A NIGHTMARE ON ELM STREET FRANCHISE (RANKING FROM WORST TO BEST)

3 komentar
Selama beberapa hari ini saya memutuskan untuk menonton marathon tiga franchise slasher terbesar sepanjang masa yang juga telah melahirkan tiga karakter pembunuh yang begitu ikonis. Ketiga franchise tersebut adalah A Nightmare on Elm Street dengan karakter Freddy Krueger, Friday the 13th lewat Jason Voorhees serta Halloween yang mempunyai Michael Myers. Yang pertama saya selesaikan adalah A Nightmare on Elm Street yang dibuat oleh Wes Craven, sosok yang juga membidani lahirnya karakter Ghostface dalam franchise slasher Scream. Kisah mimpi buruk ini dimulai pada tahun 1984 lewat film berjudul A Nightmare on Elm Street yang ditulis dan disutradarai oleh Wes Craven. Dengan konsep yang terbilang unik, film tersebut mampu meraih kesuksesan baik dari segi finansial ataupun kualitas. Dari bujet hanya $1,8 juta, film tersebut berhasil meraup lebih dari $25 juta. Di website Rotten Tomatoes sendiri film ini mendapat nilai 95%,sebuah angka yang jarang didapatkan oleh film horror. Kesuksesan tersebut melahirkan delapan film lanjutan termasuk remake tahun 2010 dan sebuah crossover dimana Freddy berhadapan dengan Jason lewat Freddy vs Jason pada 2003. Lewat film ini juga nama Robert Englund sebagai Freddt Krueger begitu dikenal lewat pembawaannya yang tidak hanya menyeramkan tapi juga jago melontarkan one-line kocak. Jika Samuel L. Jackson terkenal lewat kata motherfucker, maka Robert Englund dikenal lewat kata Bitch! Berikut ini adalah catatan singkat saya sekaligus urutan dari kesembilan film mulai dari yang terburuk sampai yang terbaik.

9. A NIGHTMARE ON ELM STREET (2010 REMAKE)
Jangankan menandingi film aslinya, bahkan film ini layak masuk jajaran film horror terburuk di tahun 2010. Hampir semua aspeknya sama sekali tidak menghormati versi original. Mengganti Robert Englund memang fatal, tapi toh akting Jackie Earle Harley jauh dari memalukan. Yang memalukan adalah karakterisasi Freddy Krueger dan sama sekali tidak imajinatifnya cara Freddy menghabisi para korban. Freddy yang datang dan hanya menusuk korbannya itu membosankan.

8. A NIGHTMARE ON ELM STREET 2: FREDDY'S REVENGE
Freddy masih mengerikan disini dan belum bertransformasi menjadi lebih komedik. Yang jadi masalah adalah konsepnya yang terlalu melenceng jauh dari versi Wes Craven. Sejak kapan  Freddy ingin masuk ke alam nyata dimana dia lebih lemah? Ada nuansa homoseksual yang juga sangat kental disini. Bukan saya anti terhadap konten tersebut, tapi cara penempatannya disini terlalu "konyol"

7. FREDDY'S DEAD: THE FINAL NIGHTMARE
Inilah film yang diniati sebagai akhir kisah Freddy, tapi karena kesuksesan yang berlanjut, hal itu batal terlaksana. Disini Freddy mencapai puncak kekonyolannya dan telah menjelma menjadi boogeyman yang disukai anak-anak. Beberapa momen menghibur dengan ke-cheesy-annya, tapi terlalu banyak hal konyol dibandingkan yang seram. Bagaimana sosok Freddy dimatikan juga menggelikan.

6. A NIGHTMARE ON ELM STREET 5: THE DREAM CHILD
Saya kurang suka dengan kisahnya tentaang Freddy yang mencoba kembali lewat bayi dalam kandungan Alice. Terlalu dipaksakan dan menjadi bukti bahwa franchise ini mulai kehabisan ide segar. Memang lebih gelap daripada film sebelumnya tapi sama sekali tidak menawwrkan inovasi yang berarti.

