ADAPTATION (2002)

Tidak ada komentar

Charlie Kaufman adalah seorang screen writer yang punya daya imajinasi tinggi dalam menulis skenario sebuah film. Sebelum film ini, karya Kaufman yang pernah saya tonton adalah "Eternal Sunshine of the Spotless Mind", sebuah film komedi romantis yang punya plot dan alur cerita yang unik. Dan film "Adaptation" ini juga menawarkan sebuah premis cerita yang unik. Film ini adalah adaptasi lepas dari buku non-fiksi karangan Susan Orlean berjudul The Orchid Thief. Buku yang bercerita tentang pencuri anggrek bernama John Laroche ini diadaptasi secara unik oleh Charlie Kaufman. Bukannya mengadaptasi buku itu secara penuh, Kaufman malah mencampurkan isi buku itu dengan pengalamannya menulis skenario untuk film ini dan menambahkan beberapa hal fiktif didalamnya.

Charlie Kaufman (Nicolas Cage) menerima tawaran mengadaptasi buku non-fiksi karangan Susan Orlean (Meryl Streep) Charlie juga mempunyai saudara kembar bernama Donald Kaufman (Nicolas Cage) yang juga berkeinginan menjadi seorang penulis skenario. Charlie mengalami kebuntuan ide untuk mengadaptasi buku itu. Dia berusaha membuat skenario film yang berbeda dari kebanyakan film Hollywood dan lebih mengutamakan kesederhanaan. Charlie sendiri juga punya masalah bersosialisasi dengan orang disekitarnya termasuk wanita yang dia sukai.
Disisi lain konflik juga datang dari sang penulis buku, Susan Orlean. Dia yang pada awalnya hanya berusaha mengorek kisah dari seorang pemburu anggrek bernama John Laroche (Chris Cooper) yang cukup urakan. Lama kelamaan Susan yang sudah bersuami malah makin dekat berhubungan dengan sang narasumber.

Ide Kaufman untuk mengadaptasi buku The Orchid Thief dalam model unik begini amatlah kreatif. Bukannya membuat film tentang buku saja, tapi dia mencampurnya dengan kondisinya saat menulis film ini. Diawal film saya sempat menangkap film ini hanyalah sebuah film bagus biasa, tapi makin berjalannya film saat saya sadar bahwa Kaufman mengadaptasi pengalamannya dalam mengadaptasi buku itu membuat saya sangat kagum dan tersihir sampai akhir film yang berisi banyak adegan yang cukup mengejutkan.

Dari cast film ini, penyita perhatian saya jelas Nicolas Cage yang mampu memerankan 2 karakter beda sifat dengan sempurna. Seolah-olah memang ada 2 orang kembar disana. Cage mampu berinteraksi dengan dirinya sendiri dengan sangat baik. Sayangnya Nic Cage adalah aktor yang performa aktingnya labil. Disebuah film misal film ini atau Bad Lietunant dan Kick Ass dia berkating bagus, tapi di film lain aktingnya bisa buruk seperti di Sorcerer's Apprentice atau Ghost Rider. Lain dengan Meryl Streep yang selalu bermain baik termasuk di film ini. Adegan dia menghisap narkotika lalu menjadi "high" memukau. Tapi untuk urusan penghargaan Chris Cooper jawaranya dimana dia menang sebagai Best Supporting Actor di Oscar sedang Cage dan Streep cuma jadi nominator.

OVERALL: Film dengan alur cerita sangat kreatif, termasuk yang paling kreatif dari semua film yang pernah saya tonton.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar