngeliat sendiri Dean mati secara tragis dengan menyobek lehernya sendiri. tapi kris yakin Dean bukan bunuh diri, melainkan ada yang mengontrolnya. Pas dia ceritain ke temen lainnya, gak ada yang percaya kecuali Nancy yang percaya ada yang gak beres. Sampe suatu malem Kris terbunuh di mimpinya dan semuapun mulai sadar kalo mereka mengalami mimpi yang sama, yaitu seorang pria bermuka hangus yang memiliki cakar besi ditangannya mencoba membunuh mereka satu persatu. Dan pria itu adalah...Freddy Krueger. Mereka pun nyoba buat gak tidur. tapi masalah muncul setelah mereka tahu kalo kondisi psikologis manusia gak bisa bertahan kalo gak tidur 3 hari. jadi kalo terjaga lebih dari 3 hari, mereka gak bisa ngebedain mana mimpi mana kenyataan.
Kali ini Jackie Earle Haley yang berperan sebagai Freddy ngegantiin Robert Englund. Sosok yang udah puluhan tahun meranin Freddy. Apakah dia berhasil ngegantiin sosok ikonik Freddy? Jawabannya: TIDAK! Okay, tokoh Jason emang juga ganti, tapi Jason adalah sosok pembunuh bertopeng yang gak ngomong. jadi asal pemerannya berbadan gede udah cukup. Nah, Freddy adalah sosok pembunuh yang punya ciri khas mulai mimik wajah, sampe kata-katanya yang kadang berkesan lucu pas mau neror korbannya. Disini Freddy jadi berkesan seperti tokoh slasher biasa yang cuma ngomong kayak "I'll cut you", "I'll kill you" Basi! Selain itu efek buat wajah Freddy yang kebakar juga beda & kesannya lucu. Inget, seancur-ancurnya Friday the13th, penampilan Jason tetep sama kayak sebelumnya. Nah ini? Saya malah geli ngeliat mata Freddy disini yang sama sekali gak nampilin wibawa khasnya.

Okay, santai, masih ada ciri khas Freddy yang lain, yaitu teknik ngebunuh yang unik. Ingat gimana Freddy ngebunuh cowok dengan menarik urat nadi tanganny lalu dibikin kayak boneka di filmnya dulu? Sangat memorable. Dan lagi-lagi film ini gagal. Teknik ngebunuhnya cuman asal tebas asal cabik. gak ada gregetnya. Cuma satu adegan menjelang akhir yang agak bagus, itupun korbannya gak mati dan gagal nyelametin film. Satu hal lagi, momen keluarnya Freddy seakan cuman jadi false alarm di beberapa bagian. Kayak mainan aja kemunculan Freddy. jadi pas dia beneran muncul ya gak ada gregetnya. Satu kelebihan film ini yaitu dengan budget minim, tetep bisa nampilin beberapa efek & settingan alam mimpi yang cukup maksimal. Kalo anda orang yang belum kenal Freddy & gampang ditakutin, ni film cocok. Tapi bagi orang yang sudah kenal bahkan ngefans dengan Freddy kayak saya, film ini ancur. (kabarnya ni film bakal dibikin 2 sekuel lagi, saya harap lebih baik)

1 komentar :

  1. horor remake yang asik menurut saya itu halloween nya rob zombie.

    BalasHapus