CITIZEN KANE (1941)

Tidak ada komentar

Ini dia film yang seringkali dinobatkan sebagai film terbaik sepanjang masa. "Citizen Kane" dan "The Godfather" adalah 2 film yang saling bergantian mengisi list film terbaik sepanjang masa dari berbagai sumber dan versi. Menurut versi American Film Institute, "Citizen Kane" adalah film terbaik sepanjang masa mengalahkan "Casablanca" dan "The Godfather" yang berurutan di peringkat 2 dan 3. Film ini adalah debut penyuteradaraan dari seorang Orson Welles dimana film ini menerima 9 nominasi Oscar termasuk "Best Picture" dan "Best Actor" bagi Orson Welles.

Film dibuka dengan rentetan adegan yang berkesan seperti adegan dari film horror. Bagaimana tidak? Setting gelap dan terlihat kastil yang begitu seram layaknya rumah drakula, scoring yang tidak kalah mencekam lalu tiba-tiba berhenti bersamaan dengan lampu kamar yang mati mendadak. Lalu diperlihatkan mulut seorang pria yang berkata lemah, "Rosebud" itu yang diucapkan sebelum dia menghembuskan nafas terakhirnya. Orang itu adalah Charles Foster Kane (Orson Welles) seorang pemilik surat kabar di New York bernama Inquirer. Surat kabar yang dia miliki tersebut sangat sukses dan akhirnya mempunyai banyak cabang di penjuru Amerika. Hal yang membuatnya kaya raya sekaligus namanya dikenal luas.
Karena itulah saat Kane meninggal, beritanya jelas menghebohkan. Apalagi kata terakhir yang dia ucapkan, yaitu "Rosebud" masih belum diketahui  maknanya. Hal itulah yang membuat seorang reporter bernama Jerry Thompson (William Alland) tertarik mencari tahu makna dibalik kata itu. Mulailah pencarian Thompson dengan cara mendatangi orang-orang terdekat dari Kane semasa hidupnya. Seiring dengan pencarian Thompson kita juga diajak mengikuti seluk beluk kehidupan Charles Foster Kane yang penuh dengan konflik.

Apa saja faktor yang membuat sebuah film dikatakan bagus? Ada banyak faktor. Dan "Citizen Kane" berhasil memenuhi segala faktor tersebut sehingga layak dikatakan sebagai yang terbaik. Dari segi cerita, film ini begitu menarik. Cara penceritaan yang menggunakan plot campuran dengan flashback memang sekarang sudah jamak dipakai. Tapi 70 tahun yang lalu teknik semacam ini jelas sebuah hal unik yang jenius. Kemudian bagaimana film ini mampu menjaga intensitas cerita juga luar biasa. Kita akan diberikan 2 plot yang menarik. Pertama adalah kehidupan Charles Foster Kane yang lika likunya menarik diikuti. Bagaimana dia menjalankan bisnis surat kabar dari nol kemudian menjelma jadi surat kabar raksasa, pernikahannya dengan keponakan presiden, pencalonannya sebagai seorang gubernur yang kandas akibat skandal cinta dengan seorang penyanyi yang kelak menjadi istri keduanya, sampai obsesinya membangun sebuah kerajaan bernama "Xanadu"

Yang kedua adalah plot dimana Thompson mencari tahu arti dari kata "Rosebud". Kita akan dibuat terus menebak dan baru di bagian paling akhir kita akan tahu apa arti kata itu. Mungkin banyak orang yang akan merasa tertipu tapi bagi saya, kata "Rosebud" memang adalah sebuah kata yang begitu bermakna bagi Kane dimana kata itu adalah sebuah hal yang menjadikan dirinya merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya dan bukanlah kebahagiaan semu yang didapat dengan uang dan harta. Kebahagiaan semua yang membuatnya kehilangan orang-orang terdekatnya baik istri sampai sahabat.

Sebuah film juga dikatakan legendaris dan bagus bila mengandung hal yang akan diingat banyak orang dengan kata lain ada hal ikonik didalamnya. Biasanya itu berupa tokoh, kata-kata (quote), sampai adegan. Dan "Citizen Kane" punya itu semua. Tokoh Charles Foster Kane yang dimainkan Orson Welles jelas sangat memorable. Bagaimana Welles mampu menampilkan sosok Kane mulai dari usia 25 tahun hingga akhir hayatnya dengan sangat baik. Karakternya yang penuh wibawa dan hanya peduli pada dirinya sendiri membuatnya menarik dan sejajar dengan tokoh legendaris macam Don Vito Corleone (The Godfather) dan Rick Blaine (Casablanca).

Jika tokoh Rick Blaine mempunyai kata-kata "Here's looking at you, kid" dan Vito Corleone dengan "I'm going to make him an offer he can't refuse" sebagai memorable quote, Charles Kane punya memorable quote yang jauh lebih singkat, hanya satu kata. Apalagi kalau bukan "Rosebud". Sebuah kata yang pengucapannya begitu kuat dan sengaja dikuatkan dengan hanya menampilkan gambar mulut yang mengatakan kata tersebut membuatnya terus terngiang. Apalagi kata itu begitu sering diulangi oleh tokoh lain sepanjang film. Begitu filmnya berakhir kita dibuat merenungi makna kata Rosebud bagi seorang Kane, bahwa kebahagiaan tidak harus datang dari hal mewah dan harta tapi cukup dari hal sederhana yang mampu membawa kebahagiaan murni.

OVERALL: Maksimal di segala aspek membuat "Citizen Kane" memang pantas disebut sebagai film terbaik sepanjang masa walaupun buat saya pribadi "The Godfather" masih lebih baik.


RATING:

Tidak ada komentar :

Comment Page: