MYSTIC RIVER (2003)

Tidak ada komentar

Perasaan saya setelah nonton film garapan Clint Eastwood ini hampir sama kayak setelah nonton film Eastwood lainnya, Gran Torino. Yaitu "tertipu". Dulu saya mengira Gran Torino adalah sebuah film action. Dan saya awalnya mengira Mystic River adalah horror diliat dari judul dan posternya. Saya merasa "wah, Clint Eastwood mau nyoba bikin film horor, pasti keren" Melihat jaajran cast film ini makin aneh lagi, masa Sean Penn main horror? Tanpa ngecek sinopsis filmnya, saya pun nonton. Dan ternyata lagi-lagi ketipu. Film ini emang mengandung unsur thriller tapi sama sekali bukan horror.

Filmnya dibuka dengan adegan 3 bocah yang bermain bersama, mereka adalah Jimmy, Sean, dan Dave. Mereka lalu menuliskan nama mereka disebuah cetakan semen yang belum kering. Tiba-tiba muncul pria yang mereka anggap polisi menegur mereka lalu membawa Dave pergi. Ternyata tuh pria bukan polisi. Mereka menculi Dave dan melakukan tindakan pelecehan seksual. Beruntung setelah 4 hari Dave berhasil kabur. 25 tahun kemudian, ketiga bocah yang udah tumbuh jadi pria dewasa itu masih tinggal disitu, tapi udah berkeluarga dan jarang berkomunikasi satu sama lain. Jimmy (Sean Penn) udah punya 2 putri (kalo gak salah 2 atau 3 gitu). Sean (Kevin Bacon) menjadi polisi, tapi kehidupan rumah tangganya gak lancar. Sang istri pergi dan selalu meneleponnya tiap hari tanpa mengucap sepatah katapun. Sedangkan Dave (Tim Robbins) juga udah punya satu putra. Kehidupan mereka awalnya damai sampe suatu hari, Katie putri tertua Jimmy menghilang dan ditemukan telah tewas. Jimmy jelas sangat terpukul. Awalnya dia mencurigai Brendan Harris, pacar putrinya yang hubungannya tidak dia setujui.


Tapi penyelidikan polisis yang dipimpin Sean dan Sersan Whitey Powers (Laurence Fishburne) malah mengatakan bukan Brendan pelakunya. Penyelidikan makin rumit setelah diketahui Dave memperlihatkan tindak tanduk aneh yang membuatnya dicurigai. Jimmy sendiri merasa harus melakukan penyelidikannya sendiri dibantu teman-temannya. Siapakah pembunuh Katie?

Meskipun saya salah menilai genre film ini, nyatanya film ini justru berhasil menghadirkan thriller dan misteri yang sangat bagus. Berulang kali saya dipaksa menuduh siapa sebenernya pembunuh Katie. Disaat saya udah yakin akan identitas si pelaku, tiba-tiba muncul scene yang membuat saya kembali ragu dan mengarahkan kecurigaan pada tokoh lain. Begitu seterusnya sampe akhirnya semuanya terungkap di akhir film. Film ini mengantarkan Sean Penn meraih gelar aktor terbaik versi Academy Awards + Golden Globe. Begitu juga Tim Robbins yang menjadi Best Supporting Actor di kedua ajang tersebut. Film ini juga berjaya di Cannes FIlm Festival. Beginilah film yang disutradarai Clint Eastwood. Bukan film ringan, tapi menarik diikuti dan mendatangkan pemasukkan yang lumayan besar. Dan seringkali panen penghargaan.

OVERALL: Film yang sanggup menghadirkan ketegangan sekaligus drama yang berasal dari gejolak batin tokohnya.

RATING: 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar