MR. POPPER'S PENGUINS (2011)

Tidak ada komentar
Pamor Jim Carrey sedang mengalami penurunan. Jika dibandingkan dengan komedian lainnya macam Adam Sandler yang rutin merilis film tiap tahun dan selalu sukses secara komersial, Carrey memang tengah meredup. Hal itu bisa dilihat juga dari jumlah filmnya akhir-akhir ini dimana terakhir dia muncul adalah 2 tahun lalu lewat "A Christmas Carol". Saya sendiri cukup menyukai komedian yang satu ini karena muka karetnya yang meski banyak dibilang orang menyebalkan tapi tetap cukup ampuh membuat saya tertawa. Bahkan kemampuan akting Carrey dalam film drama macam "Eternal Sunshine of the Spotless Mind" atau "The Truman Show" juga telah teruji. Maka dari itu film yang diadaptasi dari sebuah buku anak-anak berjudul sama ini bisa dibilang menjadi usaha Carrey mengembalikan pamornya. Apalagi kisah dalam film ini memang sederhana dan bisa dikonsumsi semua kalangan.

Seperti yang sudah saya bilang tadi, kisahnya amat sederhana. Tom Popper (Jim Carrey) adalah seorang agen real estate yang tengah mendaki kesuksesan. Kesuksesan itu jugalah yang membuatnya sibuk bekerja dan membuatnya kurang meluangkan waktu dengan kedua anaknya yang tinggal dengan sang mantan istri (Carla Gugino). Semuanya mulai berubah semenjak Tom mendapat kiriman paket yang berisis 6 ekor penguin dari mendiang ayahnya yang semasa Tom kecil dulu selalu berkeliling dunia dan membuatnya jarang berhubungan dengan anaknya bahkan sebelum meninggal sang anak juga hanya tahu bahwa ayahnya menghilang dan tidak ada kabar. 6 ekor penguin itu memang merepotkan Tom, tapi justru kehadiran mereka membuat hubungannya dengan keluarganya membaik. Tapi disisi lain karirnya justru dalam bahaya saat Tom harus bisa "menggusur" sebuah restoran yang mempunyai kenangan tersendiri bagi masa kecilnya.
Jelas jalan ceritanya sangat mudah ditebak karena sasaran film ini murni hanya untuk ditonton santai, tipikal film keluarga pada umumnya. Tidak ada kejutan baik itu pada awal, pertengahan hingga endingnya sekalipun. Tapi film ini tidaklah buruk. Memang jalan ceritanya standar dan momen komedinya tidak sepenuhnya berhasil dan cukup sering terasa garing, tapi setidaknya saya tidak sampai merasa mengantuk kebosanan. Setidaknya ada beberapa momen yang bisa membuat saya tertawa kecil. Para penguin dalam film ini juga cukup menggemaskan dengan teknik CGI yang apik. Para pemerannya bisa melebur dengan CGI itu dengan baik dan seolah benar-benar bersenang-senang dengan para penguin itu. Carrey memang terasa tidak maksimal tampil disini, tapi lebih baik dibanding peran-peran komedik Adam Sandler.

Porsi drama yang ada memang standar dan beberapa kali konflik yang muncul terasa begitu dipaksakan supaya terjadi. Tapi harus diakui meski belum maksimal tetap ada beberapa momen yang menyentuh khususnya yang bersentuhan dengan hubungan Tom Popper dengan ayahnya. Andaikan bagian tersebut lebih diperdalam lagi saya rasa film ini akan jauh lebih baik. Andaikan Noah Baumbach jadi menyutradarai film ini mungkin akan jauh lebih memuaskan. Secara total tidak menyuguhkan kisah yang baru, tapi "Mr. Popper's Penguins" adalah film keluarga yang layak tonton.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar