BEST MOVIES OF 2013 (SO FAR)

1 komentar
Tahun 2013 sudah berlalu lebih dari setengahnya dan saya pun tergiur untuk menuliskan daftar film-film apa saja yang saya anggap sebagai yang terbaik di tahun ini. Tentu saja daftar ini sifatnya masih sangat sementara dan sangat mungkin akan berganti. Bahkan mungkin saja separuh dari film yang ada di dafatr ini tidak akan masuk di daftar akhir tahun nantinya. Kedua puluh film yang ada disini mungkin tidak bisa dikategorikan sebagai yang terbaik secara keseluruhan karena masih ada begitu banyak film bagus di tahun ini yang belum saya tonton, dan tentu saja karena daftar ini disusun murni oleh selera subjektif saya. Jadi berikut ini adalah daftar 20 film terbaik (sementara) tahun 2013 versi Movfreak Blog.

20. FAST & FURIOUS 6
Murni film musim panas yang dibuat untuk memberikan hiburan pemicu adrenaline bagi para penontonnya. Bisa dibilang sebuah film yang brainless dan penuh akan ketidak mustahilan yang menyalahi hukum logika, tapi Justin Lin tahu benar bagaimana mengemas hal-hal dilaur nalar tersebut menjadi sebuah tontonan seru yang melaju kencang dan mampu membuat saya dengan senang hati melupakan segala plot hole yang ada. Saya pun bersorak melihat post-credit scene-nya.

19. HITCHCOCK
Mungkin bukan film biopic paling akurat yang pernah ada karena Hitchcock memang dikemas dengan begitu banyak dramatisasi di dalamnya. Tapi sebuah kisah yang mengiringi pembuatan salah satu film terbaik sepanjang masa ini mampu dikemas dengan begitu menarik dan cermat. Penampilan Anthony Hopkins serta Hellen Miren begitu memikat, apalagi chemistry yang mereka tampilkan. Sebuah adegan mengenai pemutaran perdana Psycho mampu membuat saya meneteskan air mata.

18. EVIL DEAD
Bukti bahwa tidak semua remake dari horor klasik akan berakhir memalukan. Bukti pula bahwa sebuah remake yang tidak perlu tidak selalu berakhir mengenaskan. Evil Dead dibuat dengan semangat menciptakan gorefest yang meletup-letup serta sama sekali tidak melupakan pendahulunya. Berbagai penghormatan diberikan pada film aslinya oleh Fede Alvarez tanpa perlu membuat filmnya kehilangan ciri khas sang sutradara. Klimaks dengan hujan darah itu merupakan salah satu klimaks tergila yang pernah saya tonton di layar bioskop.

17. AMOUR
Sebuah racikan indah dari Michael Haneke tentang romansa sepasang suami istri yang telah memasuki usia senja. Mengalun dengan begitu lambat dan sepi, namun kisah cinta sejati ini terasa begitu menghanyutkan sekaligus tragis. Amour dengan berani memberikan sebuah twist yang menampar banyak penontonnya termasuk saya mengenai pengertian cinta sejati itu sendiri. Seperti judulnya, seberat apapun film ini karena tempo lambatnya, sulit untuk tidak mengatakan cinta padanya.

16. STOKER
Park Chan-wook dalam debut Hollywood-nya mungkin tidak mendapatkan naskah yang sebrilian Oldboy, namun justru dengan naskah film ini yang biasa ia mampu membuktikan bahwa dirinya merupakan sutradara jenius dengan visi luar biasa. Sadar alurnya sederhana dan mudah ditebak, Chan-wook memilih bermain-main dengan gambar indah serta metafora yang mampu menggambarkan atmosfer kelam yang dibawa oleh film ini. Plus penampilan gemilang Mia Wasikowska.

15. SILVER LININGS PLAYBOOK
Kisah cinta yang sederhana ini mampu tampil menarik karena karakternya tidak memiliki kepribadian serta hidup yang sederhana. Dua orang dengan psyhcological disorder mampu disatukan oleh sebuah hal bernama cinta. Terkesan klise tapi sebuah hal yang klise tidak selalu buruk, apalagi David O Russell sanggup meraciknya menjadi sebuah komedi romantis yang penuh dengan naik turun emosi. Penampilan para pemainnya yang bagus turut berperan besar termasuk kembalinya Robert DeNiro pada performa terbaiknya setelah sekian lama.

14. EXCISION 
Jelas Excision bukanlah film yang akan membuat para juri Oscar jatuh cinta. Ini adalah bentuk perpaduan dari coming-of-age drama, kisah disfungsi keluarga, serta horror penuh darah serta kegilaan yang dirangkum menjadi satu serta tidak lupa ditambahkan bumbu spesial berupa unsur surealisme gila. Sebuah komedi hitam berpadu horor yang mampu membuat kegilaan penuh darah menjadi sebuah tontonan indah. Saya dibuat tegang sekaligus tertawa sebelum akhirnya shocking ending film ini membuat saya terdiam.

13. PACIFIC RIM 
Film terbaru Guillermo del Toro ini mungkin tidak memenuhi ekspektasi banyak pihak termasuk saya sendiri sebenarnya. Tapi saya tetap tidak bisa melawan segala kesenangan dan ketegangan yang ditawarkan oleh del Toro melalui parade pertarungan antara robot raksasa melawan kaiju yang mendominasi dan terasa begitu epic. Inilah summer movie paling menyenangkan yang saya tonton tahun ini. Sequel please.

12. WRECK-IT RALPH
Inilah momen dimana film animasi Disney berhasil melakukan apa yang selama ini telah dilakukan oleh Pixar. Bagaikan mimpi indah para gamer menyaksikan berbagai karakter video game melebur menjadi satu berpadu dengan kualitas animasi yang dengan luar biasa menggambarkan dunia-dunia dari berbagai macam game. Penuh dengan momen yang lucu sekaligus menyentuh. Setidaknya ada dua momen di film ini yang membuat saya nyaris meneteskan air mata.

11. STAR TREK INTO DARKNESS
J.J. Abrams dengan sempurna menggabungkan kisah yang gelap dengan selipan-selipan humor yang berhasil membuat filmnya terasa begitu hidup. Star Trek Into Darkness pun mempunyai berbagai adegan aksi yang menegangkan tanpa sedikitpun melupakan emosi di dalamnya. Semua karakter punya peran mereka masing-masing hingga tidak ada karakter pendukung yang sampai terlupakan. Tidak lupa beberapa referensi sekaligus penghormatan terhadap film-film Star Trek terdahulu turut dimasukkan oleh Abrams.

10. THE PLACE BEYOND THE PINES
Layaknya tiga cerita yang dileburkan menjadi satu, peleburan yang terjadi dalam film ini terasa begitu halus sehingga ketiga kisah tersebut tetap terasa menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi. Meski hanya tampil tidak sampai setengah durasinya, Ryan Gosling tetaplah bintang utama disini dengan penampilannya yang mudah membuat penonton bersimpati pada karakter yang ia mainkan. Sebuah drama mengenai dosa masa lalu dibalut kisah kriminalitas yang menarik.

9. THE MASTER
Mungkin banyak yang tidak terpuaskan dengan karya terbaru Paul Thomas Anderson ini, tapi saya sendiri begitu terpukau dengan The Master yang begitu kuat di segala sisinya. Kisahnya mengalir bagaikan tanpa plot ataupun tujuan akhir yang pasti, tapi ini adalah studi karakter yang begitu mengesankan juga begitu indah, diperkuat oleh akting luar biasa dari Joaquin Phoenix. Jadi apa saja yang indah dari The Master? Saya jawab semua aspeknya baik dari sinematografi, musik sampai kisah yang ditawarkan meski apa sebenarnya tujuan cerita film ini akan menuai diskusi lebih jauh.

8. SEARCHING FOR SUGAR MAN
Tidak banyak yang mengenal nama Sixto Rodriguez sebelum sosoknya ditemukan dan membuat makin banyak orang jatuh cinta pada karyanya. Begitu pula dengan saya yang baru pertama mendengar namanya setelah menonton film ini tapi setelah itu begitu jatuh cinta akan film ini sekaligus mulai mencari lagu-lagu dari Rodriguez. Kisah pencarian luar biasa untuk mencari sosok yang luar biasa. Saya dibuat tidak peduli dengan tudingan bahwa dokumenter ini melupakan atau sengaja melupakan berbagai fakta demi dramatisasi berkat kisahnya yang terstruktur dengan baik dan menyimpan misterinya dengan rapih.

