UNSTOPPABLE (2010)

Tidak ada komentar

Sekali lagi sutradara Tony Scott berkolaborasi dengan Denzel Washington. Kali ini Tony Scott kembali mengangkat tema kereta api seperti ayng dilakukannya tahun lalu pada "The Taking of Pelham 123" dimana Denzel juga jadi bintang utamanya. Bedanya kalo di film itu dia dipasangkan dengan John Travolta, kali ini bintang yang baru naik daun lewat Star Trek, Chris Pine yang diajak. Film ini juga merupakan adaptasi, bedanya bukan adaptasi novel tapi adaptasi atau lebih tepatnya dramatisasi dari kisah nyata.

Kesalahan yang dilakukan seorang pekerja kereta api membuat kereta api bernama 777 melaju kencang tanpa masinis didalamnya. Hal itu tentu saja mengancam keselamatan banyak orang karena kereta tersebut melaju dengan kencang tanpa pengendali. Dilain pihak Frank Barnes (Denzel Washington) dan Will Colson (Chris Pine) yang merupakan pekerja kereta api beda generasi untuk pertama kalinya bekerja bersama membawa sebuah kereta api juga yang ternyata melaju berlawanan arah dengan K.A. 777.
Bukannya terus menghindar, mereka malah memutuskan untuk kembali dan berusaha mengejar 77 dengan bermodal sebuah lokomotif untuk menghentikan laju "kereta gila" tersebut.

Sungguh diluar dugaan apa yang berhasil ditampilkan Tony Scott disini. Saya berharap mendapat suguhan film action tentang pengejaran kereta api yang menghibur dengan bumbu ketegangan dan aksi heroik protagonisnya dan saya mendapatkan lebih dari itu. Ketegangan yang ditampilkan disini sangat berhasil. Satu demi satu sesi ketegangan ditampilkan dengan sangat berhasil dan terjaga. Cara penceritaan yang digabung dengan sesi berita menambah ketegangan karena aura realistis jadi cukup terasa.

Bagaimana dengan tokoh hero kita yang ada disini? Banyak sekali tokoh yang senasib seperti  mereka. Diplot sebagai pahlawan dengan cara ditampilkan dengan kadar heroik lebay sepanjang film macam yang terjadi di Armageddon-nya Michael Lebay. Tapi tokoh Frank dan Will beda. Walopun tetap mendapat efek dramatisasi untuk kepahlawanan mereka, tapi mereka berhasil merebut hati saya dengan cara yang lebih "manusiawi". Dengan sendirinya saya telah menganggap mereka pahlawan saat film berakhir. Kontribusi yang ditampilkan oleh tokoh lain juga membuat penyelamatan kereta api ini jadi lebih alamiah dan tidak terlihat berusaha menonjolkan sisi heroik 2 protagonisnya.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar