AMERICAN HORROR STORY - FREAK SHOW (EPISODE 5)

Tidak ada komentar
Episode yang berjudul Pink Cupcakes ini sepertinya bakal jadi sebuah episode yang gila melihat adegan pembukanya. Bagaimana tidak? Paul (Seal Man) diperlihatkan telah diawetkan dalam kotak kaca, yang menandakan ia telah menjadi korban dari Stanley dan Maggie. Tapi bagaimana ia dibunuh? Apakah AHS seberani ini dengan kembali membunuh salah seorang karakternya setelah di episode sebelunya Twisty telah "dibawa" Edward Mordrake? Nyatanya semua itu hanya visualisasi dari pembicaraan antara Stanley dan Maggie, alias khayalan. Sebuah decoy yang tidak kalah menyebalkan daripada false alarm dalam sebuah scare jump, tapi karena dieksekusi dengan baik dan menimbulkan kesan creepy saya masih bisa memaafkan. Tapi di pertengahan muncul lagi adegan yang mirip. Kali ini giliran si kembar Bette dan Dot yang kepalanya telah dipotong dan diawetkan oleh Stanley untuk dipajang di museum. Lagi-lagi adegannya menghadirkan kesan disturbing. Saya berpikir tidak mungkin AHS melakukan tipuan yang sama dua kali dalam satu episode. Apakah Bette dan Dot benar-benar tewas? 

Flashback memperlihatkan bahwa semua itu benar terjadi. Tentu saja ini gila, karena Bette dan Dot bagi saya adalah salah satu (atau dua?) karakter yang terlindungi dari kematian sebelum finale selain Elsa. Sebuah twist yang gila dan berani. Saya menyukainya! Tapi tidak lama kemudian kembali terungkap semua itu hanya khayalan Stanley. Dua kali penipuan?! Ini merupakan salah satu langkah terbodoh yang dilakukan AHS dalam musim ini. Untung saja kedua tipuan itu dieksekusi dengan amat baik, sehingga tidak merusak episode ini secara lebih jauh. Selain itu, episode ini juga dibuka dengan begitu terburu-buru. Beberapa konflik awal dilemparkan begitu saja tanpa timing yang tepat sehingga terasa mengganggu. Episode ini juga makin memperlihatkan bahwa beberapa karakter utamanya mulai kehilangan pesona. Bette dan Dot yang akhir-akhir ini memang mulai jarang mendapat porsi penceritaan terasa stagnan. Jimmy masih terus menerus berkelakar bahwa Meep adalah pahlawan. Saya tahu dia merasa bersalah, tapi menyebut Meep sebagai pahlawan secara terus menerus makin lama makin terasa annoying. Loveline yang (belum) terjalin antara ia dan Maggia juga sudah terbaca.
Elsa sendiri hanya terbantu oleh akting bagus Jessica Lange, tapi seperti yang pernah saya sebutkan, karakter Lange hanya itu-itu saja yang membuatnya semakin terasa membosankan. Elsa butuh boost dan twist dalam storyline-nya untuk kembali terasa menarik. Jutru beberapa karakter lainnya mulai terasa menarik disaat ketiga sosok utama diatas makin membosankan. Terjadi kejutan saat Delle sang "orang kuat" diam-diam ternyata adalah gay. Menarik untuk menantikan apakah akan ada interaksi lebih jauh antara dia denagn Stanley (saya yakin akan ada). Kemudian ada Dandy yang harus mengisi peran milik Twisty. Bukan hal mudah karena Twisty adalah villain yang menarik luar dalam. Dandy sendirian saja tidak akan sanggup mengisi kegilaan Twisty, tapi disinilah peran Gloria, sang ibu jadi penting. Sosoknya mulai lebih dieksplorasi dan hubungan gila antara ibu-anak pun semakin terasa menarik, khususnya saat Gloria coba menutupi pembunuhan yang dilakukan Dandy. Timbul harapan besar dan keyakinan dalam diri saya melihat interaksi mereka berdua. Apalagi di akhir episode terjadi pertemuan mengejutkan antara Elsa dan Gloria.

Freak Show jelas butuh senjata baru untuk meningkatkan kengeriannya. Sejauh ini yang cukup signifikan hanyalah adegan pembunuhan, dan sebanyak apapun darah yang tumpah, penusukan dengan pisau tidak akan mengerikan jika itu bukan dilakukan oleh Twisty, jadi saya harap Dandy menemukan metode lain. Saya butuh kegilaan, dan sejauh ini Freak Show masih belum tancap gas, padahal pada episode kedua dan ketiga, serial ini seolah sudah siap untuk melaju kencang. Sejauh ini Freak Show sudah cukup baik dalam menyajikan beberapa kejutan, jadi alangkah menyenangkannya kalau beberapa episode kedepan lebih banyak menghadirkan kegilaan. Entah itu perbuatan twisted Dandy yang semoga lebih dari sekedar menusuk korbannya, kegilaan Elsa yang mencapai puncaknya, eksploitasi para freaks, atau bahkan kematian mengejutkan salah satu anggota freak show (just kill Jimmy, please?). Sekali lagi saya sebutkan Freak Show butuh DNA kegilaan Asylum, dan nampaknya para kreator AHS sadar akan hal itu dengan menciptakan "crossover" kedua season ini. Setelah Pepper yang sedari awal telah hadir, episode 10 nanti akan menampilkan Lily Rabe sebagai suster dari Briarcliff. Tapi yang jelas Pink Cupcakes merupakan salah satu episode paling mengecewakan dari Freak Show, sama seperti episode pertama.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar