THE 20 BEST FILMS OF 2020

10 komentar

Ah, 2020. What a shitty year. Tahun yang mengacaukan industri perfilman. Tahun yang membuat deretan tentpole movie milik Hollywood sekalipun bertekuk lutut. Beberapa memundurkan jadwal tayang bahkan hingga setahun, sisanya memilih beralih ke layanan streaming. Opsi kedua berpengaruh besar mengubah wajah industri. Pertanyaan pra-rilis bukan lagi “Bakal seberapa tinggi pendapatan?” atau “Apakah ada rekor yang berhasil pecah?”, melainkan “Bakal dirilis secara teatrikal atau streaming?”.

Otomatis, daftar ini pun didominasi oleh film dari layanan streaming. Hanya tiga dari total 20 judul yang saya saksikan di layar lebar (satu di antaranya sebelum pandemi memuncak). Beberapa juga berasal dari festival, yang terpaksa mengubah gelarannya secara daring. Mari berharap 2021 berjalan dengan lebih baik. Biar bagaimana, pengalaman magis menonton film di bioskop takkan tergantikan.

Berikut adalah “20 Film Terbaik 2020” pilihan Movfreak. Sebagai catatan, beberapa judul di bawah sudah tayang di beberapa tempat pada 2019, namun baru rilis di bioskop Indonesia, layanan streaming, atau festival pada 2020.

20) WONDER WOMAN 1984

Persetan dengan para SJW bitter yang mencari-cari celah untuk mencela. Penceritaannya memang bloated, tapi menyaksikan Wonder Woman 1984 di bioskop bak obat rindu bagi pengalaman sinematik. (Available on HBO MAX)

19) JALLIKATTU

Bahkan sampai detik ini saya masih terbayang oleh shot-shot menghantui dari perwakilan India di ajang Academy Awards 2021 ini. Bagaimana amukan seekor kerbau bisa disulap jadi tontonan intens sekaligus kritik sosial tajam, jelas sebuah pencapaian. (Available on PRIME VIDEO)

18) THE VAST OF NIGHT

Mengingatkan pada episode-episode The Twilight Zone, The Vast of Night merupakan suguhan fiksi-ilmiah berskala kecil, namun mengandung ketegangan tingkat tinggi, pula misteri yang menggaet atensi. (Available on PRIME VIDEO)

17) CLOUDS

Sebuah tearjerker sederhana yang bukan cuma mengeksploitasi penyakit dan penderitaan, namun menghembuskan harapan. Lagu-lagunya pun emosional. (Available on DISNEY+ HOTSTAR)

16) BORAT SUBSEQUENT MOVIEFILM

Lucu, gila, tajam, berani. Seperti film pertama, Borat Subsequent Moviefilm masih akan membuat penontonnya bertanya-tanya, “Bagaimana mereka melakukan itu? Apakah itu rekayasa?? Atau sungguhan???”. (Available on PRIME VIDEO)

15) ANOTHER ROUND

Memberikan twist untuk formula mengenai distant dad/husband dan drama seputar alkoholisme, Another Round punya dinamika emosi bak menaiki roller coaster. (Available on iTUNES)

14) JOHN DENVER TRENDING

Sentilan pedas nan tragis terhadap kultur internet, khususnya media sosial. Sebuah film yang akan membuat anda geram sepanjang durasi.

13) ON THE ROCKS

Sofia Coppola mengkritik tanpa kebencian, memberi perspektif hopeful soal cinta, yang tak menutup mata atas realita terkait seksisme para pria. Orientasinya adalah kebahagiaan. (Available on APPLE TV+)

12) GET DUKED!

Get Duked! secara mengejutkan adalah komedi terlucu yang saya tonton sepanjang tahun lalu. Humornya beragam, dari satir hasil kesulitan komunikasi antar individu beda kelas, sampai kebodohan ekstrim jajaran tokohnya. (Available on PRIME VIDEO)

11) THE TRIAL OF THE CHICAGO 7

Menandai upaya Sorkin melahirkan karya yang lebih bersahabat bagi kalangan penonton di luar penggemarnya, tanpa harus kehilangan sentuhan khas. The Trial of the Chicago 7 pun memiliki relevansi tinggi untuk kondisi sekarang. (Available on NETFLIX)

10) BILL & TED FACE THE MUSIC

Petualangannya adalah hiburan tinggi sarat kreativitas, tapi euforia musikal di klimaks yang mampu memancing tetesan air mata itulah alasan saya menempatkan film ini di posisi 10 besar. (Available on KLIK FILM)

9) DEMON SLAYER: KIMETSU NO YAIBA THE MOVIE: MUGEN TRAIN

Melanjutkan pencapaian serialnya, film ini menyajikan parade keindahan visual yang dibarengi dengan cerita yang akan membuat masker penontonnya basah kuyup. Tidak sabar menunggu musim kedua!

8) 1917

Di luar prestasi teknis luar biasanya, 1917 juga drama kemanusiaan berlatar peperangan tanpa secara gamblang menyatakan itu. Ketimbang tentang menghilangkan nyawa, ini adalah tentang menyelamatkan nyawa. (Available on HBO GO)

7) THAPPAD

Thappad melawan patriarki bukan lewat tontonan sarat amarah atau dendam, melainkan kisah humanis yang didasari cinta dan kepedulian. Satu lagi bukti kehebatan sineas India merangkai isu sosial tajam yang bisa dinikmati seluruh kalangan. (Available on PRIME VIDEO)

6) DICK JOHNSON IS DEAD

Sutradara Kirsten Johnson membahas perihal mortalitas secara menggelitik namun juga penuh hati, dalam salah satu dokumenter paling orisinal dalam beberapa waktu terakhir. (Available on NETFLIX)

5) SOUND OF METAL

Selain akting Riz Ahmed, tentu saja kelebihan terbesar Sound of Metal adalah terkait pemanfaatan tata suara sebagai media penyaluran emosi, memperlihatkan sejauh mana film, sebagai media audiovisual, mampu dikemas. (Available on PRIME VIDEO)

4) SOUL

Soul adalah soal keindahan. Keindahan yang efektif mengaduk-aduk emosi penonton, melalui kualitas artistik, juga penceritaan yang mengambil perspektif berbeda dalam memandang kehidupan. (Available on DISNEY+ HOTSTAR)

3) A SUN

Drama keluarga epik mengenai naik-turun nasib manusia. Penuh cobaan, bahkan tragedi, namun tak membiarkan penonton sepenuhnya tenggelam dalam jurang depresi dan kegelapan. (Available on NETFLIX)

2) THE ASSISTANT

The Assistant minim (dan bukan) dramatisasi, bukan pula harapan mengenai dunia ideal, melainkan jendela realita. Jendela yang mengajak penonton mengintip kenyataan pahit nan menjijikkan terkait persoalan gender di dunia kerja. (Available on HULU)

1) PORTRAIT OF A LADY ON FIRE

Tatapan pria (male gaze) membunuh. Pada konteks dunia nyata, tatapan pria kerap menghancurkan hidup wanita. Pada konteks film, tatapan pria kerap berujung keputusan-keputusan artistik beraroma seksis. Persoalan tatapan ini yang disoroti Portrait of a Lady on Fire, salah satu romansa paling powerful, indah, nan emosional dalam beberapa tahun terakhir. Semua karena film ini dibuat menggunakan tatapan wanita. (Available on HULU)

10 komentar :

Comment Page:
Chan hadinata mengatakan...

Banyak yg belum di review satu persaru yah mas acid??

citra mengatakan...

udah kok semuanya di review kecuali film jallikatu.minta reviewnya dong kak dikit aja.tapi sumpah gak nyangka film potrait of lady on fire no 1 nya.lumayan susah ditebak karena gak ada film yang masuk kategori "luar biasa" lagipula kan kakak bilang sempet bermasalah dgn bagian akhir filmya,terus film uncut gems kenapa gak masuk.

susan mengatakan...

Belum nnton promising young woman dan nomadland kah? Atau memang ga masuk dalam list?hmmm

Crooked Face mengatakan...

Nomadland?

Rasyidharry mengatakan...

Semua udah di-Review kok. Blusukan aja ntar nemu 😁

Uncut Gems biarpun masih suka, makin ke sini makin berkurang kesannya

Rasyidharry mengatakan...

Belum nonton karena belum rilis di streaming legal

Unknown mengatakan...

Kukira the devil all the time bakal masuk top 20

Aigun mengatakan...

Om serial terbaik ny dong,aku jagoin queen gambit sama alice in border land,awal thun netflix ud nampol lagi nih lewat lupin,2021 klo liat gelagat awal malah gw makin pesimis om sm nasib bioskop,streaming akan berkuasa pada waktu nya

Rasyidharry mengatakan...

Nggak nonton serial, cuman nonton drakor 😁

Anonim mengatakan...

Da 5 bloods, Nomadland, The Invisible Man, Mank, Soul