TAKERS (2010)

Tidak ada komentar

Membaca premis dan melihat jajaran cast film ini, ingatan saya langsung tertuju pada Ocean's Eleven yang hingga sekarang masih menjadi salah satu dari 10 film favorit yang pernah saya tonton. Premisnya sama-sama sekumpulan maling jago yang mencoba mencuri uang. Dan film ini layaknya Ocean's Eleven juga menampilkan ensemble cast. Mulai Matt Dillon, Idris Elba, Hayden Christensen, Zoe Saldana, Michael Ealy, Paul Walker, sampai dua musisi Chris Brown dan T.I. turut ambil bagian. Pada awalnya ekspektasi saya cukup tinggi sampai membaca banyak review negatif yang dtujukan untuk Takers. Saya mulai ragu film ini akan menjadi "new Ocean's Eleven". Tapi saya tetap berharap mendapat suguhan film bertema pencurian dengan trik yang menghibur.

Sekelompok perampok handal sukses mengelabui polisi dan merampok uang dari bank sebanyak 2 juta dollar. Grup ini dipimpin oleh Gordon Cozie (Idris Elba), dan anggotanya John (Paul Walker) A.J. (Hayden Christensen), Jake (Michael Ealy) dan Jesse (Chris Brown). Demi keamanan, mereka melakukan aksinya hanya setahun sekali. Sampai tba-tiba seorang mantan anggota grup yang baru bebas dari penjara karena tertangkap saat beraksi ditahun 2004, Ghost (T.I.) mendatangi mereka dan menyampaikan niatnya untuk mengajak mereka merampok bersama kembali. Kali ini sasarannya mobil baja pembawa uang sebanyak 30 juta dollar. Walaupun sempat ragu karena sempitnya waktu dan mereka masih curiga terhadap Ghost, perampokan itu tetap akan dilakukan karena tergiur uang yang banyak.
Tapi semua tidak berjalan mulus karena selain ada beberapa yang tidak sesuai rencana awal, mereka juga mendapat "gangguan" dari 2 polisi, Jack Welles (Matt Dillon) dan rekannya Eddie Hatcher (Jay Hernandez).

Meskipun saya sudah menurunkan ekspektasi, film ini tetap membuat saya kecewa. Harapan saya melihat aksi perampokan dan perencanannya yang cerdas dan menghibur sekaligus penuh trik tidaklah terjadi. Perencanaan perampokan nyari tidak berasa. Seperti hanya numpang lewat cenderung membosankan. Aksi perampokannya juga sama mengecewakannya. Sangat sederhana dan tidak memiliki tingkat kerumitan yang menarik layaknya aksi Danny Ocean dkk. Malah bisa dibilang film ini lebih menonjolkan action daripada spionase.

Yak, bagian mendekati akhir memang cukup mendebarkan dan memacu adrenalin. Adegan tembak menembak yang terjadi berhasil membuat saya menikmatinya. Ending film ini memang cukup memorable walaupun agak berlebihan, tapi tetap ending yang mengena bagi saya.

Karakter di film ini  khususnya para perampok yang semestinya jadi sajian utama malah tidak tergali. Andai adegan akhirnya gak didramatisir mungkin saya sama sekali tidak peduli akan nasib mereka. Saya juga agak kurang suka dengan akting Chris Brown. Lain dengan kompatriotnya sesama musisi, T.I. yang perannya emang lebih besar. Aktingnya boleh dibilang lumayan bagus. Matt Dillon juga tidak buruk. Lainnya? Yang lain bukannya berakting buruk tapi gak diberi kesempatan menonjolkan kemampuannya.

RATING:

Tidak ada komentar :

Comment Page: