MOST ANTICIPATED MOVIES OF 2013

4 komentar
Ritual berikutnya setelah menyusun daftar 20 film terbaik 2012 adalah menyusun daftar 20 film yang paling ditunggu di tahun 2013 ini. Jujur saja saya sering merasa "dikhianati" oleh ekspektasi tentang film-film yang paling ditunggu. Saya masih ingat betapa Sucker Punch begitu mengecewakan padahal sudah saya tunggu dengan ekspektasi cukup tinggi. Tapi mau bagaimana lagi, yang namanya ekspektasi tentu tidak bisa terlepas dari kegiatan menonton film. Kadangkala film yang tidak saya tunggu bahkan sebelumnya tidak pernah saya dengar judulnya malah berakhir bagus seperti Safety Not Guaranteed tahun lalu yang sempat beberapa bulan batal ditonton tapi malah berakhir sebagai salah satu film favorit saya di 2012. Dalam daftar ini ada beberapa film yang batal masuk, bukan karena ekspektasi saya menurun tapi karena jadwal rilisnya yang mundur atau belum pasti. Berandal milik Gareth Evans yang kabarnya rilis 2013 justru semapt dikabarkan dirilis di 2014, begitu juga dengan Knights of Cup milik Terrence Malick. Jadi ini dia daftar 20 film paling ditunggu untuk tahun 2013 versi Movfreak Blog yang disusun urut abjad.

AFTER EARTH
M. Night Shyamalan memang sudah berkali-kali mengecewakan. Semenjak Signs yang meski punya twist buruk tapi sanggup membangun atmosfer menyeramkan, film-film sang sutradara semakin lama semakin bodoh saja. Tapi biar bagaimanapun saya tetap penasaran akan seperti apa sci-fi yang ber-setting 1000 tahun semenjak kehancuran Bumi yang membuat manusia meninggalkan planet ini. Tentu saja akan ada twist ending yang sudah jadi signature Shyamalan. Jika eksekusinya mantap dan twist-nya tidak bodoh, maka After Earth bisa jadi salah satu film terbaik di 2013, namun jika gagal bisa jadi ini adalah salah satu yang terburuk. Performa Will Smith dan Jaden Smith juga patut dinantikan. 

BEFORE MIDNIGHT
Tepat sembilan tahun setelah Before Sunset, Jesse dan Celine kembali bertemu. Kali ini tempat pertemuan mereka adalah Yunani. Dua film pertamanya tidak hanya masuk ke jajaran film romantis favorit saya tapi juga film favorit saya sepanjang masa. Kabarnya ini adalah bagian terakhir yang akan memberikan konklusi dari kisah cinta Jesse dan Celine. Akan menyenangkan melihat Ethan Hawke dan Julie Delpy bersatu kembali. Tidak bisa dipungkiri rasa khawatir bahwa film ini tidak akan sebagus pendahulunya menggelayuti saya. Tapi Richard Linklater pernah mengalami momen yang sama saat merilis Before Sunset dan hasilnya luar biasa. Saya harap film ketiga ini akan jadi konklusi yang manis dan memuaskan.

EVIL DEAD
Me-remake sebuah horror klasik yang menyandang status cult sudah seperti dosa yang tidak lagi terampuni. Tapi untuk Evil Dead, orang-orang yang berada di balik kesuksesan trilogi aslinya juga mendukung dan terlibat. Sam Raimi dan Bruce Campbell menjadi produser. Mungkin tidak ada Ash Williams lagi, tapi melihat dari trailer-nya, film ini berpotensi menjadi sebuah sajian yang mengerikan tanpa harus melupakan unsur fun yang ada di film aslinya. Tidak ada CGI juga memberikan nilai plus tersendiri. Masih ada ruang bawah tanah menyeramkan, zombie ganas, dan tentunya pohon penuh nafsu yang bisa memperkosa.

FAST AND FURIOUS 6
Film kelimanya diluar dugaan bagus dan berganti haluan menjadi heist movie dibandingkan film balapan murni. Apalagi ada cliffhanger di bagian akhirnya tentang Letty yang mengundang penasaran penonton. Tapi salah satu faktor yang membuat saya tertarik menonton film ini tentunya adalah keterlibatan aktor Indonesia yang angkat nama lewat The Raid, yaitu Joe Taslim. Meski bukan sebagai pemeran utama, tapi peran Joe sebagai antagonis berdarah dingin patut dinantikan. Melihat Joe Taslim adu jotos dengan Paul Walker dan Vin Diesel tentunya menyenangkan.

GRAVITY 
Sebuah drama tentang astronot yang terjebak di stasiun luar angkasa akan menjadi sebuah psychological drama yang amat menarik. Apalagi disutradarai oleh Alfonso Cuaron (Children of Men) dan dibintangi George Clooney serta Sandra Bullock, Gravity menjanjikan sebuah drama sci-fi yang mendalam dan bisa jadi menyinggung hal-hal seperti eksistensi manusia bahkan mungkin Tuhan. The Next Solaris, maybe?

