PUNCH-DRUNK LOVE (2002)

1 komentar

Adam Sandler bermain di film drama dengan peran serius? Saya antara tertarik dan ragu. Tertarik karena ingin tahu bagaimana dia bermain serius. Ragu ya karena kebiasaan dia bermain ngocol di komedi slapstick. Dan lagi filmnya ini bergenre komedi romantis yang sepertinya sulit sekali mendapat film berkualitas dengan akting berkualitas pada genre ini. Buat saya praktis cuma ada 2 film di genre ini yang masuk kategori luar biasa, yaitu "(500) Days of Summer" dan "Eternal Sunshine of the Spotless Mind". Film yang keduanya punya persamaan dengan Punch-Drunk Love. Yaitu bintang utamanya adalah komedian yang sempat diragukan kapasitas aktingnya, Jim Carey. Dan akhirnya dia berhasil mementahkan pesimisme orang. Apakah Adam Sandler mampu melakukan hal yang sama atau bahkan lebih?

Barry Egan (Adam Sandler) adalah pemilik perusahaan pembuat alat penyedot toilet dan berbagai macam alat mandi lain. Bary sendiri adalah orang yang mempunyai kepribadian unik cenderung aneh. Dia kurang bisa bergaul dengan orang disekitarnya. Emosinya juga sulit terkontrol dan meledak-ledak bisa kapanpun dimanapun. Hal itu membuatnya depresi dan sering menangis sendiri. Barry yang membutuhkan teman cerita memutuskan menghubungi penyedia layanan telepon sex. Ternyata hal itu adalah kesalahan, dimana akhirnya dia malah dimintai sejumlah uang dengan paksa oleh sang wanita ditelepon yang mengetahui identitasnya. Ditengah kesulitan itu, Barry bertemu dengan wanita bernama Lena Leonard (Emily Watson) yang tertarik pada Barry setelah melihat fotonya dari kaka perempuan Barry.
Barry yang sulit bergaul itu ternyata juga tertarik pada Lena. Bagaimana cara Barry menyelesaikan permasalahan hidup, jiwa dan mendapatkan cinta Lena itulah yang jadi suguhan utama film ini.

Apakah Adam Sandler mampu mendekati akting Jim Carey? Jawabanya adalah dia berhasil melebihinya. Akting Adam Sandler sebagai pria dengan masalah sosial diluar dugaan sangat baik. Menjadi pria depresi dan emosional tidaklah mudah. Penampilan Sandler disini sedikit mirip dengan Ben Stiller di Greenberg tahun 2010 ini. Bedanya, karakter Ben Stiller lebih kearah mudah dibenci penonton, sedangkan Sandler akan lebih mudah disukai. Saya juga sangat menyukai dialog-dialog yang muncul disini. Cenderung kearah aneh, lucu, tapi cerdas. Hal itu membuat film ini selalu menarik dari awala hingga berakhir. Tidak ada sedikitpun momen yang membosankan dari film berdurasi sekitar 95 menit ini.

Tidak hanya dialog, adegan yang ada juga unik. Bagaimana adegan pembuka yang menampilkan kecelakaan yang cukup mengagetkan saja sudah menunjukkan film ini akan menjadi sangat menarik. Yang jelas, film ini berhasil menjadikan salah satu karakternya menajdi salah satu karakter favorit saya di film. Yak, Sandler sebagai Barry Egan memang menarik. Bagaimana dia sangat depresi, tapi akhirnya menjadi berubah lebih kuat untuk membela orang yang dicintainya. Great!!!


RATING:

1 komentar :

  1. suka film ini. aktingnya adam sandler bagus! ngakak di bagian dialog ini:
    Barry: I'm lookin' at your face and I just wanna smash it. I just wanna fuckin' smash it with a sledgehammer and squeeze it. You're so pretty.
    Lena: I want to chew your face, and I want to scoop out your eyes and I want to eat them and chew them and suck on them

    dialog yg aneh, tp malah yg bikin film ini beda sama komedi romantis kebanyakan :D

    BalasHapus