SAFE HOUSE (2012)

2 komentar
Garis besar dari film ini adalah tentang Matt Weston (Ryan Reynolds) yang bekerja untuk CIA sebagai seorang penjaga di sebuah safe house yang terletak di Cape Town. Suatu hari seorang buronan internasional yang dulunya merupakan agen CIA bernama Tobin Frost (Denzel Washington) dibawa kesana untuk diinterogasi. Tapi ternyata ada pihak lain yang turut memburu Frost untuk mendapatkan sebuah rahasia yang ia miliki. Tepatnya ada sebuah konspirasi yang nantinya akan melibatkan Matt dan Frost sekaligus mengancam nyawa mereka berdua. Mengetahui cerita itu saya berasumsi bahwa film Amerika pertama garapan sutradara Daniel Espinosa ini ada;ah sebuah action-thriller yang akan berlokasi di satu tempat saja, yaitu didalam safe house yang dijaga oleh Matt.

Ryan Reynolds dan Denzel Washington sendiri sama-sama pernah bermain dalam film seperti itu dimana Reynolds pernah berada di dalam peti di film Buried sedangkan Washington pernah bermain dalam John Q. Saya sendiri mengira film ini akan mirip seperti John Q yang meskipun tidak melulu berada dalam satu ruangan tapi konflik utama dan tensinya akan berputar dalam satu tempat tersebut. Tapi ternyata saya salah kira. Meskipun judulnya Safe House tapi ternyata jika dihitung-hitung tidak sampai 50% durasi film dihabiskan di tempat tersebut. Sisanya hanyalah sebuah sajian aksi dengan balutan cerita yang sangat standar dan klise. Durasi 117 menit film ini terasa membosankan meskipun banyak diisi adegan aksi berkecepatan tinggi tapi tidak ada yang spesial disana. Beberapa kali ada momen mengagetkan tapi lama kelamaan teknik mengagetkan penonton itu terasa monoton karena diulang berkali-kali.
Safe House juga berusaha memasukkan unsur konspirasi yang sayangnya tidak terlalu berhasil menarik perhatian karena pembangunan konflik dalam konspirasi tersebut terasa biasa saja dan seolah hanya tempelan. Begitujuga dengan twist yang terasa biasa saja dan rasa-rasanya masih belum pantas disebut sebagai kejutan. Kejutan dan teka-teki yang coba dihadirkan mengenai "siapa yang berkhianat" dan "apa latar belakang Tobin Frost melakukan perbuatannya diawal film" juga tidak dibalut dan dijawab secara memuaskan. Tapi bagi penonton yang memang sedari awal hanya mencari sebuah film aksi yang berjalan cepat, penuh ledakan, perkelahian dan kejar-kejaran serta dibintangi oleh aktor tenar mungkin akan tetap terhibur dengan film ini.

Bicara soal aktor tenanr, film ini memang diisi barisan pemain yang cukup menjanjikan. Duo Denzel Washington dan Ryan Reynolds sanggup membuktikan bahwa mereka berdua bisa menjadi penyelamat film ini dengan aktingnya yang baik. Denzel Washington memang sudah sangat akrab dengan tipikal peran seperti dalam film ini, tapi tetap saja aktingnya disini adalah salah satu nilai positif yang bisa menyelamatkan kualitas film ini. Tapi sayangnya karakter Tobin Frost kurang mendapat porsi lebih mengingat dirinya disebut sebagai seorang ahli yang bisa mempengaruhi psikologis musuhnya. Tapi hal itu tidak terlalu nampak disini. Beda dengan Reynolds dan Washington, Brendan Glesson dan Vera Farmiga seolah hanya untuk menambah daftar nama terkenal tapi potensi mereka tidak terlalu dimaksimalkan meski performanya tetap apik. 

Secara keseluruhan sebenarnya Safe House tidaklah buruk, tapi saya yang terlanjur mengharapkan sebuah thriller yang unik dan menegangkan jelas kecewa mengetahui bahwa film ini hanya murni aksi belaka bahkan tanpa ada kejutan yang berarti. Terasa membosankan andaikan tidak ada teka-teki yang disebar di sepanjang film walaupun pada akhirnya misteri yang ada dijawab dengan fakta yang mengecewakan dan berlalu begitu saja. Sebuah film yang sebenarnya cukup saya tunggu di tahun ini tapi sayangnya berakhir mengecewakan.

RATING:

2 komentar :

  1. kalau berkenan ingin tukaran link...aku pasang di blog ku ya

    BalasHapus
  2. Sudah saya link, salam kenal ya :)

    BalasHapus