7 Nov 2011

COWBOYS & ALIENS (2011)

"Cowboys & Aliens" punya semua yang dibutuhkan oleh summer movie. Cerita adaptasi komik. Sutradara Jon Favreau yang sukses membuat dwilogi "Iron Man" yang juga adaptasi komik. 2 pemeran utama yang menjadi ikon film action, Daniel Craig (James Bond) dan Harrison Ford (Indiana Jones) disokong oleh Olivia Wilde sebagai pemanis dan emmm Noah Ringer si Avatar. Bujet yang digelontorkan juga tergolong besar, diatas $160 juta. Dan tentunya keberadaan Steven Spielberg selaku eksekutif produser turut menjamin film ini punya unsur science fiction yang kental serta CGI yang mumpuni.

Kita akan diperkenalkan pada Jake Lonergan (Daniel Craig) yang terbangun dan tidak ingat siapa dirinya dan apa yang terjadi hingga dia bisa ada disana. Kebingungannya masih ditambah dengan terpasangnya sebuah gelang dari logam berbentuk aneh ditangannya. Jake lalu sampai di kota bernama Absolution dimana dia harus berurusan dengan Sheriff setempat (Keith Carradine) yang menangkapnya karena ternyata Jake adalah seorang buronan. Sebelum itu Jake juga sempat "menghajar" Percy (Paul Dano) seorang pemuda sok jago yang merupakan anak dari Colonel Dolarhyde (Harrison Ford) yang merupakan orang terpandang dan ditakuti disana.

Malam harinya saat Dolarhyde datang dan ternyata mengenal Jake sebagai pencuri emasnya, mereka dan warga setempat dikagetkan oleh munculnya kilatan cahaya dari langit yang ternyata adalah pesawat alien yang kemudian menyerang desa tersebut bahkan menculik beberapa orang. Pistol dan senapan koboi tidak mampu menghentikan serangan tersebut. Yang mengejutkan adalah gelang besi yang terpasang di lengan Jake ternyata adalah sebuah senjata yang bisa menghancurkan alien tersebut. Buronan itu akhirnya berubah jadi harapan terakhir untuk bisa mengehntikan invasi alien. Jake beserta Dolarhyde dan seorang wanita misterius bernama Ella (Olivia Wilde) dibantu warga desa mulai mencari sarang alien untuk menghancurkan dan menyelamatkan warga yang diculik.
Banyak yang bilang ide mempertemukan koboi yang bersenjatakan psitol dan senapan jadul dengan alien yang berteknologi tinggi dan bersenjatakan laser canggih adalah ide konyol. Tapi bagi saya itu adalah ide yang menarik dengan catatan penggarapannya maksimal dan penngabungan unsur western dan sci-fi bisa diseimbangkan dengan tepat porsinya. Jika itu dilihat dari peleburan di layar "Cowboys & Aliens" memang berhasil, dalam artian setting padang gurun sebagai lokasi film ini memang sangat sempurna untuk penggambaran dalam film western. Dan hal itu berhasil digabungkan dengan efek CGI untuk pesawat canggih dan para alien-aliennya. Penggabungan 2 hal tersebut berjalan mulus dan baik. Yang kurang justru dalam penempatan unsur cerita dan nuansanya. Jika kita kesampingkan setting lokasi yang sempurna dan wardrobe para koboi, film ini tidak ubahnya film aksi para manusia melawan alien biasa. Nuansa koboi seperti adegan berkuda dan baku tembak "jantan" porsinya sangat kurang.
Para alien juga sama saja. Meskipun efek CGI untuk mereka bagus, tapi keberadaan mereka terasa kurang menjadi ancaman. Porsi kemunculan mereka termasuk sedikit untuk durasi film yang nyaris 2 jam ini. Bahkan saya merasa para alien ini tidaklah mengancam kelangsungan hidup umat manusia meskipun menculik banyak orang. Faktor kurang intimidatifnya para alien ini disaat kemunculan mereka adalah faktor utama penyebab hal tersebut. Perjuangan koboi dengan senjata sederhana mereka melawan alien yang canggih kurang terasa. Boleh dikatakan film ini minim letupan emosi. Seharusnya pertarungan 2 kubu itu bisa terasa sangat heroik. Tidak hanya terasa berat sebelah biasa saja tapi benar-benar harus  terasa seperti semut lawan gajah. Ingat bagaimana "Avatar" milik James Cameron pernah menawarkan hal serupa? Memang ceritanya biasa saja tapi setidaknya unsur heroik dan sedikit epik masih terasa dalam film tersebut.

Untungnya film ini punya jajaran pemain yang tampil bagus. Daniel Craig memang sangat pantas menjadi seorang Jake yang terlihat sebagai jagoan yang keras. Saya sulit membayangkan jika Robert Downey Jr. jadi memerankan peran ini. Downye Jr memang sempat mengisi posisi Craig dimana saat itu "Cowboys & Aliens" akan memiliki unsur komedi juga, tapi "untungnya" Downey Jr mundur dan fokus menjadi Sherlock karena meski dia adalah aktor yang hebat saya rasa Craig lebih pantas untuk posisi ini. Sementara Harrison Ford juga menunjukkan akting yang juga hebat. Kekurangan justru datang dari karakterisasi Dolarhyde yang sebelum kemunculannya digambarkan sebagai sosok kejam tapi ternyata tidak sejahat itu. Olivia Wilde? Dia berhasil menampilkan porsi yang seimbang antara akting bagus dan sebagai pemanis.

Satu lagi kekurangan adalah dalam faktor bromance. Menurut saya akan lebih baik jika kombinasi Jake dan Dolarhyde lebih diperdalam lagi. Pasti akan lebih baik dan keren menyaksikan dua orang ini berkombinasi dengan lebih "layak". Gabungan antara jagoan tough dalam sosok Jake dan anti hero yang harusnya lebih kejam dalam Dolarhyde. Tambahan si cantik Olivia Wilde juga akan menyempurnakan hal tersebut. Tapi sayangnya hal itu tidak terjadi dan penggabunngan unik 2 genre yang amat berbeda (western & sci-fi) ini tidak berjalan lancar dan agak mengecewakan.


RATING:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar