BABEL (2006)

1 komentar

Biasanya film yang berbentuk banyak cerita yang terpisah tapi saling berhubungan adalah dari genre romasa atau komedi romantis. Tapi kali ini film model begitu disajikan dari genre drama yang serius. Dari segi pemeran sebenernya film ini gak banyak yang punya nama beken. Cuma ada Brad Pitt sama Cate Blanchett. Tapi itu bukan berarti filmnya bakal gak berkualitas kalo dimainin sama nama baru. Siapa coba yang kenal nama Cristoph Waltz sebelum Inglorious Basterds? Dan dia malah ngasih akting luarbiasa, bukti kalo nama besar bukan jaminan. Film ini sendiri cukup menarik karena mengangkat tema dan setting global alias berbagai macam negara.

Di Maroko dua orang bocah yang merupakan kakak beradik baru aja mendapat sebuah senjata yang diberikan agar mereka bisa melindungi kambing mereka dari serangan serigala. Tapi mereka malah main-main dengan senapan itu dan nyoba nembakin hal lain. Yang paling parah adalah mereka iseng pengen nembak mobil. Dan secara gak terduga tembakan mereka yang baisanya meleset kali ini tepat sasaran dan mengenai seorang turis Amerika, Susan Jones (Cate Blanchett) yang lagi berlibur bersama sang suami Richard Jones (Brad Pitt). Bukannya nendapat perawatan di RS, Susan malah terlantar karena ambulans tidak kunjung datang. Richard harus bersabar menunggu dan merawat istrinya yang kritis dibantu warga lokal. Dua anak yang menembak juga gak luput kena masalah.


Mereka dan ayahnya dikejar-kejar polisi setempat. Ditempat lain, kedua anak pasangan Susan & Richard sedang berada di Mexico bersama sang pengasuh yang lagi menghadiri pernikahan sang anak (karena ortunya belum bisa balik). Sialnya saat keluar dari Mexico mereka harus mendapat masalah dengan perlintasan perbatasan. Di belahan dunia lain tepatnya di Jepang, ada seorang gadis bisu tuli bernama Chieko. Dia adalah gadis yang punya masalah kepribadian dan masalah keluarga dengan sang ayah khususnya. Belakangan diketahui kalo senapan yang digunakan untuk nembak Susan adalah senapan yang tertanda atas nama ayah Chieko.

Terkesan rumit? Memang. Dengan segala perbedaan budaya dan bahasa, orang-orang diatas harus terlibat banyak masalah yang sebenernya berpangkal pada satu masalah awal, yaitu penembakan terhadap Susan. Jenius sekali bisa mengembangkan cerita dan permasalahn menjadi sangat kompleks dan luas macam ini. Menurut saya yang paling menarik sebenernya adalah cerita tentang Chieko di Jepang. Kisah gadis bisu tuli ini emang cukup unik karena disertai permasalahan sosial yang cukup kental. Sayangnya cerita ini juga yang tersa paling gak nyambung karena hubungan antara kasusnya dengan cerita utama gak digali dengan lebih dalam. Sehingga rasanya cuma sebagai cerita pelengkap yang anehnya justru berkualitas lebih. Dari segi akting seperti yang saya bilang, nama besar bukan jaminan. Brad Pitt tetaplah tampil dengan kualitasnya yang emang bagus. Tapi tetep bintang utama adalah Rinko Kikuchi yang tampil meyakinkan sebagai bisu tuli dan tampil "berani".

OVERALL: Keberhasilan menggabungkan beberapa setting negara beserta kebudayaan dan bahasanya membuat film ini menarik disimak.

RATING: 

1 komentar :

  1. perlu lebih dr sekali biar mudeng.. jd teringat dg film mighty of walter milty

    BalasHapus