IRON MAN 3
Sebagai pembuka dari Marvel Phase Two, film ketiga Iron Man ini tentunya tidak akan saya lewatkan. Disutradarai oleh Shane Black (Kiss Kiss Bang Bang), film ketiga ini dijanjikan akan lebih gelap, lebih realistis dan lebih personal bagi Tony Stark. Memang tidak akan ada anggota Avengers yang akan muncul disini selain Tony sendiri, tapi menarik ditunggu karena kabarnya disini dia akan membuat keputusan yang berdampak besar bagi dunia dalam film-film Marvel Cinematic Unvierse. Apalagi film Iron Man bagi saya lebih well-made dibandingkan film-film anggota The Avengers yang lain.

KILLERS
Setelah selama ini Timo Tjahjanto lebih sering muncul sendiri dengan menyutradarai salah satu segmen The ABC's of Death dan menulis naskah untuk S-VHS, akhirnya bersama Kimo ia bersatu lagi sebagai Mo Brothers. Semenjak Rumah Dara empat tahun lalu, tentunya karya mereka berdua sudah sangat dinanti-nanti. Apalagi proyek Killers ini tidak hanya berlokasi di Indonesia tapi juga di Jepang dan kabarnya Takashi Miike turut membantu proyeknya. Jajaran cast-nya menjanjikan dimana ada Rin Takanashi, Ray Sahetapy, Luna Maya hingga Oka Antara. Bersiap-siap menghadapi banjir darah dan pameran kesadisan dari film Mo Brothers!

MAN OF STEEL
Semenjak kesuksesan Batman versi Nolan, Superman tidak lagi dianggap keren dan menarik. Tapi dibawah arahan Zack Snyder, naskah yang ditulis David S. Goyer dan diproduseri oleh Nolan, reboot dari si manusia baja ini cukup menjanjikan. Apalagi setelah melihat trailer-nya yang indah dan mengingatkan pada suasana Batman Begins rasanya saya makin yakin bahwa Superman pada akhirnya mendapatkan film yang pantas lagi setelah tiga film terakhirnya (Superman III, Superman IV dan Superman Returns) terasa mengecewakan. Satu hal yang patut digaris bawahi, kali ini Superman tidak akan memakai celana dalam warna merah diluar.

NYMPHOMANIAC 
Tidak banyak hal yang bisa saya komentari tentang film ini kecuali "Kegilaan macam apalagi yang akan disuguhkan Lars von Trier dalam filmnya?"

OLDBOY
Satu lagi remake di daftar ini. Kal ini adalah remake salah satu film terbaik sepanjang masa dari Korea yang dibuat oleh Park Chan-wook. Versi Hollywood ini disutradarai Spike Lee (Malcolm X) dan dibintangi Josh Brolin, Elizabeth Olsen, Samuel L. Jackson serta Sharlto Copley. Orang yang terlibat memang menjanjikan, tapi sekali lagi film aslinya adalah film luar biasa dengan twist ending yang luar biasa pula. Kabarnya versi remake ini akan punya twist baru yang tidak kalah keren. Disatu sisi saya meragukan film ini dan masih menganggapnya tidak perlu dibuat, tapi disisi lain siapa yang tidak penasaran akan sebuah remake dari salah satu film terbaik sepanjang masa?

ONLY GOD FORGIVES
Duet sutradara Nicolas Winding Refn dan Ryan Gosling akan selalu saya nantikan semenjak kesuksesan Drive. Kisahnya adalah tentang sebuah klub Thai Boxing yang dijadikan tempat penyelundupan narkoba. Dari gambar dan poster yang beredar menunjukkan muka Gosling yang babak belur, nampaknya ini akan menjadi film yang tidak kalah brutal dan keren jika dibandingkan Drive. Setelah absen di 2012 akibat Gangster Squad yang mundur ke 2013 tentu menyenangkan melihat Gosling kembali lagi. Satu nominasi Oscar baginya mungkin?

PACIFIC RIM
Sebuah film robot raksasa melawan monster kaiju, namun ini bukan The Next Transformers karena ada nama Guillermo del Toro sebagai sutradara. Bisa dipastikan ini bukan sekedar film aksi pamer CGI. Dari trailer-nya saja sudah terlihat epic dan menegangkan. Kisah mempertahankan dunia dari serangan monster nampaknya belum pernah semegah dan se-epic ini. Pacific Rim sepertinya akan menjadi The Next Cloverfield, hanya saja minus handheld camera namun plus robot raksasa dan jumlah monster yang lebih banyak dengan desain lebih keren.

S-VHS
Film V/H/S sanggup memberikan kengerian dan ketegangan yang cukup tinggi. Formatnya yang unik dan punya berbagai macam cerita menarik adalah keunggulan utama film tersebut. Tentu saja saya penasaran dengan cerita serta kengerian apalagi yang akan ditebar di film yang kabarnya akan premier di Sundance Film Festival ini. Tentunya faktor bahwa Timo Tjahjanto akan menjadi penulis naskah dari segmen yang disutradarai oleh Gareth Evans turut menambah rasa penasaran saya. Apalagi dilihat dari dua gambar yang beredar nampaknya film ini akan dihadirkan dalam format frist person seperti game FPS.