5. FREDDY VS JASON
Sebuah crossover yang telah sekian lama dinanti ini seharusnya luar biasa, tapi nyatanya jauh dari harapan. Baik itu Freddy ataupun Jason kurang unjuk gigi, khususnya Freddy yang dikisahkan sedang melemah. Film ini justru terlalu berfokus pada anak-anak muda yang menjadi korban, padahal ini waktunya mengeksploitasi kehebatan dua ikon ini. Untungnya klimaks pertarungan keduanya keren.

4. A NIGHTMARE ON ELM STREET 4: THE DREAM MASTER
Dengan bujet besar di masanya, film keempat ini jadi film dengan pendapatan terbesar ketiga dari keseluruhan franchise ini. Freddy makin komedik, tapi masih dalam taraf normal. Kematian sosok Kristen bagi saya adalah salah satu yang paling tragis dalam sejarah Nightmare. Sajian yang cukup menghibur.

3. WES CRAVEN'S NEW NIGHTMARE
Inilah momen dimana Wes Craven kembali dan mengembalikan franchise ini ke jalan awalnya . Tidak ada lagi Freddy yang humoris lengkap ddengan one line andalannya. Dia kembali jadi sosok kejam. Filmnya lebih kelam, penuh twist lengkap dengan naskah cerdas dimana Freddy meneror orang-orang yang terlibat dalam pembuatan franchisse ini.

2. A NIGHTMARE ON ELM STREET 3: DREAM WARRIORS
Ini adalah film disaat Freddy mulai lebih terasa humoris untuk pertama kalinya. Setiap menghabisi korban ia akan mengucapkan dialog one line yang disini masih terdengar lucu dan cerdas. Banyak referensi kultur pop dan adegan kematian yang sangat kreatif. Ada banyak karakter dan kesemuanya punya karakterisasi kuat dan memorable. Dalam film ini jugalah karakter Nancy yang ikonis itu akhirnya tewas.

1. A NIGHTMARE ON ELM STREET
Hasil ini mungkin sudah terduga. Karya Wes Craven ini begitu orisinal dan kreatif menggambarkan betapa mengerikannya terancam bahaya saat tidur karena kita tidaklah berdaya. Freddy begitu mengerikan dan karakter lainnya pun menarik khususnya Nancy. Disini juga ada memorable death scene dari karakter yang diperankan Johnny Depp sebelum ia terkenal. Salah satu horror terbaik sepanjang masa.

3 komentar :

Comment Page:
Nyet pok mengatakan...

ini dia ikon killer favorit ane, dari semua franchise, favorit ane yang ke 3, alesanya jelas: kembalinya nancy thompson ngedampingin tokoh2 protagonis di film ke 3 ini, juga masing2 protagonis dapet kekuatan yang ga normal kalo ada di dunia mimpi (biarpun kedengaranya sedikit konyol) tp adegan mbah krueger pas ngebunuh si philip tu tetep jadi adegan memorable buat ane! jempol dah buat wes craven!

Irfan Agustian mengatakan...

Masih bingung sama ending A nightmare on the elm street pertama, serasa ngambang.. Teman" nancy itu sebenarnya mati atau tidak? Dan di akhir scene juga ibu nancy di tarik ke dalam pintu sama freddy? It's she die?

Atau mungkin saat freedy membunuh 3 teman nancy itu hanya mimpi? Alias tidak mati di dunia nyata...?
Anyone know the truth?

Irfan Agustian mengatakan...

Masih bingung sama ending A nightmare on the elm street pertama, serasa ngambang.. Teman" nancy itu sebenarnya mati atau tidak? Dan di akhir scene juga ibu nancy di tarik ke dalam pintu sama freddy? It's she die?

Atau mungkin saat freedy membunuh 3 teman nancy itu hanya mimpi? Alias tidak mati di dunia nyata...?
Anyone know the truth?