AMERICAN HORROR STORY: FREAK SHOW (EPISODE 7)

Tidak ada komentar
Lewat Test of Strength akhirnya Freak Show berani menyajikan sesuatu yang "berani" dan lebih bersifat konklusif daripada sekedar memberikan tease demi tease seperti beberapa episode terakhir. Permasalahan dalam beberapa episode terakhir adalah kurangnya pergerakan dalam plot dan kehadiran berbagai momen yang memperlihatkan bahwa seolah serial ini begitu takut untuk membunuh salah satu karakternya (baca: memberikan kelokan ekstrim) dengan begitu banyak momen imajinasi yang akhirnya tidak terwujud. Episode ketujuh ini bakal memperlihatkan beberapa hal, seperti kembalinya Bett dan Dot ke Freak Show, hubungan antara Jimmy dan Dell, sampai usaha Stanley untuk membunuh salah satu freak yang masih belum juga membuahkan hasil (yap, kali ini Dandy tidak mendapat banyak porsi penceritaan). Cukup menyegarkan disaat akhirnya Bette dan Dot kembali menjadi sentral cerita semenjak episode keenam, meski sebenarnya keduanya bukan karakter yang amat menarik, tapi setidaknya sedikit beranjak dari kegilaan Dandy atau ambisi besar Elsa cukup menyegarkan.

Sayangnya kisah kembalinya Bette dan Dot ke freak show terasa terburu-buru, setelah episode sebelumnya memberikan tease akan konfrontasi menarik antara Jimmy dan Dandy, kita ditinggalkan dengan kekecewaan saat tidak terjadi apapun, dan dengan mudahnya Bette dan Dot kembali, meski itu didasari oleh intensi terselubung keduanya. Saya cukup menyukai eksplorasi hubungan Jimmy dan Dell yang pada akhirnya "bersatu" sebagai ayah dan anak. Sebuah momen mengejutkan yang cukup manis itu juga memberikan angin segar bahwa keduanya tidak akan terus talik ulur dan saling membenci seperti sebelumnya. Konflik pasti tetap akan muncul tapi setidaknya karena tidak ada lagi rahasia tentang identitas masing-masing, ada harapan perselisihan antara keduanya bisa jadi lebih kompleks. Kedua aspek itu adalah hal positif, tapi yang paling menyenangkan dari episode ini adalah keberania Freak Show untuk kembali menyuntikkan momen gila. Aspek shocking merupakan salah satu yang membuat saya menyukai serial ini, dan hal itu sempat menghilang dalam beberapa episode terakhir.
Ada dua momen yang cukup "gila" dalam episode ini. Yang pertama adalah saat Penny mendapat "hukuman" dari sang ayah. Alih-alih dibunuh seperti ancaman yang selama ini dilontarkan, sang ayah justru membiarkan Penny kembali bersama Paul di freak show, caranya? Buat dia menjadi salah satu dari mereka. Penny si gadis muda cantik itu kini telah menjadi seorang freak dengan wajah yang di-tatto sedemikian rupa dan lidah yang dibuat bercabang layaknya Erik Sprague sang "Lizard Man". Tragis, tapi dari teaser yang ada kita nampaknya akan melihat Penny membalaskan dendamnya pada sang ayah di episode kedelapan. Sedangkan satu momen shocking lagi adalah kematian Ma Petite di tangan Dell. Ya, setelah sebelumnya tidak jadi dibunuh oleh Maggie, Ma Petite akhirnya tewas di tangan Dell, dan mayatnya pun dijual oleh Stanley ke American Morbidity Museum. Ma Petite jelas salah satu karakter paling "polos" selain Pepper, dan bukannya saya berpikiran kejam, tapi kematiannya berhasi memberikan kesan gila yang sudah lama hilang dari serial ini. Saya hanya bisa berharap itu bukan lagi tipuan seperti sebelumnya. Kegilaan macam ini yang saya rindukan.

Keasyikan lain dari episode ini adalah saat Amazon Eve mendapat kesempatan untuk sedikit bersinar. Tidak ada eksplorasi karakter memang, tapi dia berksempatan menghajar Dell habis-habisan, dan itu adalah sebuah adegan menyenangkan, bahkan terasa lucu. Salah satu momen buruk dalam episode ini adalah saat Jimmy menyanyikan lagu "Come As You Are" milik Nirvana. Tentu saja lagunya bagus, tapi Evan Peters bukan Jessica Lange yang sanggup menyajikan performa luar biasa diatas panggung. Kesan rock star yang coba ia bangun tidak terasa, dan adegan itu Adegan itu pun terasa kruang substansial dan terasa dimasukkan hanya untuk memenuhi kesukaan Ryan Murphy akan adegan musikal. Secara keseluruhan Test of Strength adalah episode yang memuaskan. Masih banyak kekurangan disana-sini, dan Freak Show terlihat masih belum tancap gas akan kegilaan seperti yang saya harapkan, tapi setidaknya sudah tidak lagi ada di gigi netral. AHS musim keempat ini telah mulai berjalan lagi meski baru secara perlahan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar