HORRIBLE BOSSES (2011)

Tidak ada komentar
Setiap bawahan dalam perusahaan atau apapun konteksnya pasti pernah merasakan rasa kesal yang sampai dalam taraf kebencian luar biasa kepada bos atau atasannya entah itu karena bos mereka galak, tidak adil dan berbagai macam alasan lainnya yang menjadikan sang bos seolah monster mengerikan sekaligus menyebalkan. Tidak jarang pula para bawahan tersebut berimajinasi andaikan bos mereka hilang, mati atau bahkan sampai pada imajinasi paling liar dimana mereka membayangkan bahwa mereka bisa melampiaskan rasa kesal mereka dengan membunuh si bos dengan tangan mereka sendiri. Hal itulah yang kurang lebih mendasari premis film yang disutradarai oleh Seth Gordon ini. Gordon yang sebelumnya menyutradarai Four Christmases yang tidak terlalu bagus itu mencoba melampiaskan emosi dan kemarahan para karyawan tertindas lewat film yang memiliki ensemble cast ini.

Nick (Jason Bateman), Dale (Charlie Day) dan Kurt (Jason Sudeikis) adalah 3 orang sahabat yang punya masalah yang kurang lebih sama di tempat mereka bekerja, yaitu mereka sama-sama membenci bos masing-masing. Nick yang sudah bertahun-tahun bekerja keras tiap hari sampai melewatkan momen terakhir sebelum neneknya meninggal justru tidak mendapat kenaikan pangkat. Bahkan bosnya, Dave (Kevin Spacey) bukannya menaikkan pangkatnya atau setidaknya menghargai usahanya justru terus memperlakukannya dengan kejam. Lalu ada Dale yang bekerja sebagai asisten dokter gigi di tempat praktek milik Dr.Julia (Jennifer Aniston). Yang membuat Dave terganggu adalah perilaku Julia yang merupakan maniak tentang hal-hal berbau seksual dan selalu menggodanya dengan berbagai olok-olok yang menyerempet kearah seksual sehingga Dave merasa telah menerima pelecehan seksual dari bosnya. Apalagi dia juga merasa tidak enak dengan tunangannya. 
Sedangkan Kurt sebenarnya punya hubungan baik dengan bosnya yang sudah tua, Jack Pellitt (Donald Sutherland). Sayang bos yang baik hati itu akhirnya meninggal karena serangan jantung dan digantikan oleh putranya yang sama sekali tidak peduli dengan perusahaan dan terlihat bagaikan orang gila yang tolol, Bobby Pellitt (Colin Farrell). Merasa tidak tahan ketiganya sepakat untuk menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh bos mereka. Setelah melalui beberapa kesulitan akhirnya mereka bertemu dengan Motherfucker Jones (Jamie Foxx) yang bersedia menerima pekerjaan tersebut.

Saya sendiri termasuk orang yang sulit dibuat tertawa oleh sebuah film komedi. Untuk tahun ini saja sejauh yang sudah saya tonton baru Bridesmaids film komedi yang punya momen yang bisa membuat saya ngakak. Sayangnya Horrible Bosses juga tidak mampu berbuat lebih dari sekedar membuat premis yang menarik menjadi komedi konyol yang hanya mampu membuat saya tertawa kecil saja bahkan terkadang leluconnya berlalu begitu saja. Eksekusinya tidak terlalu berhasil. Bahkan saya merasa film ini akan terasa lebih lucu saat kita mendengar ceritanya dari orang lain dibandingkan setelah kita menontonnya. Padahal film ini berpotensi tinggi jadi sebuah black comedy yang lucu. Sebelum menonton saya membayangkan betapa menyebalkannya para bos tersebut akan membuat saya benci dan berharap mereka mati, lalu saya akan disuguhi oleh betapa lucunya proses persiapan untuk membunuh ketiga bos mereka lalu akan diakhiri dengan kepuasan saat ketiga bos mereka berhasil dibunuh atau setidaknya dilenyapkan. Tapi sayangnya dari ketiga harapan dan bayangan itu hanya yang pertama yang terwujud.

Kalaupun ada yang lucu dari film ini selain premisnya itu adalah masing-masing karakter yang ada yang ditampilkan dengan baik oleh ensemble cast film ini. Tiga serangkai Bateman, Charlie Day dan Suedekis terlihat begitu kompak dan sedikit mengingatkan pada trio wolfpack-nya The Hangover. Tapi meskipun ketiganya bagus yang paling mencuri perhatian justru para pemeran pendukung yaitu ketiga bosnya dan Jamie Foxx. Kevin Spacey begitu kejam dan menyebalkan dan menggambarkan sosok bos menyebalkan kebanyakan hanya lebih dilebihkan saja. Jennifer Aniston memberikan penampilan yang lebih mengejutkan dimana saya tidak mengira akan melihatnya menjadi wanita nakal yang cukup gila seperti ini. Berulang kali dia melakukan godaan dan gestur-gestur nakal yang menyenangkan ditonton. Tapi yang paling mengejutkan tentunya Colin Farrel yang selain sinting karakternya, wajah tampannya itu benar-benar dirombak menjadi sosok berambut klimis agak botak dan buncit mengingatkan pada cameo Tom Cruise di Tropic Thunder. Sedangkan Jamie Foxx meskipun tampil tidak banyak sudah terasa lucu dan unik selucu dan seunik kisah dibalik nama depan karakternya. Ada juga cameo yang cukup lucu dari Ioan Gruffudd sang Reed Richards

Dua dari tiga faktor film ini yaitu premis dan karakternya sudah lucu, hanya saja patut disayangkan eksekusi terhadap premis ceritanya lemah dan kurang lucu. Tapi meskipun tidak bagus juga, Horrible Bosses jelas bukan komedi yang buruk karena setidaknya hal yang bagus lebih banyak dari yang jelek, hanya saja hal yang jelek adalah sebuah faktor yang cukup vital yakni eksekusi cerita yang mana hal itu membuat kelucuan film ini kurang berhasil maksimal.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar