THE KARATE KID (2010)

Tidak ada komentar

Saya udah pernah nonton film asli dari The Karate Kid yang rilis tahun 1984. Tapi itu juga udah ada 10 tahunan. Yang berarti saya udah lupa ceritanya. Makanya pas nonton remake filmnya kali ini saya beneran mencoba menikmati dari nol. Film ini sendiri dibintangi Jaden Smith (Anak Will Smith yang jadi produser film ini) dan Jackie Chan. Biasanya kalo Jackie Chan main film hollywood, saya kurang suka hasil akhirnya. Tapi kali ini dia cuman jadi supporting actor, dan lagi settingnya juga di Cina. Apakah sukses? Yang jelas saya gak akan membandingkan dengan film aslinya dikarenakan lupa.

Dre Parker (Jaden Smith) dengan berat hati pindah ke Cina bersama Ibunya dikarenakan sang ibu beranggapan di Detroit mereka udah gak punya apa-apa dan kesulitan ekonomi. Sesampainya disana Dre langsung dihadapkan dengan masalah pergaulan dan adaptasi. Diawali dengan perkenalannya dengan gadis lokal bernama Meiying yang membuat Dre jatuh hati, dia malah dihajar habis-habisan oleh Cheng, bocah jago kung fu. Dimulailah hari penuh penderitaan & ketakutan bagi Dre di tempat tinggal barunya.
Sampe suatu hari dia bertemu seorang tukang reparasi bernama Mr.Han (Jackie Chan) yang ternyata adalah master kung fu. Dre lalu meminta diajari kung fu dan berniat bertanding dengan anak-anak yang udah mengganggunya di sebuah turnamen kung fu.

Well, saya malah punya hipotesa tentang bagaimana film ini awalnya dibuat: Will Smith ingin mengangkat nama anaknya. Dan dia sadar untuk itu harus ada sebuah film istimewa dengan aktor tenar pula. Karena Will Smith sendiri muali terkenal jadi aktor laga yang macho, dia ingin Jaden ngikuti jejaknya. Maka dia ingin sang anak tampil di film aksi ato beladiri. Sampe dia bertemu Jackie Chan dan ngajak si master buat bikin film kung fu barng sang anak. Untuk lebih menambah nilai komersil, Will bikin tuh film dengan embel-embel: REMAKE KARATE KID, walopun isi filmnya kung fu. Apakah usaha ini berhasil?

Sebenernya saya agak terganggu dengan problem awalnya. Apakah itu adalah sebuah kecemburuan bocah cowok ke seorang bocah lainnya yang mengganggu cewek yang dia taksir? Hey, mereka baru 12 tahun. Kalo film aslinya kalo gak salah udah remaja, so wajar aja. Ato mungkin gak seneng ngeliat anak baru udah sok nggodain cewek lokal? Nah, alesan itu lebih bisa diterima. Untuk akting, Jaden Smith berhasil ngurangin sikap supernyebelin yang dia tampilkan di "The Day The Earth Stood Still" Walopun tetep cukup nyebelin juga dia disini. Lain lagi dengan  Jackie Chan yang tampil serius disini. Awalnya agak aneh, tapi berhubung dia main cukup bagus, ya akhirnya gak masalah. Durasinya sendiri 2 jam elbih. Agak kepanjangan emang, untungnya aksi kung fu lumayan menarik jadi gak ngebosenin bangetlah. Two thumbs up buat Jaden Smith yang ternyata bisa kung fu sehebat itu. Kalo diperhatikan perubahan bodynya cukup terlihat dari awal sampe akhir. Membuktikan dia berlatih sungguh-sungguh buat perannya.

OVERALL: Terlepas dari ketidak sesuaian judulnya, The Karate Kid mampu menjadi salah satu summer movie yang bagus tahun ini.

RATING: 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar