TOP 10 BEST MOVIES OF 2010

4 komentar

Akhirnya setelah tertunda hampir sebulan saya selesai juga menyusun daftar 10 film terbaik di 2010. Keterlambatan ini bukan tanpa alasan. Saya mencoba semaksimal mungkin menonton film di 2010. Maksimal disini dalam artian saya mencoba menonton film 2010 sebanyak yang saya bisa dan sebanyak yang saya dapat. Walaupun begitu masih banyak juga film bagus yang belum saya tonton dan sebenarnya berpotensi masuk list. Film-film tersebut seperti I AM LOVE yang banyak dapat pujian bahkan masuk nominasi Oscar untuk Best Costume, Lalu ada pemenang "Best Foreign Language Film" untuk Golden Globe sekaligus masuk nominasi Oscar untuk kategori yang sama, yaitu film rilisan Denmark, IN A BETTER WORLD, lalu ada film yang mengantarkan Javier Bardem meraih nominasi "Best Actor" Oscar, BIUTIFUL yang mana film itu juga masuk nominasi Film asing terbaik. Kemudian ada MARWENCOL yang menjadi film dokumenter terbaik versi situs Rotten Tomatoes. Lalu film yang membawa Paul Giamatti memenangkan Golden Globe sebagai "Best Actor Musical or Comedy", BARNEY'S VERSION dimana film ini juga dapat nominasi Oscar untuk "Best Make-Up". Ada juga film terbaru Robert Duvall dan Bill Murray, GET LOW. Selain itu masih banyak juga film-film lain yang saya lewatkan.

Dalam list yang saya buat ini ada 20 film yang masuk. 10 film masuk Honorable Mention. Yaitu kelompok 10 film bagus yang hampir masuk kedalam 10 film terbaik saya. Diantara 10 film Honorable Mention ada 3 film diantaranya yang merupakan film nominator "Best Picture" untuk Oscar tahun ini. Sedangkan di daftar 10 film terbaik ada 6 film nominator "Best Picture". Entah apa itu berarti selera saya sama dengan para juri Oscar? Dan ada 1 film nominator yang tidak masuk daftar. Film animasi juga cukup membekas bagi saya dengan mengirimkan 1 wakil di Honorable Mention dan 2 film di daftar Top 10. Nah sepertinya sudah cukup panjang saya membuka post ini, dan inilah 10 film terbaik 2010 versi Movfreak blog:


HONORABLE MENTION:

IRON MAN 2 menjadi film yang ada di paling buncit daftar ini. Walaupun tidak sebagus film pertama, tapi film ini berhasil menawarkan tipe film superhero yang unik, tidak dark, lucu, tapi tetap berkualitas karena jajaran pemainnya yang kelas satu. Sayangnya sutradara John Favreu tidak lagi menyutradarai film ketiganya. THE GHOST WRITER menjadi film thriller politik yang menegangkan dan elegan. Roman Polanski membuktikan kualitasnya walaupun harus menuytradarai film ini dari balik jeruji besi. WINTER'S BONE  menjadi sebuah thriller yang kelam tapi berjalan lambat bukan berarti tidak memiliki ketegangan. Unsur ketegangan yang unik berhasil dibangun didukung dengan akting Jennifer Lawrence yang mumpuni. Karya terbaru Coen Brothers TRUE GRIT merupakan film mereka yang paling "waras" tapi tetap tidak kehilangan sentuhan ajaib dengan Jeff Bridges sebagai bintang yang paling bersinar disini. Sebuah film yang agak underrated dari Martin Scorsese, SHUTTER ISLAND mampu membuat saya tegang dan penasaran hingga akhir. Sayangnya akting cemerlang DiCaprio disini kurang diapresiasi tinggi.  

UNSTOPPABLE jadi salah satu kejutan terbesar di 2010 dengan menampilkan thriller yang berlatar belakang kereta api. Sangat menegangkan dan memacu adrenalin. RABBIT HOLE adalah salah satu film murni drama terbaik di 2010 yang cukup memberikan kesan depresif. Akting luar biasa Nicole Kidman menambah kehebatan film ini. Drama komedi keluarga yang unik disajikan oleh THE KIDS ARE ALL RIGHT dimana sosok keluarga ideal ditampilkan dengan unik dan dibrengi komedi cerdas. Disney berhasil membuat film animasi yang sangat romantis lewat RAPUNZEL yang untuk saya pribadi adalah film paling romantis di 2010. SCOTT PILGRIM VS THE WORLD dengan spesial efek ala video game dan plot cerita yang absurd tapi menarik dan lucu ada di daftar teratas Honorable Mention sekaligus menjadi film yang paling nyaris masuk daftar top 10 saya. Dan ini dia 10 besar terbaik 2010.

10. BURIED












Film yang luar biasa unik sekaligus menegangkan dimana hanya bersetting didalam peti mati yang terkubur didalam tanah dan hanya mengandalkan satu pemain, yaitu Ryan Reynolds yang berakting luar biasa. Film ini juga memiliki ending yang menjadi salah satu ending film terbaik di 2010.

9. MY NAME IS KHAN













Satu-satunya film Asia yang masuk di daftar saya. Sebuah film yang banyak dibilang orang lebay tapi buat saya sangat menyentuh. Menampilkan kenyataan tentang rasisme yang sekarang marak terjadi. Tanpa nyanyi-nyanyian aneh ala India dan didukung akting terbaik dari seorang Shahrukh Khan, film ini lebih membekas daripada 3 Idiots yang untuk saya pribadi agak overrated.

