THE DEPARTED (2006)

1 komentar
Daya tarik utama untuk sebuah film pastinya jajaran cast dan juga sutradaranya. Film ini punya keduanya. Disutradarai Martin Scorsese yang 2 film sebelum film ini, yaitu Gangs of the New York dan The Aviator masuk nominasi oscar untuk film terbaik dan sutradara terbaik walopun gak ada yang menang tapi itu udah membuktikan kapasitasnya sebagai sutradara. Dari jajaran pemain gak perlu diragukan. Ada Leonardo DiCaprio, Matt Damon, aktor legendaris Jack Nicholson, Mark Wahlberg, Vera Farmiga sampe Alec Baldwin. Cerita film ini sendiri adalah remake dari film Hong Kong, Infernal Affair yang emang jadi salah satu film crime terbaik yang pernah dibikin di Hong Kong.

Frank Costello (Jack Nicholson)  adalah seorang mafia kelas kakap di Boston. Dia menjalankan banyak bisnis kotor disana. Dia sendiri sangat sulit dilacak keberadaannya. Hal itu dikarenakan dia telah menyelundupkan seorang mata-mata ke dalam tubuh FBi. Mata-mata itu bernama Collin Sullivan (Matt Damon). Sullivan sendiri udah dapet kepercayaan dari atasannya, walopun dia sendiri kurang akrab dengan rekannya di kepolisisan, Sean Dignam (Mark Wahlberg). Pihak kepolisian yang merasa kesulitan melacak Costello akhirnya memilih mengirim mata-mata untuk menyamar kedalam gembong Costello. Yang dipilih menjalankan tugas itu adalah Billy Costigan (DiCaprio).
Costigan sendiri berhasil mendapat kepercayaan dari Costello. Ketegangan dimulai saat masing-masing pihak mulai menyadari bahwa di kubunya terdapat mata-mata. Costigan dan Sullivan mulai mencari tahu satu sama lain. Konflik juga ditambah dengan hubungan gelap Costigan dengan pacar Sullivan yang bernama Madolyn Madden (Vera Farmiga) yang juga adalah psikiater Costigan.

Film ini akhirnya memenangkan Film Terbaik dan Sutradara terbaik di Oscar 2007. Film ini emang menawarkan aksi dan ketegangan yang  menarik disimak walopundurai film ini emang panjang, sekitar 2 jam setengah. Tapi kemampuan Scorsese membangun ketegangan membuat film ini tidak membosankan. Akting para pemainnya juga hebat. Semuanya. Gak cuma satu dua. Mulai dari DiCaprio dan Matt Damon. Jack Nicholson saya rasa adalah yang tampil paling brilian. Makanya saya heran dia gak dapet nominasi oscar. Mark Wahlberg juga walopun gak sering muncul, tapi setiap muncul dia tampil maksimal, dan menyebalkan. Dan dia berhasil dapet nominasi oscar untuk Best Supporting Actor. Apakah film ini lebih bagus ato lebih jelek daripada Infernal Affairs? Sepertinya jawabannya tergantung selera.

1 komentar :

Comment Page:
Kasamago mengatakan...

rilis 2006, saya baru nonton kemarin (july 2017)... agak nyesal terlambat tp berhubung udah ntn Internal Affairs rasanya tinggal membandingkan saja dg versi Andy Lau dan Tony Leung..