GINTAMA 2: RULES ARE MADE TO BE BROKEN (2018)

2 komentar
Gintama 2: Rules Are Made to Be Broken merupakan usaha menciptakan konsistensi yang justru menghasilkan repetisi berbuah stagnansi. Masih disutradarai serta ditulis naskahnya oleh Yuichi Fukuda, sekuel yang sempat 2 minggu merajai Box Office Jepang ini punya segala pola film pertama, yang juga ciri khas sumber adaptasinya, manga Gin Tama karya Hideaki Sorachi. Bahkan caranya membuka cerita pun sama, yakni memakai lelucon meta di mana lambang Warner Bros. Pictures muncul berulang kali. Saya tak merasa perlu menjelaskan detail formulanya. Cukup baca review film pertama di sini, sebab keduanya sama persis.

Tapi apakah filmnya menyenangkan? Sebenarnya ya, lumayan. Khususnya di aspek komedi yang tidak punya sense of timing. Fukuda melempar absurditas komikal hampir di tiap situasi yang memungkinkan, dengan seluruhnya dihantarkan pada volume tertinggi. Tidak ada komedi sederhana. Semua besar, konyol, berisik, dan tentunya bodoh. Efektivitasnya patut dipertanyakan, namun tiap kali melibatkan pertemuan Gintoki (Shun Oguri), Shinpachi (Masaki Suda), dan Kagura (Kanna Hashimoto) dengan Tokugawa Shige Shige alias Dai Shogun (Ryo Katsuji) yang kebetulan selalu menjadikan tempat ketiganya bekerja paruh waktu sebagai lahan “blusukan”, tawa berhasil dihasilkan.

Pada momen-momen tersebut, kalau anda termasuk golongan awam seperti saya alias belum mencicipi materi asalnya, entah manga atau anime, anda bakal menemukan beberapa humor tampil dengan kreativitas tinggi yang mengejutkan. Beberapa reference jokes masih tersempil, tapi kadarnya bersahabat, takkan membuat penonton umum kebingungan. Setidaknya anda pasti mengenal My Neighbor Totoro, juga Shoplifters karya Hirokazu Kore-eda jika termasuk penggemar film.

Serupa pendahulunya, butuh waktu hingga filmnya memasuki kisah utama, setelah mengisi 30 menit pertama dengan banyolan sketsa demi sketsa. Ironisnya, begitu konflik besar mulai dipresentasikan, filmnya terjun bebas. Rupanya kreativitas Fukuda dalam merangkai alur tak setinggi kala berkomedi. Kisahnya bertutur mengenai kembalinya Ito (Haruma Miura), anggota Shinsengumi handal yang berencana mengambil tahta kepemimpinan dari Kondo (Kankuro Nakamura). Rencananya melibatkan penanaman implan dalam tubuh Hijikata (Yuya Yagira), si wakil ketua, membuatnya bertingkah bak otaku. Elemen satu ini aneh, tapi sisanya tak lebih dari cerita perebutan kekuasaan klise yang melibatkan konspirasi dan pengkhianatan.

Disandingkan dengan film pertama, alurnya tampak inferior dengan kegagalan memanfaatkan dunia unik miliknya, yang memasuki film kedua, semakin terlihat biasa. Benar bahwa alien berjalan di sudut-sudut Edo, pula masyarakatnya menonton televisi, tapi segala pernak-pernik tersebut urung memberi pengaruh kepada konfliknya. Penulisan Fukuda terhadap elemen yang lebih serius pun datar bagai kekurangan energi. Kita mendengar tokoh-tokohnya bicara soal konspirasi politik dengan cara serta pilihan kata membosankan. Pun selipan unsur dramatik jelang akhir gagal menggaet emosi akibat terkesan hadir tiba-tiba. Tiba-tiba kita diajak mengharu biru setelah satu jam lebih dihajar kekonyolan-kekonyolan.

Fukuda selaku penulis naskah memang lemah, untungnya selaku sutradara, ia mampu unjuk kebolehan, termasuk kepiawaiannya merangkai sekuen aksi, yang meski tak seberapa intens, sanggup tampak keren dan dibarengi pula oleh musik tak kalah keren buatan Eishi Segawa. Pergerakan kameranya dinamis sebagaimana mestinya versi live action dari manga dibuat guna menangkap aksi baku hantam hiperbolis karakternya. Sekuen aksi klimaksnya berpindah mulus dari satu pertempuran ke pertempuran lain yang terjadi beriringan di beragam lokasi. Dan akhirnya, Gintoki sang protagonis mendapat kesempatan unjuk gigi setelah menghabiskan mayoritas durasi sebagai figur komedik yang tak mempengaruhi cerita utama.

Ya, film ini terhindar dari status borefest, dan kemungkinan bakal memuaskan para penggemar walau belum layak disebut “bagus”, khususnya karena hanya mengulangi formula film pertama dengan hasil lebih lemah. Mengusung sub-judul Rules Are Made to Be Broken, Gintama 2 justru tak cukup berani mendobrak aturan naratif.

2 komentar :

Comment Page:
SALEMBAY mengatakan...

Apakah ada indikasi film ketiga bang disini..?

Rasyidharry mengatakan...

Materi ceritanya masih banyak banget & sejauh ini lumayan sukses di box office, jadi ya, kemungkinan ada.