MICHAEL CLAYTON (2007)

Tidak ada komentar

George Clooney merupakan salah satu aktor favorit saya yang selalu menghadirkan akting bagus di hampir tiap filmnya. Oke, banyak yang bilang karakter yang dia perankan adalah karakter yang tidak beda jauh dengan pribadi George Clooney yang asli. Tapi buat saya itu tidak masalah. Karena aktor yang satu ini selalu berhasil membuat sebuah karakter yang mempunyai kesan kalem, berwibawa, dan kadang cukup lucu. Tipe pkarakter yang saya maksud itu bisa dilihat di trilogi Ocean, Burn After Reading, dan yang terbaru Up in the Air. Dan ditahun 2007 Clooney kembali memerankan tokoh yang kurang lebih sama, yaitu sebagai Michael Clayton.

Di film yang judulnya memakai nama tokoh utamanya ini (Michael Clayton) diceritakan bahwa Clayton adalah seorang yang bekerja disebuah kantor firma. Dia dikenal sebagai ""tukang bersih-bersih" kasus yang sanggup membereskan berbagai macam masalah dengan baik. Dan kali ini dia mendapat pekerjaan untuk menyelidiki kasus yang terjadi di perusahaan U/North. Dan dalam kasus tersebut terdapat sosok kunci bernama Arthur yang juga merupakan rekan Michael. Arthur sendiri dianggap menderita gangguan jiwa, seperti saat dia ditangkap polisi tengah berlari dalam keadaan telanjang di tempat parkir.
Tapi penyelidikan Michael tidak berjalan mudah karena dari kubu U/North terdapat wanita bernama Karen yang sangat ambisius dan rela melakukan cara apapun demi menyelamatkan perusahaan tersebut. Disisi lain, Michael juga tengah dirundung masalah finansial dan keluarga.

Film ini dibuga dan ditutup dengan scene yang cerdas yang menarik. Adegan awalnya mampu memancing penasaran, sedangkan penutupnya adalah adegan super sederhana tetapi bagi saya sanagat menarik. Kasus yang dihadirkan sebenernya bisa dibilang bukan hal yang baru, tapi bisa ditampilkan dengan baik dan mampu memberikan rasa penasaran. Yah walaupun buat orang yang kurang suka dengan film misteri berat macam ini pasti akan merasa kebosanan.

Bagaimana dengan akting Clooney kali ini? Masih tetap baik terbukti dengan nominasi Oscar yang dia terima. Tipikalnya agak mirip Danny Ocean, hanya sedikit lebih kacau kehidupannya. Bicara soal kehidupan kacau dan masalah finansial yang diderita Michael Calyton di film ini, kok saya gak menangkap penampilan luar Michael adalah orang bermasalah ya? Sama sekali tidak terlihat dia terlilit hutang. Tetap keren, necis, seperti Ryan Bingham yang dimainkan Clooney di Up in the Air. Padahal tokoh Ryan adalah seorang pekerja kaya yang sukses jadi pas jika penampilannya seperti itu. Sedangkan tokoh lain tidaklah kalah bagus. Bahkan Tom Wilkinson sebagai seorang setengah gila menurut saya lebih bagus daripada George Clooney. Tilda Swinton juga sama hebatnya. Bahkan dia satu-satunya cast film ini yang berhasil membawa pulang piala Oscar dikategori Best Supporting Actress disaat Clooney dan Wilkinson hanya jadi nominasi.

OVERALL: Film ini akan jadi sebuah film yang sangat menarik bagi penggemar film misteri seperti The Ghost Writer yang rilis tahun ini. 

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar