INCEPTION (2010)

2 komentar

Kalo ngomong film paling ditunggu tahun 2010 mungkin banyak yang ngomong Eclipse. Tapi kenyataannya bukan film itu. Mulai dari blog, sampe website film semuanya memajang Inception sebagai film paling ditunggu tahun ini. Dan dari orang-orang yang terlibat didalamnya emang wajar nih film ditunggu. Ada Leonardo Di Caprio, salah satu aktor terbaik yang dipunyai Hollywood saat ini. Ellen Page yang main di film fenomenal Juno. Joseph Gordon-Levitt yang melambung di (500) Days of Summer. Peraih oscar 2008 Marion Cotillard. Tom Hardy yang menggila sebagai Charles Bronson, Dileep Rao yang sering kebagian peran sampingan tapi filmnya selalu berhasil kayak Drag Me To Hell & Avatar, dan lain-lain. Dari sutradara ada Christopher Nolan yang membangkitkan sang kelelawar Batman dari tidurnya di Batman Begins dan membuat sang superhero mendapatkan film superhero terbaik sepanjang masa lewat The Dark Knight. Kurang lengkap gimana film ini? Tapi apa bisa memenuhi ekspektasi orang-orang?

Dominic Cobb (Leo Di Caprio) adalah seorang Extractor alias pencuri ide dari mimpi. Dia adalah yang terbaik di bidangnya. Dia bekerjasama dengan Arthur (Joseph Gordon-Levitt) yang udah lama jadi partnernya dalam sebuah misi mencuri ide dari mimpi Saito (Ken Watanabe) Tapi karena Saito udah tahu Dom & Arthur mencoba mencuri dari mimpinya, dia berhasil menggagalkan misi mereka berdua. Saat terbangun Saito malahan ngasih sebuah misi yang berbeda ke Dom. Kali ini dia diharuskan menanamkan ide, bukannya mencuri ide ke orang lain. penanaman ide itu disebut Inception.
Saito sendiri menawarkan sebuah hal yang gak mungkin bisa ditolak Dom. Dom lalu ngumpulin tim baru untuk membantu misinya yang terdiri dari Ariadne (Ellen Page) seorang cewek remaja yang sanggup menjadi arsitek mimpi, Eames (Tom Hardy) seorang penipu ulung dalam mimpi, Yusuf (Dileep Rao) seorang kimiawan dan tentunya Arthur sang partner. Saito sendiri juga ikut dalam misi ini untuk memastikan keberhasilan misi. Dimulailah sebuah misi yang hampir mustahil dilakukan.


Selesai nonton film ini yang saya lakukan bukanlah beranjak keluar dari studio karena masih takjub dengan karya 148 menit yang ditampilkan Nolan. Dari segi cerita sungguh saya gak mampu menulis tentangnya. LUAR BIASA! Sebenernya film ini gak rumit banget, tapi kejeniusan Nolan dalam merangkumnya bikin yang nonton seperti terjebak dalm labirin teka-teki yang apabila berhasil dipecahkan maka akan terasa kepuasan luar biasa setelah nonton karena kita merasa udah menyelesaikan puzzle rumit yang dibikin Nolan. Kalo gak berhasil memecahkan? Tonton sekali lagi, haha. Gak perlu efek berlebihan untuk nampilin dunia mimpi ala Nolan, cukup dengan kreatifitas tingkat tinggi maka dengan efek yang gak berlebihan sebuah dunia diluar batas pikiran bisa ditampilkan seperti di film ini.

Dan semua itu didiukung oleh pemerannya yang emang berkualitas. Peran Leo disini jujur rada mirip dengan Shutter Island. Apalagi hubungannya dengan sang istri. Mungkin bukan yang terbaik yang dia miliki tapi Leo berhasil mengeluarkan akting yang bagus. Joeseph Gordon juga gak kalah. Sebagai Tom di (500) Days of Summer yang patah hati dia berubah jadi Arthur yang agak kaku tapi berhasil menampilkan sebuah adegan action paling memorable di film ini. Adegan action tangan kosong yang diracik dengan sedikit efek dan menjadi sangat hebat.

Pemeran lainnya juga sama. Mereka berhasil tampil baik dengan caranya sendiri. Untuk Ken Watanabe & Tom Hardy malah lain lagi. Beberapa kali interaksi mereka berdua bisa mengundang kelucuan yang menyegarkan ditengah ketegangan film. Marion Cotillard sebagai istri Dom juga menampilkan peran yang baik. Kemunculannya yang gak bisa ditebak membuat ketegangan tersendiri.

Saya bukan kritikus film. Jadi saya gak berusaha mencari kelemahan film ini. Sehingga yang tergambar dari film ini adalah keluarbiasaaan. Apakah Christopher Nolan sutradara hebat? Kurang tepat. Dia adalah seorang jenius yang berhasil menampilkan sebuah film yang menurut saya adalah salah satu yang terbaik tahun ini yang mungkin cuma bisa dilebihi Toy Story 3. menurut saya sekarang Nolan udah hampir pantas disejajarkan dengan James Cameron sebagai sutradara yang gak tiap tahun rilis film tapi begitu rilis filmnya selalu berkualitas dan sukses di pasaran.

RATING: 

2 komentar :

Comment Page:
bokunosekai mengatakan...

I love this movie!!

Habis nntn Inception trus nonton memento bikin saya jadi fansnya Nolan

Dev Setyard mengatakan...

yas semoga ada lagi kelar interstellar