MACHETE (2010)

Tidak ada komentar

Danny Trejo adalah aktor yang punya filmography panjang. Tapi semua itu dia lakoni tanpa pernah sekalipun menjadi aktor utama. Ditahun ini saja selain Machete dia udah bermain di belasan film lain sebagai aktor pendukung. Terakhir dia muncul "numpang mati" di Predators. Tapi kali ini berkat sutradara Robert Rodriguez yang emang udah menjalin banyak kerjasama dengan Trejo, dia akhirnya dapet peran utamanya yang pertama. Ide film Machete sendiri berasal dari sebuah trailer film palsu berjudul sama yang dirilis bersamaan dengan film Grindhouse yang rilis 2007 lalu. Karena trailer itu dapet sambutan yang cukup baik, akhirnya Machete dibuat film sungguhan dengan tokoh utama kembali diperankan Danny Trejo seperti di trailer. Dan untuk memabantu Trejo dihadirkan banyak bintang yang buat saya cukup menggoda. Trio Michelle Reodriguez, Jessica Alba, dan Lindsay Lohan dihadirkan sebagai penyedap mata. Ada juga aktor kawakan Robert de Niro dan gak ketinggalan Steven Seagal yang akhir-akhir ini lebih sering tampil di film direct to dvd.

Filmnya berkisah tentang Machete (Trejo) yang merupakan mantan agen federal Meksiko yang terpaksa hidup sebagai buruh di Texas akibat perbuatan seorang bandar narkoba bernama Rogelio Torrez (Seagal) yang juga membunuh keluarga Machete. Saat itulah dia mendapat sebuah misi berbahaya untuk membunuh senator McLauglin (De Niro) yang menerapkan hukum keras bagi imigran gelap Meksiko. Tapi ternyata dimisi itu Machete dijebak.
Dia kini jadi buronan kelas kakap. Tapi dia juga dibantu oleh dua wanita cantik, Sartana (Alba) dan Luz (Rodriguez). Machete tidak tinggal diam tapi berusaha menuntut balas kepada orang yang menjebaknya yang ternyata mempunyai hubungan dengan Torrez. Misi balas dendan sadis ala Machete dimulai.

Kalo kamu berharap menyaksikan sebuah film eksploitasi seperti Grindhouse, maka film ini akan memuaskan. Adegan aksi yang ditampilkan secara sadis dan tidak malu-malu dengan mengumbar banyak darah dan bagian tubuh terlepas emang memuaskan. Logika yang tidak dipakai di film ini tidak membuat filmnya buruk tapi malah asyik ditonton. Plot yang dihadirkan dengan sederhana juga membuat kita bisa lebih konsentrasi menikmati kebrutalan yang ada. Efek murahan film ini juga malah menambah efek komikal yang jadi kekuatan tersendiri. Adegan "nudity" yang cukup bertebaran juga bisa jadi alat cuci mata yang mujarab.

Bagaimana dengan para bintang yang ada? Danny Trejo buat saya sudah benar-benar menyatu sebagai Machete yang garang, brutal, dan keren lewat caranya sendiri. Trio Alba, Rodriguez, dan Lohan juga sanggup menunaikan tugasnya sebagai penyedap mata lewat aksi seksi mereka. Malah Michelle Rodriguez dan Jessica Alab cukup berhasil menampilkan sosok bad girl. Justru Jessica Alba yang buat saya aktingnya mengganggu. Entah dari ekspresi lebay atau adegan pidatonya yang aneh. Seteven Segala kali ini tampil tanpa kuncir tapi tetep datar. Malahan buat saya dia kurang cocok beradegan aksi dengan samurai. Terkesan kaku. Diakhir film juga ditampilkan sebuah "janji manis" yaitu bahwa film ini akan memiliki 2 sekuel yang berjudul "Machete Kills" dan "Machete Kills Again". Kabar gembira buat penyuka eksploitasi dan buat Danny Trejo yang berarti dia bakal kebagian peran utama lagi.

OVERALL: Film tanpa logika yang berhasil menyuguhkan eksploitasi menghibur.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar