THE LINCOLN LAWYER (2011)

Tidak ada komentar
Sekali lagi saya mendapatkan ekspektasi cukup tinggi yang saya berikan kepada sebuah film berhasil dipuaskan bahkan film tersebut tidak hanya berhasil memenuhi ekspektasi saya, tetapi sedikit melebihinya. Begitulah "The Lincoln Lawyer". Sebuah film yang saya harapkan menawarkan sebuah kisah drama persidangan yang berisi adu argumen cerdas dan penyelidikan menarik dimana saya sudah bersiap untuk menghadapi segala "bahasa asing" dalam istilah hukum ternyata malah menyuguhkan sebuah thriller yang jauh lebih menarik, cerdas dan untungnya jauh lebih ringan dari perkiraan saya dimana tidak ada istilah asing yang memusingkan.

Mickey Haller (Matthew McConaughey) adalah seorang pengacara yang memang mempunyai tingkat keeberhasilan yang tinggi dalam menangani sebuah kasus. Tapi pengacara yang dalam kesehariannya menaiki mobil Lincoln yang disupiri oleh Earl (Laurence Mason) ini bukan pengacara yang mau sukarela membantu klien. Untuk mendapatkan jasanya, tiap klien harus bersedia membayar dengan harga yang tidak murah. Mickey tidak pedulia apakah dia membela orang yang bersalah atau tidak, yang penting uang selalu masuk ke sakunya. Sampai datang sebuah kasus yang menjanjikan uang besar untuk Mickey. Kasus tersebut adalah tuduhan perkosaan dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh Louis Roulet (Ryan Phillippe) terhadap seorang PSK bernama Regina Campo (Margarita Levieva). Kasus tersebut ternyata menjadi sebuah kasus yang cukup berat dan penuh intrik.

"The Lincoln Lawyer" adalah sebuah film yang sangat menarik. Saya berhasil dibuat terpaku selama nyaris 2 jam film ini berjalan. Tidak hanya itu, saya juga sampai tertarik untuk ikut berpikir mengenai fakta yang sesungguhnya terjadi. Hal itu bisa terjadi karena film ini merangkum segala misterinya dengan begitu baik. Kita tidak akan mengetahui secara pasti apakah seorang karakter yang sedang berbicara dalam film ini mengatakan hal yang jujur sehingga kita akan dibuat terus menebak-nebak. "The Lincoln Lawyer" tidak menawarkan twist ending mengejutkan ala Shyamalan ataupun kejutan besar lain selama film berjalan. Akhir filmnya juga cukup tertebak. Tapi bagaimana perjalanan menuju akhir itulah yang menarik. Penggabungan antara penceritaan yang ringan tapi berkualitas ditambah sedikit kejutan manis yang efektif, film ini berjalan dengan tidak ada sedikitpun momen membosankan.

Tapi sebaik apapun cerita dirangkai, tetap saja film ini tidak akan berhasil tanpa akting bagus dari para pemainnya. Matthew McConaughey berhasil dengan baik memerankan Mickey sang pengacara yang diawal terlihat berkepribadian abu-abu tapi perlahan mulai mengalami dilema atas pekerjaannya yang sering membela orang bersalah. Sosok Mickey yang cerdas juga digambarkan dengan baik disaat kondisi dirinya sedang tertekan. Saat seperti itu terlihat Mickey tetap berusaha mempertahankan ketenangan dan wibawanya didepan orang lain. Hal itulah yang membuat tokoh satu ini begitu terlihat pintar dan keren. Ryan Phillippe juga sukses memerankan karakter misterius yang terlihat bersalah tapi seperti tidak bersalah, atau sebaliknya?


OVERALL: Tertebak akhirnya, tapi "The Lincoln Lawyer" mengemas perjalanan menuju akhir itu dengan serangkaian kisah yang menarik dan memiliki kejutan-kejutan kecil yang efektif dan menyenangkan.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar