WALL STREET: MONEY NEVER SLEEPS (2010)

Tidak ada komentar

Saya belum pernah melihat film Wall Street pertama yang rilis 23 tahun lalu. Karena itu dalam memandang sekuelnya ini saya tidak akan membandingkannya dengan sang film pertama. Yang saya tahu dari film pertamanya hanyalah scene Gordon Gekko berpidato dan berkata "Greed is good" yang saya download dari youtube. Dan saya juga tahu film pertamanya mendapat nominasi Oscar dan Michael DOuglas memenangkan Oscar untuk kategori Best Actor atas perannya sebagai Gordon Gekko. Untuk sekuelnya ini Oliver Stne kembali menjadi sutradara. Michael Douglas kembali menjadi Gordon Gekko. Dan ditambah Shia LaBeuouf, Carey Mulligan, Josh Brolin, dan Charlie Sheen pemeran Bud Fox di film pertama kembali muncul sebagai cameo.

Gordon Gekko (Michael Douglas) keluar dari penjara setelah 8 tahun mendekam disana. Akibat perbuatannya dimasa lalu tidak ada keluarga yang menanti kepulangannya termasuk sang putri , Winnie Gekko (Carey Mulligan) yang merupakan satu-satunya keluarga yang Gordon punya. 7 tahun semenjak kebebasannya atau tahun 2008 Gekko menerbitkan buku dimana kali ini dia tidak mengatakan "Greed is Good" tapi justru mempertanyakannya menjadi "Is Greed good?" Apa itu pertanda kalau dia sudah berubah? Saat itulah dia bertemu dengan Jake (Shia LaBeouf) seorang pebisnis muda yang cukup ambisius. Jake sendiri berniat menikah Winnie, putri Gordon. Pertemuan keduanya berujung kesepakatan.
Gordon membantu Jake untuk menghancurkan Bretton James (Josh Brolin) yang telah membuat perusahaan mentor Jake bangkrut dan sang mentornya dari kecil itu bunuh diri. Sebagai gantinya Jake harus membantu Gordon memperbaiki hubungannya dengan Winnie.

Michael Douglas bermain bagus sebagai Gordon Gekko. Terakhir saya lihat dia berakting di "Ghost of Girlfriend Past" dimana dia menjadi orang tua playboy yang berkharisma. Disini dia berhasil menghidupkan tokoh Gordon Gekko yang cerdas, berwibawa, misterius, tapi juga terlihat sedih atas kesendiriannya. Tapi yang benar-benar saya tangkap adalah kharisma Douglas yang luarbiasa disini. Shia LaBeouf? Banyak yang meragukannya tapi saya tdak setelah melihat performanya di New York I Love You sebagai orang cacat. Dan disini dia berhasil memperlihatkan kualitasnya lagi. Mulligan dan Brolin? Tampil dalam kapasitas terbaiknya. Untuk Brolin disini saya merasa kemiripannya dengan Pierce Brosnan. Ada yang setuju?

Dari segi cerita, film ini memang menarik. Tapi dengan adanya kasus ekonomi didalamnya memang membuat orang yang kurang mengerti ekonomi akan pusing mengikutinya. Tapi sebenarnya flm ini gak serumit itu. Andai tidak paham ekonomi, kita tetap bisa mengikuti karena plot utama film ini sebenarnya lebih kearah drama keluarga Gordon Gekko. Yang jadi masalah adalah bagaimana konklusi film ini dihadirkan. Terlalu simpel dan sederhana. Dengan segala intrik didalam ceritanya, jalan menuju ending dan endignnya sendiri buat saya terlalu mudah dan menggampangkan. Oliver Stone seperti berpikir "Sepanjang film saya sudah memberikan porsi ekonomi yang memusingkan, mari kita buat jalan menuju ending yang mudah dicerna". Tapi buat saya ini terlalu menggampangkan.

OVERALL: Cast yang solid membantu mengangkat film ini menjadi sebuah film yang cukup menarik disimak.

RATING:

Tidak ada komentar :

Comment Page: