MY 20 FAVORITE HORROR FILMS FOR YOUR HALLOWEEN MOVIE NIGHT CONSIDERATION

2 komentar
Ini bukan daftar film horor terbaik sepanjang masa. Terlalu banyak klasik yang belum saya tonton macam Living Dead Franchise-nya George Romero, berbagai body horror David Cronenberg, karya-karya Dario Argento (DVD Suspiria dan Night of the Living Dead saya berhenti di tengah jalan dan belum sempat melanjutkan), dan masih banyak lagi. Kedua puluh judul di bawah adalah film horor favorit saya sejauh ini, yang saya rangkum sebagai rekomendasi tontonan untuk Halloween yang sekitar seminggu lagi akan tiba. Daftar ini saya susun berdasarkan urut alfabet.

1. A SERBIAN FILM (2010)
Mungkin  A Serbian Film bukan film paling sinting yang pernah ada, tapi cukup untuk menghadirkan shock value. Tak usah memikirkan apa benar kisahnya merupakan kritikan terhadap para pemegang kekuasaan. Nikmati saja parade kegilaan yang dikemas dengan aspek teknis mumpuni.

2. ERASERHEAD (1977)
Debut David Lynch ini adalah definisi sempurna dari "mimpi buruk". Dipenuhi surreal imagery yang entah dapat dipahami maknanya atau tidak namun tetap meninggalkan kesan disturbing. Kebingungan pasti akan hadir, tapi begitu pula kengerian.

3. EVIL DEAD II (1987)
Kenapa bukan film pertama? Mudah saja, karena disinilah Ash Williams menjadi badass antihero yang dicintai semua orang. Mengandalkan gore dan zombie dengan make-up murah namun mengerikan sebagai kesenangan utama. 

4. GROTESQUE (2009)
Lupakan Saw dan Hostel, karena film karya Koji Shiraishi ini adalah torture porn yang jauh lebih sinting di semua lini. Kesadisan jauh lebih tinggi, darah dan potongan tubuh berhamburan pun jauh lebih banyak. Mementingkan sadisme over-the-top daripada cerita, Grotesque akan membuat malam Halloween anda memuaskan penuh teriakan.....bahkan muntahan.

5. HALLOWEEN (1978)
Tidak lengkap membuat list film untuk Halloween tanpa film ini. Tapi bukan itu semata-mata alasan saya memasukkan karya John Carpenter ini. Jauh sebelum Michael Myers hanya menusukkan pisau tiap kemunculannya, ia adalah boogeyman yang diam-diam menebar rasa takut secara pelan tapi pasti. It's more psychological horror than pure slasher, but definitely scary.


6. I SAW THE DEVIL (2010)
Elemen gore masih mendominasi, tapi ketegangan tidak lupa dibangun oleh Kim Ji-woon. Bahkan drama emosional pun turut mengiringi film bertemakan balas dendam ini. Saat kedua monster akhirnya saling bertarung adalah puncaknya. 

7. KERAMAT (2009)
Masih menjadi film horor Indonesia favorit saya, bahkan melebihi Jelangkung sekalipun. Pembangunan atmosfernya sempurna, begitu pula penampakan hantu yang tidak asal. Kemunculan pocong itu masih jadi momen yang tidak berani saya lihat lagi sendirian. Tidak usah mempermasalahkan plot yang kadang tak masuk akal. Kepuasan horor ada di rasa takutnya.

8. MARTYRS (2008)
Film asal Prancis ini telah di-remake oleh Hollywood dan bakal tayang tahun ini. Berpadu dengan cerita mengenai para cult, film ini akan meninggalkan kesan tidak nyaman apalagi dari ending sequence-nya.

9. MEN BEHIND THE SUN (1988)
Seperti A Serbian Film, ini adalah film yang dibuat hanya untuk eksploitasi kekerasan namun bersembunyi dibalik kedok kritik sosial. Filmnya hanya berisikan eksperimen gila tidak manusiawi terhadap manusia yang akan mengaduk-aduk isi perut penonton.

10. THE CURSE (2005)
Satu lagi karya Koji Shiraishi. Disaat banyak found footage masa kini tidak mempedulikan cerita sehingga momen awal sebelum teror dimulai terasa membosankan ("Paranormal Activity" for perfect example) The Curse punya misteri yang kompleks dan menarik. Belum lagi pemaksimalan teknik found footage untuk teror yang terasa nyata.

11. PSYCHO (1960)
Hampir semua orang sudah tahu twist film ini bahkan sebelum menonton filmnya. Tapi itu bukan hal terpenting, karena Hitchcock sang master of suspense memperlihatkan cara membangun ketegangan tingkat tinggi meski hanya melalui momen sederhana seperti ditilang oleh polisi.

12. REC (2007)
Atmosfer dengan memanfaatkan setting gelap dan scare jump yang ditawarkan sempurna. Bukan sekedar "asal lempar" namun memperhatikan timing secara tepat. Film ini punya salah satu scare jump terbaik yang pernah saya tonton.

13. RING (1998)
Versi remake dari Gore Verbinski tidaklah buruk, tapi versi original tetap jauh lebih baik. Inilah film disaat Sadako masih jadi hantu menyeramkan dan bukan sumber olok-olok berbagai meme. Penampakan mata di akhir itu membuat saya berteriak kencang.

14. SHAUN OF THE DEAD (2004)
Bukti bahwa horor dan komedi bisa disatukan. Edgar Wright sukses memberikan kengerian zombie apocalypse yang brutal dengan komedi lucu yang saling bergantian mengisi. Bahkan disaat kedua hal ini hadir bersamaan pun efeknya sama-sama maksimal.

15. THE CABIN IN THE WOODS (2012)
Menyulap premis usang tentang kabin di tengah hutan menjadi surat cinta bagi genre horor. Cukup mengerikan, tapi kepuasan terbesar ada pada unsur meta terlebih saat puluhan sosok ikonik dunia horor menyebar kegilaan berdarah. Mencari siapa saja monster yang muncul disini akan menjadi kesenangan tiada akhir.

16. THE FOG (1980)
John Carpenter di masa jayanya selalu menghadirkan horor atmosferik mengerikan lengkap dengan scoring ikonik, tidak terkecuali film ini. Kengerian dibangun perlahan tapi merambat secara pasti layaknya kabut yang mendekat di filmnya. Antisipasi kita pun diubah menjadi ketegangan.

17. THE CONJURING (2013)
Instant classic dan karya terbaik James Wan. Lupakan Insidious, karena The Conjuring adalah bentuk sempurna bagaimana menyajikan scare jump yang tidak murahan. Lihat saja adegan "tepuk tangan" itu. Bukti kejeniusan James Wan yang begitu bangsat!

18. THE EXORCIST (1973)
The best horror movie of all time? Boleh jadi. Bukan saja kengerian yang mayoritas dibangun oleh akting (plus make-up) Linda Blair, tapi jika anda ingin menyaksikan horor dengan penceritaan mumpuni, cobalah film ini. Drama tentang agama dijadikan pondasi kuat oleh naskahnya.

19. TRICK 'R TREAT (2007)
Inilah antologi horor terbaik yang pernah saya tonton. Tiap segmen punya daya teror yang sama mengerikannya, dengan konsep kreatif plus twist efektif. Setting malam Halloween makin membuat film ini sempurna berada dalam daftar.

20. UNFRIENDED (2014)
Rilisan terbaru di daftar ini yang dengan cepat membuat saya jatuh cinta dan pastinya ketakutan. Saya bisa saja merekomendasikan klasik macam Nosferatu atau Frankenstein, tapi untuk penonton modern, tidak ada teror yang lebih sesuai dibandingkan Unfriended

2 komentar :

Comment Page:
Alvi Fadhollah mengatakan...

Wah, Scream gak ada bang? horor paling favorit saya itu soalnya horor pertama kali ditonton ya film scream :D
penasaran sama unfriended

Rasyidharry mengatakan...

Nyaris. Nah, kalo daftarnya dibanyakin jadi 25 baru masuk tuh Scream