8. EXIT THROUGH THE GIFT SHOP












Film dokumenter pertama yang saya tonton ternyata berhasil masuk 10 besar terbaik di 2010. Sebuah film yang memanjakan mata dengan berbagai karya seni jalanan yang indah dan guyonan yang menarik dan lucu. Tidak peduli hoax atau bukan film ini adalah film bagus yang membuka mata saya tentang sebuah dokumenter.

7. BLACK SWAN














Akting Natalie Portman begitu luar biasa yang membuatnya hampir pasti menang Oscar.Bukan hanya akting, dia juga menari balet dengan baik. Thriller yang dibangun Darren Aronofsky begitu efektif khususnya di bagian klimaks yang sangat menegangkan dan membuat penasaran. Spesial efek yang dipakai dengan secukupnya ikut membangun nuansa misteri film ini.

6. 127 HOURS














Danny Boyle berhasil mengantisipasi kebosanan orang menonton film ini. Kebanyakan orang pasti sudah tahu bagaimana jalan cerita dan ending film yang diangkat dari kisah nyata ini. Untuk itu Boyle mengemas film ini dengan begitu unik bagaikan gabungan film, iklan, dan video klip musik. James Franco mampu memunculkan berbagai macam ekspresi yang sangat berlawanan. 2 adegan yang memorable yaitu adegan "Talk Show" dan......potong tangan tentunya.

5. HOW TO TRAIN YOUR DRAGON










Kekuatan utama film ini adalah animasi yang bagus khususnya dalam penggambaran berbagai macam sosok naga yang begitu berbeda dan mempunyai keunikan masing-masing. Berbeda dengan film animasi lain, How to Train Your Dragon mampu memberikan adegan klimakas yang cukup seru dan menghindarkan film ini dari kesan predictable.

4. THE KING'S SPEECH














Film yang memperoleh nominasi Oscar terbanyak tahun ini dengan 12 nominasi. Akting dari Colin Firth yang begitu alamiah sebagai raja yang gagap sanggup membuat saya menikmati segala konflik dan kelucuan di film ini yang ditimbulkan oleh karakter King George VI yang dia mainkan. Adegan pengobatan yang unik juga sangat membekas di ingatan. Bagaimana sebuah klimaks justru hadir dari adegan pidato seorang raja yang sebenarnya tidak berapi-api jadi keunikan tersendiri.

3. INCEPTION














Lagi-lagi Christopher Nolan mampu memutar-mutr pikiran penontonnya seperti dia memutar Joseph Gordon-Levitt dalam sebuah adegan action paling memorable di 2010. Banyak orang yang bilang film ini overrated tapi menurut saya film ini memang begitu cerdas dengan konsep serta eksekusi yang brilian. Ensemble cast yang mampu berpera dengan baik ditambah visual efek yang megah makin mengukuhkan film ini sebagai film sci-fi terbaik di 2010. Urusan ending itu terserah tafsiran masing-masing penonton.

2. THE SOCIAL NETWORK










Mungkin film ini tidak berdasarkan kenyataan yang ada. Tapi saya tidak begitu peduli karena film ini mampu ditampilkan dengan begitu brilian.Bagaimana kekuatan permusuhan mampu menjadi sangat kuat dan dominan sangat terasa disini. Trio Eisenberg, Garfield dan Timberlake menunjukkan akting terbaik mereka sepanjang karir di dunia film. Davi Fincher sang sutradara mampu meneruskan tradisi membuat film bagus walaupun awalnya film ini diragukan kualitasnya dan dianggap aji mumpung ketenaran Facebook. Dialog cerdas bertebaran di film ini. Film bagus yang ditutup dengan sebuah adegan yang bsia dibilang "down to earth" dan biasa dilakukan oleh para pengguna Facebook.

1. TOY STORY 3















Film rilisan Pixar TERBAIK. Film animasi TERBAIK tahun ini. Film animasi TERBAIK yang pernah saya lihat. Film dengan ending TERBAIK sekaligus paling mengharukan di 2010. Dan yang paling penting inilah FILM TERBAIK 2010 bagi saya. Sangat seru, lucu, dan mengharukan. Semua dicampur menjadi satu menghasilkan sebuah penutup dari trilogi yang sangat berkesan di hati saya dan pastinya para penonton lain yang tumbuh bersama franchise mainan ini. Dimana lagi ada film yang bisa membuat penontonnya tertawa terbahak-bahak di suatu adegan lalu berubah menjadi tetesan air mata di adegan berikutnya. Bersamaan dengan berakhirnya film ini berakhir juga kebersamaan saya dan fans lain dengan para mainan ajaib dan sang pemiliknya Andy yang telah beranjak dewasa. Tapi seperti para mainan yang tidak akan hilang dari ingatan Andy, Franchise Toy Story juga tidak akan hilang dari ingatan saya.

4 komentar :

Comment Page:
niken mengatakan...

Toy Story 3 emang bagus bangeeettt... sebuah penutup yang sangat manis bagi trilogi Toy Story... belum pernah saya seemosinal ini nonton film kartun...

nice list!

Movfreak mengatakan...

Akhirnya nonton juga toh Toy Story 3? :D
Sampe sekarang masih bisa nangis kalo ingat ending itu

Machfuzd Achmady mengatakan...

Bang Rasyid dah nonton film animasi dr Studio Ghibli ama Comix Wave ga?

Rasyidharry mengatakan...

Kalo Ghibli udah banyak, comix wave yang belom sempet :)