RAY (2004)

Tidak ada komentar

Ray Charles tentu namanya sudah sangat terkenal sebagai musisi yang mempelopori genre musik soul. Karyanya selalu menjadi pemuncak chart dan menerima berbagai penghargaan termasuk Grammy Awards. Ray sendiri dikenal juga karena kekurangannya, yaitu dia adalah seorang musisi tuna netra tapi bisa bermain piano dengan sangat luar biasa. Di film yang diangkat dari autobiografinya ini, Ray Charles diperankan oleh Jamie Foxx. Berkat perannya sebagai Ray, Foxx berhasil menerima penghargaan sebagai aktor terbaik Academy Awards.

Ray Charles Robinson sudah mengalami kebutaan sejak umur 7 tahun. Selama hidupnya dia juga terus dihantui perasaan bersalah akibat tidak bisa menyelamatkan sang adik George yang mati tenggelam. Tapi kekurangannya itu tidak membuatnya menjadi terbelakang. Dia mulai mempelajari piano dari salah seorang tua di daerahnya sehingga walopun dia tidak bisa melihat, dia sangat jago berpiano. Setelah dewasa bakatnya mulai diakui. Dia mulai manggung di berbagai tempat bahkan mulai sukses dengan albumnya sendiri.


Ray Charles sendiri berani menggabungkan berbagai macam genre musik macam jazz, gospel, country dan orkestra. Tapi kesuksesannya di karir tidak berbanding lurus di kehidupan pribadinya. Dia adalah seorang pecandu heroin. Hal yang menyebabkan dia terancam penjara. Dia juga berulang kali selingkuh walopun udah punya istri yang baik dan cantik, dan 2 orang anak. Tapi dia tetep berkarya dibalik segala kekurrangannya.

Yeah! Akting Jamie Foxx memang sangat luarbiasa. Memerankan Ray Charles yang buta, pecandu, playboy, tetapi jenius dalam bermusik adalah hal yang sulit. Tapi Jamie Foxx berhasil memainkannya dengan baik. Sangat baik malah. Gesturnya sangat khas dan unik. Performa yang sepertinya sulit ditandingi dimasa depan bahkan oleh Jamie Foxx sendiri walopun dia juga tampil bagus di The Soloist. Kemudian alunan musik di film ini jelas top class. Gak ada yang meragukan musik gubahan seorang Ray Charles. Screenplay film ini terkesan kurang rapih dan terkadang terlihat aneh saat flashback (Kilatan warna merahnya juga ganggu banget). Walopun begitu film ini termasuk salah satu film musikal terbaik yang pernah saya tonton.

OVERALL: Akting yang menawan dan alunan musik luarbiasa itu membuat film ini jadi tidak terasa membosankan walopun berdurasi sekitar 2 setengah jam.

RATING: 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar