UNKNOWN (2011)

1 komentar
Liam Neeson adalah aktor yang lengkap. Dia bisa berakting dalam film drama dengan maksimal seperti yang ditunjukkan dalam "Schindler's List". Dia juga bisa beraksi dalam film action dengan memadukan kualitas akting dengan postur tubuhnya yang besar seperti dalam "Taken". Tahun ini dia kembali beraksi dalam sebuah film action garapan sutradara Jaume Collet-Serra (House of Wax, Orphan). Disini Liam Neeson berperan sebagai Dr. Martin Harris, seorang ahli bioteknologi yang dikisahkan kehilangan identitasnya disaat dia sedang bepergian dengan sang istri, Liz (January Jones) di Berlin.

Martin dan istrinya berkunjung ke Berlin utnuk mengunjungi konferensi mengenai bioteknologi internasional. Sesampainya di hotel Martin menyadari bahwa salah satu kopernya tertinggal di bandara. Hal itu yang membuatnya meninggalkan sang istri di hotel dan kembali ke bandara dengan menaiki taksi yang dikendarai oleh Gina (Diane Kruger). Malang, ditengah perjalanan taksi tersebut mengalami kecelakaan yang membuat Martin koma selama empat hati. Setelah sadar Martin justru menemui fakta bahwa istrinya tidak lagi mengenali dirinya dan ada orang lain yang mengaku sebagai Dr. Martin Harris dan memiliki segala informasi serta identitas dirinya. Apa yang sebenarnya terjadi selama dirinya koma?

Saya sendiri bukanlah penggemar film yang mengandalkan segala adegan aksi berbentuk kejar-kejaran, adu jotos atapun baku tembak. Saya akui adegan-adegan tersebut bisa membantu menghibur tapi sangat jarang saya sampai mendapatkan ketegangan dengan menyaksikan adegan action macam itu. Karena itulah berbagai adegan aksi di film ini tidak terlalu berkesan buat saya. Mungkin yang membuat saya paling terkesan dari adegan action itu adalah bagaimana sekali lagi Liam Neeson menunjukkan performa yang bagus dan seimbang dalam porsi drama dan action di film ini. Dia memang salah satu aktor terlengkap Hollywood saat ini.

Untung film ini mempunyai rangkaian misteri mengenai bagaimana identitas Martin bisa "diambil" oleh orang lain. Entah saya yang kurang cermat, tapi buat saya twist tersebut adalah sebuah twist yang lumayan mengejutkan. Saya tidak bisa dengan tepat menebak apa sebenarnya yang terjadi sampai fakta tersebut diungkap. Bukan twist yang cerdas sebenarnya, tapi tergolong mengejutkan dan tidak terasa menipu. Banyak yang mengkritik film ini terlalu banyak memiliki twist, tapi saya kurang setuju. Menggolongkan kejutan kecil seperti status Gina yang sebenarnya sebagai twist rasanya kurang tepat. Penokohan Rodney yang cukup mengejutkan juga tidak bisa sampai membuat film ini dikatakan kebanyakan twist.

Tapi film ini memang tidak lepas dari beberapa adegan tidak logis dan bisa dibilang terlalu menggampangkan dan sangat mengganggu. Salah satunya adalah di akhir film yang menunjukkan bagaimana Martin bisa kembali mengingat segala fakta yang terjadi akibat sebuah adegan super standar yang bahkan sering kita jumpai dalam sinetron kita. Ayolah, setelah muncul dengan twist tersebut sungguh sangat disayangkan "Unknown" memiliki adegan murahan macam itu. Tapi secara keseluruhan "Unknown" adalah film yang menghibur, adegan aksi yang lumayan, twist yang mengejutkan, dan performa bagus dari Liam Neeson.

RATING:

1 komentar :

Comment Page:
makmalf mengatakan...

Ya, awal mulanya saya juga mengira kalo Si Liam Neeson di film itu memang orang baik2 sesuai "dugaanya" sendiri. Tapi nyatanya... (spoiler nih. hehe)

Kalo Liam Neeson, di film dramanya, saya suka "Love Actually," kalo actionnya, saya suka "Taken."