7. THE IMPOSSIBLE 
The Impossible adalah murni sebuah drama keluarga berbalut bencana tsunami yang dibuat untuk membuat penontonnya banjir air mata. Namun eksekusinya jauh dari kesan murahan. Meski punya alur cerita yang predictable dan mungkin cheesy di beberapa bagian tapi saya berhasil dibuat begitu larut dalam ceritanya serta bersimpati pada semua karakternya yang berjuang sekuat tenaga dalam bencana tersebut. Begitu banyak momen yang membuat saya meneteskan air mata, bahkan sedari awal tsunami menerjang pun saya dibuat merinding.

6. FLIGHT
Film ini sudah dibuka dengan adegan super menegangkan saat sebuah pesawat yang mengalami kerusakan mesin mendarat darurat secara ajaib serta dramatis dengan posisi terbalik. Flight adalah kisah mengenai from hero to zero, bagaimana seorang pahlawan yang dipuja bisa begitu saja menjadi pecundang. Sebuah kisah yang menggambarkan bagaimana Tuhan bertindak lewat jalan yang sangat tidak terduga. Karakter yang dimainkan oleh Denzel Washington dengan gemilang mungkin adalah anti-hero tapi saya mampu dibuat sangat bersimpati padanya.

5. UPSTREAM COLOR
Butuh waktu hampir 10 tahun bagi Shane Carruth untuk membuat filmnya yang kedua, tapi jangka waktu itu pada akhirnya sangat bisa dimaklumi melihat hasil akhirnya. Jika Primer menuntut saya untuk memperhatikan dengan begitu detail dan memeras otak untuk memecahkan teka-tekinya, maka Upstream Color adalah sebuah drama surealis yang menuntut saya untuk lebih dari sekedar berpikir tapi juga merenungkan kisahnya untuk bisa mengerti apa yang coba disampaikan Carruth. Berbalut gambar serta musik yang luar biasa indah, Upstream Color mampu membuat kehidupan dan alam menjadi satu kesatuan yang begitu harmonis. Jika sata ibaratka, maka Primer adalah otak sedangkan Upstream Color adalah hatinya.

4. SIDE EFFECTS
Bukti bahwa Soderbergh bisa menjadi master dari semua genre film apapun itu. Side Effectis bergerak cepat menyajikan sebuah drama mengenai dampak obat-obatan yang dikemas dengan begitu cerdas bercampur thriller investigasi sebelum twist berlapis yang tak terduga muncul dan memutar balikkan arah film ini. Sebuah sajian yang memperlihatkan bagaimana cara menyimpan misteri rapat-rapat namun tetap membuat penonton bersemangat mengira-ira apa yang sebenarnya terjadi...sebelum dihajar oleh twist yang luar biasa itu.

3. ZERO DARK THIRTY
Film yang saya jagokan untuk berjaya di ajang Oscar awal tahun ini namun gagal menang karena tersandung kontroversi. Sebuah kontroversi yang menjadi bukti betapa akurat dan cerdasnya naskah yang ditulis oleh Mark Boal ini. Sebuah drama tentang seorang yang begitu ambisius menangkap Osama ini disajikan dengan begitu powerful oleh Katheryn Bigelow. Berjalan dengan tempo yang sedang namun tidak pernah kehilangan sentuhannya hingga terus berjalan menarik dan menegangkan sampai akhir. Penampilan Jessica Chastain pun luar biasa disini.

2. THE IMPOSTER
Saya tidak pernah menyangka sebuah dokumenter bisa dihantarkan dengan bentuk dan mencapai level seperti apa yang dimiliki oleh film ini. Dibungkus layaknya thriller yang menegangkan, film ini mampu membuat reka ulang adegan yang biasanya hanya menjadi penjelas di dokumenter menjadi sebuah momen penebar ketegangan sekaligus misteri yang mencekam. Apalagi dasar materi yang dimiliki film ini sudah merupakan sebuah kasus yang tidak bisa dipercaya terjadi di dunia nyata. Misteri demi misteri tersimpan dengan baik sampai akhirnya perlahan terbuka secara mengejutkan.

1. DJANGO UNCHAINED
Sebagai penggemar berat Quentin Tarantino sangat sulit bagi saya untuk tidak jatuh cinta pada film ini. Mungkin bukan karyanya yang terbaik, tapi segala hal yang saya harapkan ada di film Tarantino dimiliki oleh Django Unchained. Disaat saya berharap sebuah film berdurasi nyaris tiga jam berjalan lebih lama lagi maka saya tahu bahwa film itu begitu luar biasa bagi saya.

1 komentar :