THE OTHER GUYS (2010)

Tidak ada komentar

Will Ferrell dan Mark Wahlberg adalah 2 aktor yang saya pribadi kurang begitu menyukai mereka. Tahun 2009 lalu saya mencapai tingkat tertinggi saya dalam hal tidak menyukai seorang Will Ferrell. Hal itu terjadi setelah saya menonton film "Land of the Lost" yang ceritanya begitu buruk dan garing begitu juga akting Ferrell disana. Untuk Wahlberg tidak separah Ferrell. Saya hampir mendapati aktingnya buruk kecuali di "The Happening", sebuah film yang begitu saya benci karena selain ceritanya parah, di film super buruk itu bermain salah satu aktris favorit saya, Zooey Deschannel. Sebuah noda dalam karirnya. Saya kurang menyukai Wahlberg lebih karena imbas dari "The Fighter" yang buat saya terlalu overrated. Maka dari itu saya tidak berharap terlalu banyak dari film ini selain mendapat hiburan yang cukup "waras" dan tidak konyol dalam artian negatif.

New York mempunyai duo detektif pemberantas kejahatan yang begitu dipuja karena seringkali berhasil menghentikan aksi kejahatan yang terjadi disana. Mereka adalah Christopher Danson (Dwayne Johnson) dan PK Highsmith (Samuel L. Jackson). Berbanding terbalik dengan mereka, ada duo Allen Gamble (Will Ferrell) dan Terry Hoitz (Mark Wahlberg) yang sering dijadikan bahan ejekan oleh rekan kerjanya. Terry sendiri sangat terobsesi untuk menjadi seperti Danson dan Highsmith. Tapi dia tidak mempunyai kehandalan seperti mereka berdua. Bahkan sang partner, Allen lebih menikmati bekerja di balik meja dan menerima menjadi bulan-bulanan rekannya.


Sampai kesempatan mereka akhirnya datang saat Detektif Danson dan Highsmith tewas saat bertugas. Mereka berdua lalu mulai terjun menyelidiki berbagai kasus. Dan secara tidak terduga mereka sampai pada sebuah kasus besar yang melibatkan seorang miliarder bernama David Ershon (David Coogan). Kasus itu adalah sebuah kasus penipuan. Tapi ternyata meski sangat yakin Ershon bersalah, untuk menangkapnya tidak semudah itu karena ada pihak yang mencoba menggagalkan rencana mereka berdua. Tentu saja masalah itulah yang akhirnya turut menjadi salah satu sumber kelucuan dan keseruan film ini.

Untuk film ini akhirnya saya harus mengakui kelucuan seorang Will Ferrell. Kali ini dia tidak bermain secara lebay dan konyol yang berlebihan. Sebagai Allen yang nerd, polos dan punya sudut pandang yang kaku tapi dikagumi banyak wanita dia tampil dengan porsi yang tepat. Tapi saya tetap lebih kagum pada akting seorang Mark Wahlberg. Saya kaget dia bisa bermain dengan begitu lucu. Tidak perlu menjadi konyol, dia cukup menjadi seorang polisi emosian dan kadang tindakannya sanggup memancing tawa saya. Termasuk salah satunya saat dia kaget melihat Allen mempunyai istri yang cantik dan dia terus bertanya "Siapa wanita itu" dan scene-scene berikutnya. Wahlberg adalah bintang dari kelucuan film ini. Walaupun aktingnya di "The Fighter" dikatakan layak mendapat Oscar, saya tetap lebih menyukai akting Wahlberg disini. Dia sangat layak mendapat setidaknya nominasi Golden Globe untuk "Best Actor Musical or Comedy".

Tapi bukan berarti film ini tanpa kekurangan. Kekurangan yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Beberapa momen terlihat garing dan kurang lucu akibat film ini mencoba untuk memberikan sebuah ciri khas seperti contohnya membuat sang kapten Gene mempunyai kebiasaan mengutip lirik lagu TLC. Yah, ini adalah opini saya pribadi dimana saya tidak tahu lagu-lagu TLC sehingga saya sama sekali tidak menganggap adegan itu lucu. Kemudian adegan kematian duo detektif Danson dan Highsmith yang menurut saya sangat tidak masuk akal. Bahkan kelucuan yang ditampilkan di film bergenre Black Comedy juga tidak separah itu. Dari segi cerita film ini cukup bagus dengan sedikit "memberatkan" ide cerita. Tapi itu cukup berpengaruh buruk sehingga kadang membuat film ini berkesan agak rumit untuk ukuran film buddy cops dan menjadi agak membosankan.


RATING:

Tidak ada komentar :

Comment Page: