ALLIED (2016)

1 komentar
Apa yang terjadi bila Robert Zemeckis, sutradara dengan kegemarannya memanfaatkan teknologi diharuskan menggarap film bermuatan cerita old-school ditambah tribute kental bagi klasik macam "Cassablanca"? "Allied" adalah jawabannya. Naskahnya mengandung formula lawas percintaan berbalut espionage dengan setting Perang Dunia II, sementara visualnya berhiaskan CGI modern nan mempesona. Bahkan sedari adegan pembuka saat kita menantikan Max Vatan (Brad Pitt) mendarat di gurun pasir Maroko memakai parasut, atensi telah berhasil direnggut, meniadakan niatan berpaling dari layar. 

Max merupakan intelijen Kanada yang tengah mendapat misi rahasia untuk mengeksekusi salah satu anggota Nazi. Misi tersebut mengharuskannya bekerja bersama anggota pemberontak Prancis, Marianne Beausejour (Marion Cotillard), di mana keduanya berpura-pura sebagai pasangan suami istri. Tentu saja mereka jatuh cinta meski sama-sama mengetahui romansa antara agen takkan berjalan bahagia. Bangunan awal hubungan keduanya cukup menarik lewat kemesraan palsu demi menciptakan kesan pada publik  serta desing peluru  walau timbulnya benih asmara agak terburu-buru. Ajakan menikah Max pasca sekali berhubungan seks di tengah badai pasir layak diperdebatkan. 
Memasuki paruh kedua tatkala seharusnya kisah cinta Max dan Marianne diperdalam, naskah garapan Steven Knight mengubah arah. Bagai menerapkan formula "Hitchcockian", memunculkan twist di pertengahan, menggiring "Allied" ke ranah misteri. Setahun setelah memiliki anak dan hidup bahagia di London, timbul kecurigaan bahwa Marianne adalah mata-mata Nazi. Max yang menolak percaya berinisiatif melakukan penyelidikan rahasia yang turut membuat penonton ikut menduga-duga, "benarkah itu?". Proses Max mencari kebenaran jadi perjalanan menarik berkat pertanyaan tersebut serta kepiawaian Zemeckis merangkai set-piece, termasuk prison break sequence eksplosif yang walau out-of-place tak bisa dipungkiri punya kadar hiburan tinggi.

Sayang, pergantian fokus ini justru melucuti dinamika romansanya sewaktu Max dan Marianne semakin jarang tampil bersama. Saat semestinya kehangatan hubungan diperdalam demi dampak emosional, filmnya justru memisahkan mereka. Knight pun kurang mampu membangun interaksi "hidup", alhasil romansanya terasa humorless sekaligus dingin, sedingin chemistry Brad Pitt dan Marion Cotillard. Keduanya tidak buruk khususnya Cotillard yang di tengah hambarnya naskah mampu menyuntikkan emosi dalam cerita bersenjatakan ekspresi penuh kekayaan rasa, termasuk menambah kekuatan konklusi. 
"Allied" tidak sepenuhnya menjadi sajian old-school dari zaman modern karena pengaruh tata bahasa (less-poetic dan memiliki "F-word"), unsur seksual yang lebih "liar", serta sentuhan teknologi dengan highlight pada adegan serbuan udara yang memperlihatkan langit dihiasi cahaya peluru dan bom bagai kembang api di malam hari sebelum ditutup oleh momen mencekam jatuhnya sebuah pesawat. Cukup menguatkan kesan lawas yakni keberadaan tribute bagi "Cassablanca" berupa beberapa aspek dalam kisahnya, setting lokasi, sampai kostum Brad Pitt di awal yang mengingatkan pada setelan putih Humphrey Bogart. 

Dalam suguhan kisah cinta klasik Hollywood, filmnya cenderung melankolis, dramatis, tak ragu menangani momen romantis secara hiperbolis. Seringkali kamera diposisikan close-up agar ekspresi pemain tertangkap seutuhnya, memudahkan transfer rasa pada penonton. Hal itulah yang tidak dimiliki "Allied" sewaktu Zemeckis bak lebih mementingkan elegansi ketimbang curahan emosi. Untungnya sang sutradara paham betul peran sinema selaku escapism, sehingga filmnya tetap berakhir sebagai hiburan menyenangkan.

1 komentar :

  1. Film drama yang bagus!!menurutku film dengan cerita yang bagus apabila sang sutradara berhasil membuat kita sbg penonton,bisa bersimpati kepada tokoh di film itu. Dan saya dibuat berhasil untuk bersimpati pada kehidupan mereka.

    Menurutku chemistry brad dan marion dapet disni. Kita dikasih twist ditengah2 crita dan dibuat bertanya2 sampai ending. Apakah brad hanya dipermainkan pemerintah inggris?dipermainkan wanita tersebut?atau wanita tersebut ternyata...

    Marion menurutku di film ini aktingnya lebih bagus dr bradpit.
    7.5/10.0

    BalasHapus