THE PIRATES! BAND OF MISFITS (2012)

1 komentar
Diadaptasi dari seri buku The Pirates! karangan Gideon Defoe, film yang di UK dirilis dengan judul The Pirates! In an Adventure with Scientists (sama dengan judul bukunya) ini sebenarnya bukan termasuk unggulan dalam jajaran film animasi yang rilis tahun 2012 ini. Dibandingkan film-film animasi macam Brave, Madagascar 3: Europe's Most Wanted, Ice Age Continental Drift bahkan sampai Rise of the Guardian, film yang memakai teknik clay animation ini jelas bukan termasuk unggulan untuk meraup pundi-pundi uang. Tapi jika bicara masalah kualitas sebenarnya film ini menjanjikan. Diproduksi oleh Aardman Animations yang dulu sempat memenangkan Best Animated Feature Film pada Oscar 2006 lewat Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit membuat film ini punya potensi untuk menjadi sebuah kejutan menyenangkan di jajaran animasi tahun ini. Bahkan dari review-review positif yang muncul bukan tidak mungkin film ini akan menjadi kandidat kuat peraih Oscar untuk film animasi terbaik tahun ini. Membaca judul versi UK dari film ini sebenarnya sudah mendeskripsikan garis besar cerita filmnya, yaitu tentang petualangan sekelompok bajak laut dengan seorang ilmuwan.

Pirate Captain (disuarakan Hugh Grant) adalah seorang kapten bajak laut yang sangat dicintai oleh semua kru yang ia miliki. Mereka menganggap sang kapten adalah bajak laut terbaik dan menjalani hari-hari mereka sebagai bajak laut dengan riang gembira meskipun tidak pernah mendapat hasil jarahan yang banyak. Mereka selalu asalkan bisa makan ham dan mereka juga gembira karena keberadaan Polly, seekor burung beo yang jadi peliharaan mereka. Tapi ada satu hal yang dirasa kurang oleh sang kapten, yaitu impiannya untuk mendapat penghargaan Pirate of the Year yang masih belum terwujud walaupun sudah berulang kali ikut serta dalam perlombaan tersebut. Sang Pirate of the Year adalah bajak laut yang berhasil mendapatkan jarahan paling banyak. Pirate Captain kembali mengikuti perlombaan dengan semangat dan keyakinan, sampai satu per satu muncul saingan yang jauh lebih hebat, punya jarahan yang lebih banyak dan kepalanya dihargai jauh lebih tinggi. Walaupun sempat menyadari bahwa dirinya hanya bajak laut yang menyedihkan dibanding saingan-saingannya, tapi karena merasa tidak terima dipermalukan akhirnya Pirate Captain memilih tetap mengikuti perlombaan tersebut. Maka dimulailah petualangan sang kapten bersama kru-nya untuk mencari harta jarahan sebanyak mungkin, bahkan sampai harus bertemu dengan Charles Darwin (Davind Tennant) yang memberi jalan keluar bagi sang kapten untuk mendapatkan harta berlimpah.
The Pirates! Band of Misfits adalah satu dari beberapa film animasi yang bisa memuaskan bagi penonton anak-anak ataupun dewasa. Bahkan sebenarnya jika melihat konten humor yang ada film ini lebih condong kearah remaja atau dewasa daripada anak-anak. Tapi bukan berarti film ini terlalu dewasa, karena masih banyak humor ringan yang bisa membuat anak-anak tertawa. Bahkan dengan melihat tingkah para tokohnya tanpa harus mengerti detail humor atau ceritanya saya yakin anak-anak tetap akan terhibur. Animasi claymation yang ditampilkan juga terlihat baik dan penggunaannya juga pas. Tapi sebenarnya claymation yang muncul di film ini masih belum mengeksplorasi secara maksimal apa yang bisa dilakukan oleh animasi dengan tanah liat. Hal yang patut disayangkan mengingat film claymation dengan bujet super kecil biasanya justru secara habis-habisan mengeksplorasi penggunaan tanah liat dalam animasinya. Tapi jika berbicara kualitas grafik dan detil, maka animasi tanah liat dalam film ini termasuk bagus. Teknik stop-motion yang dipakai juga berjalan halus tanpa harus mengurangi esensi teknik tersebut.

Saya memang mengakui konten humor dalam film ini bisa dinikmati semua kalangan, dimana hal tersebut sulit ditemui dalam film animasi buatan Hollywood yang biasanya terlalu kekanak-kanakan. Banyak kritikus yang juga menyebut humornya cerdas dan sayapun mengakui itu. Tapi untuk mengatakan bahwa humor yang ada sepenuhnya berhasil untuk menjadi lucu, saya kurang setuju. The Pirates! Band of Misfits tidak pernah berhasil membuat saya tertawa terbahak-bahak melihat humornya. Senyum mungkin sering muncul pada bibir saya tapi tidak ada tawa yang keluar. Humor dalam film ini memang tidak buruk dan harus diakui terasa cerdas tapi juga tidak pernah terasa sangat lucu. Hal lain yang mengganggu adalah sosok Pirate Captain yang terasa terlalu bodoh dan beberapa kal kebodohan itu membuatnya menyebalkan. Saya tidak bersimpatik dengannya gara-gara kebodohan-kebodohan tersebut. Tokoh utama yang polos itu berbeda dengan bodoh. Sosok Pirate Captain disini lebih kearah bodoh dan terasa menyebalkan. Pada akhirnya Pirate Captain dan seluruh kru yang ia miliki memang bukan sekelompok bajak laut yang hebat, begitu juga dengan filmnya yang tidak pernah sebagus yang dibicarakan banyak orang. Tapi masih sangat layak untuk ditonton, mengingat film ini benar-benar mendefinisikan kata "Semua Umur" dan bukan "Semua Umur" (baca: anak-anak).


1 komentar :

  1. oh ini film kartun toh ternyata, gw kira waktu baca judul-nya pilem live-action... hehe... XD

    BalasHapus