SALT (2010)

1 komentar

Jaman sekarang film aksi udah bukan monopoli para pria. Udah banyak aktris yang cukup ikonik dengan peran sebagai wanita perkasa, sebut aja Milla Jovovich, Uma Thurman, atau Jennifer Garner. Tapi buat saya yang terbaik teteplah Angelina Jolie. Dia bisa menggabungkan akting yang baik (sehingga seperti beneran melakukan adegan aksi) dan sensualitas yang membuat tokoh jagoan yang dia mainkan tetep sedap dipandang walopun sifatnya "macho". Lihat aja Mrs. Smith, Lara Croft, sampe Fox sang pembunuh, semuanya jagoan hebat yang juga terlihat sexy. Dan kali ini dia kembali berperan sebagai jagoan wanita, tepatnya seorang agen rahasia bernama Evelyn Salt.

Evelyn Salt adalah seorang agen CIA. Diluar pekerjaannya dia sendiri sudah hidup bahagia bersama sang suami. Ditengah pekerjaannya, CIA menangkap seorang pembunuh sekaligus mata-mata dari Russia bernama Orlov yang datang ke Amerika guna membunuh Presiden Russia yang kala itu sedang berkunjung untuk menghadiri pemakaman Wapres Amerika. Saat diinterogasi, Orlov malah memberikan pengakuan mengejutkan yang mengatakan bahwa ada seorang agen CIA yang sebenernya adalah mata-mata yang disusupkan Russia. Dan namanya adalah Evelyn Salt.


Jelas aja perkataan ini bikin kaget tidak cuma Salt sendiri tapi juga rekan-rekannya sesama CIA, khususnya sang teman dekat, Ted. Bukannya mencoba menjelakan bahwa ia tidak bersalah, Salt justru melarikan diri, hal yang membuat kecurigaan kawan-kawannya sesama CIA meningkat. Mereka lalu mulai mengejar Salt. Siapakah sebenernya Salt? Seorang mata-mata Russia asli? Atau hanya korban fitnah?

Film ini ditampilkan dengan alur yang cepat. Adegan aksi ditampilkan nyaris diseluruh durasi filmnya. Dan itu memang berhasil membuat film ini menarik dan jauh dari kata bosan. Apalagi semua itu dibarengi dengan penampilan lumayan dari Jolie. Memang tidak tergolong akting yang memukau sekali, tapi dia berhasil membuat saya percaya bahwa Jolie emang sedang berlarian dikejar-kejar CIA dan berkelahi dengan segenap kemampuannya. Keunggulan lain film ini adalah bagaimana film ini berhasil membuat penontonnya penasaran tentang jati diri Salt yang sebenernya. Film ini juga menampilkan banyak twist ringan didalamnya. Kenapa saya sebut twist ringan? Karena sesungguhnya twist di film ini tidaklah sulit ditebak, tapi tetep bisa membuat saya agak kaget. Yang saya sayangkan justru dari penggambaran tokoh Salt yang agak terlalu super. Dan dari dulu emang tokoh jagoan si Jolie saya rasa agak terlalu super. Tapi itu dari segi aksinya, Dari segi kepribadian, justru Evelyn Salt menurut saya cukup menarik. Bagaimana seorang tokoh utama yang batas antara baik dan ajhatnya sangat tipis sangat menarik diikuti tentunya.


RATING: 

1 komentar :

Comment Page:
herparingan mengatakan...

Kalo ane mah yang paling yahud tetep Milla Jovovich. Kalo body emang lebih OK si jolie, mangsudnya si Jolie ni, emang lebih merepresentasikan karakter-karakter pendekar perempuan dari dunia game. Tapi bagaimanapun perempuan harus tetap menjadi perempuan dan itu ada di Milla Jovovich.