UNDERWORLD: AWAKENING (2012)

3 komentar
Sebenarnya kualitas Rise of the Lycans tidak buruk-buruk amat. Pendapatannya juga termasuk memuaskan meskipun yang terendah dibanding dua film sebelumnya, tapi film ketiga tersebut juga tidak jauh-jauh amat keuntungannya jika dibandingkan film pertamanya. Tapi tetap saja aneh rasanya melihat Underworld tanpa seorang Selene. Mungkin sama saja dengan melihat Resident Evil tanpa Alice atau Mission: Impossible  tanpa Ethan Hunt dimana franchise masih bisa berjalan dengan hasil yang tidak beda jauh tapi tetap saja ada yang terasa kurang. Karena itulah di film keempatnya ini Kate Beckinsale kembali setelah enam tahun absen sebagai Selene dan memakai kostum yang dia sebut sebagai "kondom hitam raksasa". Selain kembalinya Kate, embel-embel 3 Dimensi juga jadi andalan film yang bujetnya dua kali lipat film ketiganya ini. 

Enam bulan setelah peristiwa di Evolution, umat manusia mulai mengetahui keberadaan vampire dan lycans yang kemudian mereka anggap sebagai ancaman berbahaya. Maka dilakukan sebuah operasi pembersihan guna memberantas kedua ras tersebut. Selene dan Michael juga ikut terjebak dalam operasi tersebut. Dalam sebuah baku tembak keduanya terpisah. Selene tertangkap sedangkan Michael tidak diketahui keberadaannya. Selene kemudian berhasil lolos atas bantuan seseorang yang disebut sebagai "subject 2". Ternyata waktu sudah berlalu selama 12 tahun. Kini dunia sudah berubah dimana kubu vampire hanya tinggal tersisa 5% sedangkan Lycans diyakini sudah punah. Selene yang berusaha mencari tahu keberadaan Michael justru menemukan seorang gadis kecil bernama Eve (India Eisley) yang juga dikenal sebagai "subject 2". Yang lebih mengejutkan, Eve ternyata adalah seorang Hybrid dan merupakan puteri dari Selene dan Michael. Permasalahannya sekarang adalah ternyata kubu Lycans masih tersisa dan memburu para Vampire yang tersisa.
Kembalinya Kate Beckinsale jelas menambah keasyikan dalam menikmati Awakening. Pakaian ketat, badan seksi, wajah cantik yang khas dan tentunya aksi-aksinya yang keren memang menjadi suguhan utama dalam film ini selain berbagai adegan aksi dan parade visual efeknya. Selene sebenarnya adalah karakter heroine yang seperti Alice-nya Milla Jovovich tapi agak tidak sesempurna itu. Jika dilihat karakter Selene berpotensi menjemukan karena terlalu jago. Tapi pembawaan seorang Kate Beckinsale yang sekali lagi punya tampilan fisik yang memanjakan mata dan performanya sebagai jagoan badass yang meyakinkan membuat Selene tetaplah jadi tokoh yang paling menarik. Apalagi dalam film keempat ini aksi yang dia tunjukkan masih keren dan makin brutal.
Entah memang begitu adanya atau saya yang sudah agak lupa dengan adegan aksi di ketiga film sebelumnya, tapi saya merasa adegan aksi di Awakening lebih banyak mengumbar darah dan kekerasan. Dan bagi saya itu adalah unsur positif dan menyenangkan di samping adegan keren yang dipunyai Selene. Visual efek yang ditampilkan juga memuaskan dimana tampilan sang Lycan raksasa itu terlihat meyakinkan dan sangat ganas. Sayang porsinya untuk melakukan aksi-aksi brutal agak terasa terlalu minim meskipun masih bisa memuaskan saya. Bagaimana dengan 3D-nya? Tidak sehebat yang digemborkan, tapi toh tidak mengecewakan juga. Ada beberapa adegan yang efek 3 Dimensinya cukup terasa. Dan tentunya melihat Kate Beckinsale dalam balutan kostum seksis lewat 3D tetap memanjakan mata.

Untuk ceritanya saya rasa tidak perlu dibahas banyak karena saya yakin hampir tidak ada yang mengharapkan cerita berbobot sebelum menonton Underworld. Tapi toh cerita yang ada disini memang ala kadarnya kalau tidak boleh dibilang konyol. Tidak usah bingung bagaimana dalam waktu singkat setelah mengetahui tentang keberadaan Vampire dan Lycans manusia punya berbagai teknologi khusus untuk menanggulangi mereka termasuk sebuah detektor untuk tahu jika ada orang yang sebenarnya vampire atau lycans. Atau tidak usah bingung juga tentang twist-nya yang menceritakan siapa sebenarnya sang tokoh antagonis. Banyak yang sangat dipaksakan itu sudah pasti. Ceritanya buruk itu sudah saya duga. Diselesaikan dengan terlalu cepat dan biasa saja itu juga wajar. Tapi toh Underworld: Awakening adalah sebuah hiburan yang tidak mengecewakan. Terbukti durasi 88 menit terasa berlalu sangat cepat bagi saya. Sungguh, saya kaget saat filmnya selesai dan terasa amat cepat dan berakhir sebagai sebuah guilty pleasure.

RATING:

3 komentar :

  1. Wah, kalo gw sich pengen durasi-nya lebih lama, belom puas nonton Selene beraksi, rasanya mau lagi mau lagi... Hehe... :)

    BalasHapus
  2. Anonim12:53 AM

    gw belum nonton sih, pengen download bdripnya. tp banyak yang bilang film ini buruk ya? gak jadi DL deh.... (-.-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya sih nggak jelek, cuma emang berasa biasa aja tapi buat yg pengen nyari hiburan ringan ya boleh dicoba :)

      Hapus