THOR (2011)

Tidak ada komentar
Rangkaian Marvel Cinematic Universe yang akan berujung pada bergabungnya para superhero di "The Avengers" tahun 2012 nanti kembali berlanjut. Setelah 2 film Iron Man dan satu film milik Hulk, kali ini giliran Thor si dewa petir yang mendapat giliran untuk melengkapi timeline cerita Marvel. Seperti yang sudah kita tahu pada post-credits scene "Iron Man 2" diperlihatkan agen Phil Coulson (Clark Gregg) menemukan sebuah benda misterius yang terjatuh di sebuah gurun di New Mexico. Seperti yang sudah kita tahu juga bahwa benda tersebut adalah Mjolnir yang tidak lain adalah palu yang jadi senjata milik Thor. Nah, film ini menceritakan bagaimana palu tersebut bisa sampai di Bumi dengan kata lain diwaktu sebelum scene tersebut dan apa yang terjadi sesudah kejadian tersebut.

Dahulu kala makhluk yang disebut Frost Giant yang berasal dari sebuah dunia atau dimensi kegelapan bernama Jotunheim berusaha menginvasi Bumi. Untung pasukan para Dewa dari Asgard yang dipimpin Odin (Anthony Hopkins) berhasil mengalahkan mereka. Hampir 3 milenium berlalu dan para manusia jelas sudah melupakan keberadaan dewa Asgard dan frost giants dan menganggap mereka sebagai dongeng anak-anak. Tapi sesungguhnya mereka masih ada, dan Odin yang menjadi raja kini sudah mulai menua sehingga ia mulai menimbang-nimbang antara kedua anaknya, yaitu Thor dan Loki untuk menggantikannya.

Waktu berlalu dan Thor yang sudah dewasa (Chris Hemsworth) sedang menjalani ritual untuk menjadi raja baru Asgard, "menyingkiran" Loki (Tom Hiddleston). Tapi sesaat sebelum dinobatkan sebagai raja, muncul serangan dari Frost Giant yang berhasil menyusup walaupun berhasil digagalkan. Hal itu membuat Thor yang memang mudah naik darah nekat membawa teman-temannya serta Loki untuk menyerbu Jotunheim. Serangan yang tergesa-gesa itu nyaris membuat mereka terbunuh andai Odin tidak datang tepat waktu. Meski selamat Thor mendapat hukuman dari sang ayah dimana dia tidak lagi mempunyai kekuatan dan senjatanya serta harus dibuang ke Bumi untuk menyerap pelajaran disana, tanpa disadari di Asgard terdapat seorang pengkhianat.

Thor adalah sebuah film superhero yang renyah dan menghibur. Memang film ini bukan termasuk yang superior layaknya "The Dark Knight" ataupun "Iron Man", tetapi film ini berhasil menjadi sebuah film yang ringan layaknya "Iron Man 2". Yak, kedua film tersebut memang mempunyai banyak kesamaan. Keduanya sama-sama ringan dan penuh humor, tapi kekurangan adegan action. Thor sendiri meskipun leboh banyak dari sekuel si manusia besi tapi masih terasa kurang adegan action-nya khususnya di pertengahan film. Untungnya setiap adegan action muncul, adegan itu tergolong menghibur walaupun tidak terasa epic ataupun megah.

Tapi kekuatan "Thor" memang salah satunya berasal dari humor-humor yang muncul dari dialog yang ada. Melihat "Thor"yang dengan gaya bicara kakunya dan sikapnya yang masih merasa sebagai dewa ditengah manusia biasa memang lucu. Hal itu makin diperkuat dengan akting Hemsworth yang berhasil melekatkan sosok Thor pada dirinya layaknya Downey Jr. melekatkan sosok Tony Stark. Dialog yang dilontarkan Thor memang sering memancing tawa. Yang paling lucu buat saya adalah disaat Thor memanggil agen Phil Coulson dengan sebutan "Son of Coul" layaknya dewa Asgard yang semisal dipanggil "Thor Odinson" menajadi "Son of Odin". Bukan hanya Hemsworth, Hiddleston sebagai Loki juga mantap sebagai sosok villain yang punya tipu daya dan kelicikan luar biasa. Anthony Hopkins juga bagus seperti biasa. Jangan lupakan sosok Natalie Portman yang selalu bisa tampil dengan porsi yang pas dan kecantikan yang diatas rata-rata tentunya.

Selain porsi action yang kurang, "Thor" terasa terlalu pendek. Hal itu berakibat kurangnya penggambaran adaptasi Thor menjadi sosok yang lebih rendah hati. Andaikan sedikit lebih diperpanjang sekitar 10-15 menit saya rasa tidak masalah, toh saya yakin film ini tetap jauh dari kesan membosankan dengan tambahan durasi beberapa menit tersebut. Layaknya film-film Marvel lain, Thor juga menyimpan post-credits scene yang memberikan gambaran siapakah musuh dari "The Avengers" nantinya, siapakah biang kerok dibalik "bahaya global" yang akan dihadapi para superhero tersebut.


OVERALL: Thor memang bukan film yang luar biasa dan superior, tetapi film ini adalah sebuah hiburan yang sangat menyenangkan dan membuat saya tidak sabar menyaksikan aksi sang dewa petir gondrong ini lagi bersama gabungan superhero lainnya tahun depan.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar