10 THINGS I HATE ABOUT YOU (1999)

2 komentar

2 pemeran utama pria dalam film yang rilis tahun 1999 ini bikin saya tertarik. Yang pertama adalah Joseph Gordon-Levitt yang saya kenal pertama kali di (500) Days of Summer yang jadi film drama komedi favorit saya. Dia tampil bagus disana sebagai Tom, cowok yang patah hati. Tahun ini dia juga berakting cukup bagus di film fenomenal Inception. Dan aktor satunya adalah Heath Ledger. Aktor yang udah almarhum ini memperlihatkan penampilan luarbiasa sebagai The Joker. So, harapan saya tentunya bisa melihat sebuah romcom yang berisi akting bagus dari pemainnya.

Cameron James (Joseph Gordon-Levitt) adalah seorang murid baru di Padua. Saat sedang diajak berkeliling oleh teman barunya, Michael Eckman, Cameron langsung jatuh hati pada seorang cewek cantik bernama Bianca. Bianca masuk kategori cewek populer disekolah. Ternyata, Cameron punya saingan berat bernama Joey Donner yang merupakan seorang bintang iklan. Dilain pihak, Bianca punya seorang kakak cewek bernama Kat. Kat sebenernya cewek yang cantik. Tapi dia sangat ketus dan membenci pria (bukan dia lesbi). Parahnya, ayah mereka punya peraturan: Bianca boleh berpacaran tapi Kat juga harus pacaran. Jelas aja itu bikin Bianca pusing. Soalnya dia sendiri mulai tertarik dengan Joey dan Cameron. Sampe Michael punya sebuah ide. Dia dan Cameron akhirnya mencari cowok yang mau ngajak Kat kencan supaya Cameron bisa jadian dengan Bianca. Ketemulah mereka dengan Patrick Verona (Heath Ledger) seorang cowok urakan yang ditakuti.
Sadar bakalan sulit ngebujuk Patrick, keduanya memanfaatkan Joey untuk membayar Patrick supaya dia mau jalan dengan Kat. Joey mau aja, karena kalo Kat jadian, dia juga bisa jalan dengan Bianca. Apa Kat bisa tertarik dengan Patrick? Siapakah yang dipilih Bianca? Joey yang tenar atau Cameron yang rada cupu?

Film komedi romantis akhir-akhir ini mulai keluar dari kodratnya. Film genre itu menjadi tidak menampilkan percintaan yang romantis dan komedi yang lucu. Tapi film ini ternyata gak begitu. Dari segi komedi, beberapa selipan kelucuannya bisa bikin saya tersenyum bahkan tertawa. Walopun ada beberapa yang absurd dan gak logis (mengalihkan perhatian guru dengan memperlihatkan dada????) Dari segi romantis? Film ini amat romantis. Lihat aja adegan yang ditampilkan Heath Ledger untuk merayu Kat. Kurang romantis gimana itu? Lalu simak juga adegan akhir film dimana Kat membaca puisi yang isinya mempresentasikan judul film ini. Very romantic.

Dari segi akting juga bagus. Joseph Gordon-Levitt emang memerankan peran stereotipe film drama komedi. Seorang cowok cupu yang mencoba mendapatkan cewek cantik. Tapi untungnya itu bukan jadi poin utama film ini. Yang jadi poin utama adalah hubungan Kat dan Patrcik. Heath Ledger? Wow, jarang banget film romcom punya tokoh yang memorable macam dia. Artian kata keren, charming dan lain-lain ada padanya. Kalo dia jadi idola cewek waktu itu sepertinya wajar. Saya baru menonton 3 filmnya termasuk film ini (The Dark Knight & Imaginarium of Doctor Parnassus) Dan semuanya dia bermain bagus. Saya belum nonton Brokeback Mountain dan akan segera menontonnya. Sayang banget dunia perfilman kehilangan aktor super berbakat macam dia. Kelemahan utama film ini cuma pada plotnya yang terkadang berasa melompat-lompat. Kadang saya merasa "Lho, bukannya tadi marahan?" atau "Lho, kok langsung ini?" Tapi saya rasa itu bisa tertutupi dengan semua kelebihan nih film.

RATING: 

2 komentar :

Comment Page:
Anonim mengatakan...

'cant take my eye off you' f*vking memorable scane ever :D

Jelita Putri mengatakan...

Saya juga suka film ini, kebetulan saya ada koleksinya, silahkan kunjungi blog saya :D
10 Things I Hate About You [ 1999 USA BrRip 1080p YIFY Audio English Subtitle English, Indonesia 1381 MB ]

http://bioskop21free.blogspot.com/2014/11/10-things-i-hate-about-you-1999-usa.html

Koleksi juga: 500 Film Terbaik Sepanjang Masa