LEAP YEAR (2010)

3 komentar

Kalo diibaratkan musik lokal, film bergenre Komedi Romantis bagaikan musik pop pasar yang easy listening. Gampang dicerna semua orang, tapi terlalu seragam & kurang memperhatikan kualitas. Jadi punya kecenderungan bosan. Mulai dari alur sampe ending film bergenre ini sebenernya mudah banget ditebak. Tapi ya karena gampang ditonton sehingga kalo nyari film hiburan, jenis yang saya pilih biasanya komedi romantis. Dengan harapan bisa ketawa, ngeliat hal romantis, disuguhi aktris yang cantik. Bagaimana dengan Leap Year?

Sudah 4 tahun Anna dan Jeremy berpacaran. Tapi Jeremy gak juga ngelamar Anna. Jelas aja dia sebel. Sampe suatu saat sang pacar pergi ke Dublin, Irlandia untuk sebuah urusan. Anna inget kalo tiap 4 tahun sekali di tahun kabisat tepatnya tanggal 29 Februari menurut tradisi kuno Irlandia, cewek boleh ngelamar cowok di hari itu.
Anna nekat terbang kesana buat ngelamar sang pacar. Sialnya gara-gara badai perjalanannya dialihkan ke Wales. Setelah melalui perjuangan berat, sampailah Anna di Dingle, desa kecil di Irlandia. Dan disana ia bertemu pemilik bar bernama Declan yang walopun selalu sinis ke Anna, tapi dia bersedia nganter Anna ke Dublin dengan bayaran untuk melunasi hutang barnya.

Saya tidak bermaksud spoiler, tapi rasanya semua orang juga tahu bagaimana film komedi romantis berakhir. Dan untuk ending film ini saya rasa amat sangat terlalu dipaksain. Coba, setelah pacaran 4 tahun dengan bahagia, masa ada orang yang lebih milih menikahi cowok yang baru dia kenal beberapa hari & melakukan perjalanan bersama sekitar 3 hari? Saya pribadi pernah mengalami hal itu. Tapi kondisi kayak gitu mungkin, kalo hubungan dengan sang pacar udah terlalu gawat, & cowok yang baru ditemui beneran nyaman & cocok. Nah disini hubungan Anna & Jeremy gak dalam kondisi darurat, tapi terlalu dipaksakan retak di akhir film. Dilain pihak Anna & Declan sering banget bertengkar. Oke, mungkin tumbuh cinta adalah hal wajar, tapi memutuskan menikah? Sangat gak wajar.

Kemudian saya menyoroti perilaku orang-orang yang ditemui Anna di Irlandia. Emang gak ada orang ramah ya? Asli, semua orang yang ada super nyebelin dan gak nunjukin respek sama sekali ke seorang cewek  yang lagi tersesat. Kelebihan film ini justru ada di setting lokasi yang indah. Pedesaan di Irlandia sungguh asri, sejuk & indah. Saya sangat menikmati adegan outdoor di film ini.

RATING: 

3 komentar :

Comment Page:
Ipenk mengatakan...

mksh infonya

atieka k mengatakan...

suka banget settingnya..irlandia mantapss..vuvi mata euy nonton ni film
nah itu dia! kenapa dia bisa mutusin tunangannya dan ga mau diajak nikah jadi inti utama film itu,,anna mulai bertransformasi dalam 3 hari perjalanan itu dari seseorang yang sangat realistis hingga menjadi "romantis".bayangkan seharusnya ia menjadi seorang istri seorang kardiologis terkenal dan tinggal di kota besar tapi justru balik ke kota kecil itu lagi untuk melamar sang cowok itu..emang sedikit ga masuk akal,tp karena saya juga berjiwa sedikit romantis hal itu mungkin saja dan menambah keromantisan saya hahaha ;)

Anonim mengatakan...

kurang setuju kalo dibilang ini film jelek. well setiap orang punya selera masing-masih ya.
film ini masuk dalam kategori film favorite aku. apa karena selera aku ga begitu tinggi. mungkin.
sedikitnya aku ngerti kenapa mereka putus. karena cinta itu emang udah padam. di scene setelah mereka wawancara sama pemilik apartemen diperlihatkan gimana masing-masing sudah sangat sibuk dengan pekerjaan mereka sendiri. dan jerremy yang tidak pernah mengungkit masalah pernikahan sudah menjadi pertanda bahwa anna sudah bukan prioritas jeremy lagi. ini nunjukin bahwa hubungan mereka memang ada masalah. mereka bersama karena sudah terlalu terbiasa satu sama lain dan karena karir pasangan yang sangat membanggakan membuat mereka sulit untuk melepaskan. di sinilah image declan yang apa adanya, nyablak, dan care membuat anna berpikir bahwa kebahagiaan dia adalah prioritas utama bukan apa yang dipikirkan orang tentang hidupnya..
walaupun endingnya emang sedikit terlalu maksa but it's still a good comedy romance movie.

tapi aku tetap suka blog ini, sangat membantu untuk dapat list movie baru buat ditonton.. thx