 THE COUNSELOR
Agak terlalu dini memang, namun The Counselor rasa-rasanya akan menjadi salah satu film yang berprestasi di Oscar 2014 nanti. Dirilis di award season yakni bulan November, film ini menghadirkan begitu banyak nama besar. Disutradarai oleh Ridley Scott, naskahnya ditulis Cormac McCarthy yang merupakan novelis yang menghasilkan No Country for Old Men dan The Road. Sedangkan pemainnya? Ada Michael Fassbender, Brad Pitt, Javier Bardem, Cameron Diaz hingga Penelope Cruz. Sebuah paket lengkap!

THE HOBBIT: THE DESOLATION OF SMAUG
Film pertamanya mungkin akan membuat kecewa penonton yang berharap film sekelas trilogi TLOTR, tapi bagi saya The Hobbit adalah tontonan yang menghibur dan memberikan kepuasan visual yang baru. Dua setengah jam lebih terasa cepat dan menghibur meski minim momen epic. Saya tetap menantikan film keduanya ini yang juga akan memunculkan Smaug si naga. Tidak sabar menanti lanjutan dari petualangan yang menyenangkan ini.

THE PLACE BEYOND THE PINES
Lagi-lagi nama Ryan Gosling jadi daya tarik utama film kriminal ini. Menyatukan kembali Gosling dengan Derek Cianfrance dimana keduanya pernah berduet lewat drama depresif Blue Valentine tentunya patut ditunggu. Apalagi beberapa nama besar lain macam Rose Byrne, Eva Mendes, Bradley Cooper hingga Ray Liotta turut bergabung. Nampaknya Gosling memang aktor hebat yang mudah diajak kerja sama, terbukti beberapa sutradara betah beberapa kali memakai dirinya.

THE WOLVERINE
Wolverine adalah mutan paling keren bagi saya. Meski X-Men Origins: Wolverine buruk, saya tetap akan menanti film sang manusia adamantium ini. Walaupun batal dipegang oleh Darren Aronofsky, nama James Mangold (Walk the Line, 3;10 toYuma) cukup menjanjikan. Apalagi kabarnya film ini akan mengeksplorasi karakter Logan secara lebih mendalam dan tidak hanya mengumbar action yang kosong.

THE WORLD'S END
Sebelum menggarap Ant-Man, Edgar Wright akan lebih dulu memberikan pada kita penutup trilogi cornetto yang ia garap bersama Simon Pegg dan Nick Frost. Dari sinopsis awal yang beredar nampaknya kisahnya akan unik, dan komedi dari Pegg-Frost dipastikan lucu dan cerdas.

THOR: THE DARK WORLD
Alasan utama saya menanti film ini adalah karena ini merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe yang tidak akan saya lewatkan satu pun filmnya. Saya sendiri bukan penggemar Thor meski film pertamanya lumayan menghibur. Menarik juga melihat posisi Loki di film ini akan berperan sebagai apa, dan tentunya cameo yang mungkin muncul dari karakter Marvel yang lain.

TO THE WONDER
Film terbaru Terrence Malick yang di-shoot tanpa naskah dan mengandalkan pencahyaan alami sepenuhnya ini memang mendapat sambutan yang tidak terlalu memuaskan di Venice Film Festival.  Ada yang memuji setinggi langit, ada juga yang membencinya. Namun apapun itu film Malick selalu layak tunggu, apalagi trailer-nya terlihat indah. Dibintangi Ben Affleck, Olga Kurylenko, Rachel McAdams dan Javier Bardem, film ini sebenarnya sempat memajang nama Jessica Chastain, Rachel Weisz dan Michael Sheen, namun tidak masuk final cut, bukti betapa improvisasi seorang Terrence Malick dalam pembuatan film begitu tinggi. Setelah The Tree of Life yang menjadi filmterfavorit saya di 2011 lalu tidak ada alasan untuk melewatkan karya Malick.

4 komentar :

  1. nice selection :) I also anticipate Park Chan-wook's "Stoker" and Soderbergh's "Side Effect". Don't forget with "Catching Fire"! Mouly Surya's "What They Don't Talk About When They Talk About Love" also seems nice. Too bad there's still no update about whether David Fincher is gonna direct any new movies this year.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha Stoker, Side Effects, Catching Fire sama Monster Universitiy itu nyaris banget masuk list ini sebenernya.
      Fincher kalau nggak salah lagi ngembangin tv series ya?

      Hapus
    2. Ya, "House of Cards". Denger-denger dia juga lagi mau remake "Reincarnation of Peter Proud" tapi belum jelas kapan, haha.

      Hapus
  2. Anonim6:09 PM

    masmau nambahi, great gatsby sepertinya akan sangat bagus, karena dari adaptasi salah satu novel legendaris

    BalasHapus