SOMETHING BORROWED (2011)

Tidak ada komentar
Sutradara Luke Greenfield yang dulu menyuguhkan "The Girl Next Door" kali ini membuat film yang diangkat dari novel berjudul sama dengan filmnya (Something Borrowed) karangan Emily Griffin yang terbit tahun 2005 lalu. Cerita yang ditawarkan juga pada dasarnya bukanlah cerita yang spesial dimana diceritakan Rachel (Ginnifer Goodwin) adalah merupakan sahabat sejak kecil dari Darcy (Kate Hudson). Darcy akan menikah dalam waktu sekitar dua bulan kedepan dengan Dex (Colin Egglesfield) yang merupakan teman Rachel semasa kuliah dulu. Sudah bisa ditebak bahwa sesungguhnya Rachel menyukai Dex begitu juga sebaliknya. Tentu saja dilema diantara mereka berdua makin besar disaat waktu makin mendekati hari pernikahan justru hubungan mereka malah makin dekat.

Tentu saja kita sudah tahu apa yang akan terjadi pada mereka berdua diakhir film, karena memang begitulah rom-com pada umumnya berjalan. Film komedi romantis memang tidak menawarkan ending yang dipenuhi twist. Endingnya bisa dibilang sangat standar dan predictable. Yang jadi kekuatan utama film bertipe ini adalah bagaimana kita dibawa menuju akhir tersebut. Ukurang keberhasilan sebuah komedi romantis adalah disaat kita para penonton merasakan unsur percintaannya romantis dan komedia yang digunakan untuk membungkus kisah cinta itu bisa tepat sasaran alias lucu. Pertanyaannya apakah "Something Borrowed" mampu memberikan hal-hal tersebut?
Kisah percintaan yang ada sebenarnya sangat berpotensi besar karena menampilkan sebuah dilema percintaan yang sebenarnya jamak terjadi. Sudah berapa banyak kisah nyata mengenai perselingkuhan yang terjadi dimana pihak ketiga justru datang dari orang yang sudah dianggap sahabat dekat? Tapi sayangnya kisah di film ini terasa tidak dibungkus dengan baik atau lebih tepatnya sang sutradara tidak berusaha secara maksimal menjadikan film ini dengan lebih baik. Sangat banyak komedi romantis yang karakter utamanya terlihat memiliki chemistry yang kurang, tapi baru dalam film ini saya menjumpai dimana 2 karakter utamanya malah menjadi terasa tidak simpatik dan tidak membuat saya menginginkan mereka bersatu.

Ginnifer Goodwin berhasil menampilkan akting yang lumayan sebagai Rachel yang manis tapi terlalu mengalah pada Darcy. Tapi sayangnya tokoh Dex yang diawal film terasa sebagai pria dengan sisi charm dan kharisma yang tinggi lama-lama malah berubah menjadi karakter yang tidak simpatik, tidak tegas dan cenderung kearah pengecut. Dex yang diawal memberikan kesan baik dimata saya seiring berjalannya film malah meninggalakan kesan buruk. Hal itu ditambah dengan akting yang kurang baik dari Colin Egglesfield. Ada adegan dimana dia bertengkar dengan Kate Hudson dan terlihat sangat jomplang dimana Kate terlihat maksimal sedangkan Colin datar-datar saja. Untuk urusan akting terbaik justru datang dari seorang John Krasinski yang memerankan tokoh Ethan. Ethan adalah tipikal orang yang punya celetukan-celetukan segar dan lucu tapi cerdas. Karakterisasinya juga sukses menjadikannya sebagai satu-satunya tokoh yang berhasil menarik simpati saya di film ini.

Jika ditanya "baguskah film ini?" maka jawabannya "tidak". Tapi jawaban serupa juga akan saya berikan jika saya ditanya "apakah film ini jelek?" Sesungguhnya "Something Borrowed" punya momen-momen yang menghibur tapi sayang selain karakternya yang gagal menarik simpati, durasinya juga terlalu lama untuk sebuah film yang akhirnya sudah bisa diketahui. Untungnya film ini masih punya beberapa kelebihan termasuk salah satunya ada pada sosok John Krasinski.


RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar