JONAH HEX (2010)

Tidak ada komentar

Jonah Hex ini punya banyak hal yang bisa bikin film ini sukses di pasaran sekaligus punya kualitas yang lumayan bahkan berpotensi bagus. Yang pertama jelas karena film ini adalah adaptasi komik terbitan DC. Walopun bukan termasuk komik kelas A tapi setidaknya film yang diadaptasi dari komik sudah punya fan base. Lalu dari jajaran cast yang ada juga menjanjikan. Josh Brolin sebagai Jonah Hex jelas jadi sebuah jaminan akting bermutu. Ada juga aktor veteran John Malkovich, Michael Fassbender, Michael Shannon dan gak ketinggalan Megan Fox sebagai penyedap mata. Tapi entah kenapa dengan berbagai faktor diatas film ini malah flop. Dengan budget $47 juta, film ini cuma bisa dapet pemasukan sekitar $10 juta alias rugi besar! Parahnya lagi film ini dapat tanggapan negatif dari berbagai pihak. Apa emang seburuk itu?

Jonah Hex (Brolin) adalah anak buah dari Quentin Turnbull (Malkovich) disaat terjadinya perang sipil. Tapi karena berlawanan pendapat, Hex membelot bahkan membunuh anak Turnbull yang juga sahabatnya. Tidak terima, Turnbull dan anak buahnya menyerbu rumah Jonah dan menangkapnya beserta anak dan istrinya. Jonah dipaksa melihat orang-orang yang disayanginya mati terbakar. Bahkan, Turnbull sempat meninggalkan "jejak" luka bakar diwajah Jonah.

Beruntung Jonah tidak tewas dan diselamatkan suku Indian. Pengalaman mendekati kematian malah membuat Jonah tambah jago dan punya kemampuan menghidupkan orang mati. Berbekal kemampuan barunya itu dia mencari Turnbull untuk membalas dendam. Diperjalanan dia juga dibantu seorang pelacur yang menjadi love interestnya, Lilah (Fox).

Well, film ini emang ancur. Dari yang pertama adalah plot hole yang bertebaran. Dan plot hole yang paling ancur adalah opening yang menceritakan masa lalu Jonah. Niatnya mempersingkat+dibikin menarik dengan balutan animasi komik malahan jadi gak jelas. Oya, dan saya kurang bisa menerima ide ceritanya. Bagaimana mungkin seorang pria yang berusaha balas dendam atas kematian keluarga yang dia cintai dengan sangat ditengah perjalanan malah menjalin asmara dengan seorang pelacur? Terlalu dipaksain. Hal pengganggu yang lain adalah adegan "bayangan" perkelahian Jonah dan Turnbull yang menyelingi adegan didunia nyata. Entah mau dibikin nyeni atau absurd tapi yang jelas itu ide yang buruk dengan eksekusi yang lebih buruk. Cast yang menjanjikan juga kurang optimal. Josh Brolin jadi yang tampil dengan kelasnya, dia oke, dan keren sebagai Jonah Hex. Malkovich? Gak buruk tapi kurang berkesan jahat. Michael Fassbender juga cukup oke jadi penjahat semi psikopat. Dan Megan Fox? Seperti biasa seorang penyedap mata yang entah darimana tiba-tiba diakhir film jadi jago pegang senjata.

OVERALL: Kalo gak tertolong jajaran cast yang lumayan, lengkaplah film ini jadi calon kuat penerima Razzie 2011, dan emang buat saya ini termasuk salah satu film terburuk tahun ini.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar