85TH ACADEMY AWARDS WINNERS

2 komentar
Argo fuck yourself!!! Akhirnya Argo berhasil menjadi pemenang dalam ajang Oscar tahun ini mengalahkan Lincoln yang meraih nominasi terbanyak dan Life of Pi yang menjadi peraih piala terbanyak kali ini. Tidak terlalu banyak kejutan dimana hanya kemenangan Christoph Waltz serta Ang Lee saja yang cukup mengejutkan. Tapi kemenangan keduanya juga tidak bisa disebut sebagai kejutan luar biasa karena Waltz sudah menang di Golden Globe serta BAFTA sedangkan Ang Lee juga cukup dijagokan setelah kans Lincoln milik Spielberg memenangkan Best Picture mengecil. Dalam posting ini selain menyajikan daftar pemenang saya juga mencantumkan pilihan saya pribadi (pilihan, bukan prediksi). Jadi ini dia daftar nama-nama terbaik yang memenangkan ajang Oscar tahun 2013.

BEST PICTURE : ARGO
Dari total sembilan film yang menjadi nominasi, Zero Dark Thirty  adalah yang paling bagus menurut saya. Namun sayang kontroversi yang mengiringi film ini membuat kans yang awalnya besar perlahan makin menghilang.

BEST DIRECTOR : ANG LEE (LIFE OF PI)
Dua nama yang menjadi pilihan saya yakni Ben Affleck dan Katheryn Bigelow di-snub alias tidak masuk nominasi. Tapi jika disuruh memilih diantara para nominator saya setuju dengan kemenangan Ang Lee.

BEST ACTOR : DANIEL DAY-LEWIS (LINCOLN)
Awalnya saya setuju bahwa Day-Lewis adalah yang terbaik, sampai saya menonton penampilan Joaquin Phoenix dalam The Master yang sanggup menciptakan karakter original dengan ciri khas tersendiri.

BEST ACTRESS : JENNIFER LAWRENCE (SILVER LININGS PLAYBOOK)
Saya suka semua nama yang ada disini yang berarti saya setuju dengan kemenangan Jennifer Lawrence. Tapi Emmanuelle Riva (Amour) yang berhasil menang BAFTA sangat pantas memenangkan kategori ini. 

BEST SUPPORTING ACTOR : CHRSITOPH WALTZ (DJANGO UNCHAINED)
Bukan kejutan besar mengingat Waltz berhasil menang di Golden Globe dan BAFTA. Tapi dengan "batal menangnya" Lincoln di Best Picture saya sempat yakin kans dari Tommy Lee Jones yang juga menang di SGA cukup kuat karena Oscar nampaknya masih mencintai film tersebut. Apalagi Waltz baru menang di kategori yang sama tiga tahun lalu. Tapi saya sendiri lebih menyukai penampilan Robert DeNiro (Silver Linings Playbook) yang penuh emosi kuat dan mengembalikan sang aktor ke top perform-nya.

BEST SUPPORTING ACTRESS : ANNE HATHAWAY (LES MISERABLES)
Tidak ada kejutan dan saya sendiri setuju dengan pilihan Oscar ini.

BEST ORIGINAL SCREENPLAY : QUENTIN TARANTINO (DJANGO UNCHAINED)
Mark Boal (Zero Dark Thirty) awalnya paling diunggulkan, namun lagi-lagi akibat kontroversi tentang naskahnya yang (katanya) membocorkan rahasia negara membuat peluangnya menipis. Bagi saya sendiri baik naskah Tarantino ataupun Boal sama bagusnya, jadi saya sepakat dengan hasil ini.

BEST ADAPTED SCREENPLAY : CHRIS TERRIO (ARGO)
Tidak mengejutkan setelag Argo menjadi unggulan di Best Picture. Saya sendiri juga memilih naskah Argo sebagai yang terbaik dibanding nominator lainnya.

BEST ANIMATED FEATURE : BRAVE
Salah satu kategori paling ketat dimana Wreck-it Ralph menang di Annie Awards dan sempat menjadi frontrunner sebelum kemenangan Frankenweenie di BAFTA dan Brave di Golden Globe. Akhirnya pesona Pixar memang masih belum luntur meski saya lebih menyukai Wreck-it Ralph.

BEST FOREIGN LANGUAGE FILM : AMOUR
Amour mendapat nominasi Best Picture jadi kemenangannya sudah dapat dipastikan. Berhubung saya belum menonton empat film lainnya di nominasi ini jadi saya tidak bisa berkata setuju atau tidak.

BEST DOCUMENTARY FEATURE : SEARCHING FOR SUGAR MAN
Saya belum menonton semua filmnya, tapi ini salah satu kategori yang juga sudah cukup terprediksi.

BEST DOCUMENTARY SHORT : INOCENTE
Saya belum menonton semua filmnya, begitu juga dengan kedua kategori film pendek lainnya.

BEST LIVE ACTION SHORT : CURFEW

BEST ANIMATED SHORT : PAPERMAN

BEST ORIGINAL SCORE : MYCHAEL DANNA (LIFE OF PI)
Saya setuju dengan pemenang di kategori ini dimana score dari Mychael Danna tidak hanya sanggup memberikan emosi yang kuat tapi juga punya unsur musik tradisional India yang kental. Sedangkan John Williams dalam Lincoln memang bagus tapi terlalu standar dan sudah sering terdengar dalam film Spielberg lainnya.

BEST ORIGINAL SONG : ADELE - SKYFALL (SKYFALL)
Tentu saja lagu milik Adele ini adalah yang paling terkenal dan saya sendiri sangat menyukai lagu ini. Kemenangan yang sudah dapat diprediksi.

BEST SOUND EDITING : SKYFALL & ZERO DARK THIRTY (TIE)
Sebuah kejutan dimana ada hasil seri. Dalam sejarah Oscar ini baru kali keenam sebuah kategori dimenangkan oleh dua film alias imbang. Keduanya sama-sama bagus, tapi saya lebih memilih Skyfall.

BEST SOUND MIXING : LES MISERABLES
Para aktornya bernyanyi secara live dengan iringan musik yang mereka dengar lewat earphone dan melihat fakta bahwa ini adalah film musikal yang semua dialognya juga dilagukan tidak mengejutkan Les Miserables akhirnya menang...dan saya kembali setuju dengan pilihan Oscar.

BEST PRODUCTION DESIGN : LINCOLN
Sebuah kejutan besar dalam kategori minor. Secara kualitas Lincoln memang lebih baik, tapi untuk kategori ini saya lebih memilih Anna Karenina  dengan konsep unik layaknya pertunjukkan teater.

BEST CINEMATOGRAPHY : CLAUDIO MIRANDA (LIFE OF PI)
Tentu saja dengan segala keindahannya saya setuju dengan hasil ini, meski banyak orang mengatakan bahwa sudah seharusnya Roger Deakins (Skyfall) menang setelah sembilan kali dinominasikan tanpa sekalipun kemenangan.

BEST MAKE UP AND HAIRSTYLING : LES MISERABLES
Kostum jaman dahulu yang begitu otentik serta jenggot Hugh Jackman yang begitu meyakinkan sudah membuat saya yakin bahwa Les Miserables pantas menang disini.

BEST COSTUME DESIGN : JACQUELINE DURRAN (ANNA KARENINA)
Tentu saja sebuah period drama berpeluang paling besar untuk menang di kategori ini. Tapi saya sendiri lebih berharap Eiko Ishioka (Mirror Mirror) yang meninggal setahun lalu pantas diberi penghargaan ini berkat karyanya yang unik sekaligus sebagai sebuah penghormatan.

BEST FILM EDITING : ARGO
Pemenang Best Picture tentu punya kans cukup besar untuk menang disini. Tapi saya sendiri lebih memilih Zero Dark Thirty.

BEST VISUAL EFFECTS : LIFE OF PI
SETUJU!

Begitulah beberapa tanggapan saya atas para pemenang di ajang Oscar tahun ini yang hasilnya cukup memuaskan. Diluar beberapa snub seperti Ben Affleck, Bigelow hingga DiCaprio, para pemenangnya memang pantas mendapatkan piala, dan yang menyenangkan adalah banyaknya kategori yang sulit ditebak termasuk Best Picture setelah dalam beberapa tahun terakhir maksimal hanya dua film yang bersaing ketat (tahun lalu bahkan The Artist sudah bisa diprediksi). Sedangkan tahun ini mulai dari Argo, Lincoln, Silver Linings Playbook hingga Life of Pi memang cukup sengit, bahkan jika tidak tertimpa kontroversi Zero Dark Thirty juga akan menjadi frontrunner.

2 komentar :

  1. Seneng banget Argo bisa menang best picture. Terus, walaupun belom nonton Lincoln, performa Joaquin Phoenix di The Master sangat mumpuni untuk mendapatkan best actor. Lalu gue agak kecewa sih dengan menangnya Brave di best animated picture, Wreck-it Ralph menurut gue lebih pantas :)

    BalasHapus
  2. Lincoln buatku emang agak overrated. Kalau diminta bikin ranking nominato best picture mungkin kayak gini:
    1. Zero Dark Thirty
    2. Django Unchained
    3. Life of Pi
    4. Argo
    5. Silver Linings Playbook
    6. Beasts of the Southern Wild
    7. Amour
    8. Lincoln
    9. Les Miserables

    Yap, menurutku Wreck-it Ralph emang lebih bagus walaupun Brave juga termasuk film Pixar yang bagus

    BalasHapus