AMERICAN HORROR STORY: FREAK SHOW (EPISODE 10)

Tidak ada komentar
Akhirnya momen yang dinantikan tiba, sebuah episode yang semakin memperjelas koneksi antar tiap musim American Horror Story. Dalam Orphans yang juga merupakan episode terakhir AHS tahun ini sebelum rehat selama tiga minggu, kita akan melihat kembalinya Sister Mary Eunice, karakter dari musim kedua AHS, Asylum. Tapi fokus utama dari episode ini bukanlah kembalinya Mary Eunice, tapi pada Pepper. Kita akan mempelajari lebih banyak tentang latar belakangnya, dan bagaimana dia bisa berakhir di Briarcliff, sesuatu yang di musim kedua hanya dituturkan secara sekilas. Cerita langsung dibuka dengan kematian satu lagi freaks, yaitu Salty yang tidak lain adalah suami Pepper. Tidak seperti Ma Petite ataupun Ethel, Salty meninggal secara natural karena pada dasarnya kebanyakan Pinhead tidak bisa bertahan hidup lebih dari usia 40 tahun. Tentu saja hal itu mengakibatkan kesedihan luar biasa pada Pepper yang membuat Elsa begitu mengkhawatirkannya. Ya, disinilah kita benar-benar diperlihatkan sisi lain Elsa yang selama ini sudah disiratkan tapi baru benar-benar nampak nyata disini.

Elsa yang kental disini bukanlah Elsa yang ambisius dan kejam, tapi Elsa yang penyayang dan benar-benar tulus mencintai "monster" miliknya. Hal itulah yang membuat Elsa memutuskan membawa Pepper pulang kerumah kakaknya, supaya ia tidak lagi terpendam dalam kesedihan (jika anda tahu alasan Pepper masuk ke Briarcliff yang sempat ia tuturkan di Asylum, anda akan tahu kearah mana ceritanya bakal berjalan). Disisi lain ada kisah tentang Maggie yang (secara menggelikan) mengambil jalan yang sama dengan Jimmy untuk melampiaskan kesedihan, yaitu mabuk-mabukan. Disinilah bentuk kurang kreatifnya para penulis AHS terasa, yakni saat seorang karakternya terpendam dalam kesedihan mereka akan mabuk-mabukan sendirian di malam hari. Tentu saja itu sangat rasional, tapi semakin terasa repetitif dan membosankan setelah diulang berkali-kali. Tapi untungnya Maggie punya momen yang tidak hanya "itu" saja, karena disinilah ia untuk pertama kali menceritakan rahasianya dengan Stanley kepada Desiree. Stanley sendiri mulai menjalankan aksinya untuk mendekati Jimmy yang masih mendekam di penjara.
Orphans hampir tidak memiliki momen horror dengan absennya Dandy. Praktis adegan yang mendekati horror adalah saat Stanley memenggal mayat Salty dan pemfitnahan kepada Pepper, dimana kedua adegan itu pun hanya punya dosis horror amat rendah. Biasanya saya merasa kurang puas saat mendapai episode AHS yang semacam ini, karena memang pengemasan drama dari serial ini kurang begitu baik. Tapi tidak begitu dengan Orphans. Drama yang muncul terasa cukup mengena meski mayoritas berhasil karena performa Naomi Grossman sebagai Pepper. Momen demi momen saat Pepper meluapkan kesedihannya atas kematian sang suami terasa begitu emosional. Naomi Grossman sukses menghadirkan salah satu performa terbaik sepanjang pemutaran American Horror Story, menandingi apa yang selama ini diperlihatkan Jessica Lange. Episode ini memang episode-nya Pepper, sehingga aspek cerita lain dalam Freak Show hampir tidak tersentuh sama sekali. Disatu sisi ini positif karena kisah Pepper dieksekusi dengan baik, tapi disisi lain juga mengkhawatirkan karena musim keempat ini tinggal menyisakan tiga episode untuk menyelesaikan semua kisahnya.

Tentu saya yakin pada akhirnya konklusi yang akan dihadirkan oleh Freak Show bakal terasa dipaksakan atau terburu-buru. Kini masalah yang harus diselesaikan oleh para penulisnya adalah bagaimana menghantarkan serial ini pada momen pamungkas yang memikat dengan deretan cerita yang sesungguhnya tidak terlalu kuat, kecuali jika lagi-lagi mereka melemparkan satu per satu momen random untuk mengisi konklusinya. Saya pun amat mengantisipasi akan sejauh apa lagi kaitan antara Asylum dan Freak Show (bahkan mungkin Coven dan Murder House) dieksplorasi. Jangan sampai musim keempat ini berakhir sebagai hanya sekedar penyambung jembatan koneksi semua musimnya, tapi saya juga berharap berbagai koneksi itu diperlihatkan lagi. Selain itu sebuah twist di akhir tentang Elsa memberikan sebuah tease bahwa akan ada hal mengejutkan yang terjadi antara selang waktu paruh awal episode ini (saat Pepper masih di freak show) sampai akhir episode (saat Pepper telah berada di Briarcliff)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar