BROKEBACK MOUNTAIN (2005)

1 komentar

Kalo mendengar kata "Cowboy" apa yang kita pikirkan? Pastinya sosok lelaki bertopi yang jago berkuda, menembak, rodeo, atau jago lasso. Dan yang jelas sosok cowboy pastinya adalah sosok yang macho, jantan dan liar. Tapi bagaimana kalo karakter cowboy justru digambarkan sebagai gay alias homoseksual? Disinilah keunikan film yang diangkat dari sebuah cerita pendek ini berada. Disutradarai oleh Ang Lee, seorang sutradara asal Cina yang udah jadi langganan Oscar dan Golden Globe, pastinya film ini gak menjadi sebuah film gay biasa saja. Didukung juga oleh cast yang mumpuni. Duo pemeran utamanya adalah Heath Ledger dan Jake Gyllenhaal. Dan ada Anne Hathaway sebagai aktris di film ini.

Film ini berkisah tentang dua orang cowboy, Ennis del Mar (Heath Ledger) dan Jack Twist (Jake Gyllenhaal) yang bekerja bersama menggembala domba. Keduanya otomatis harus hidup bersama selama musim panas itu untuk bekerja. Ternyata lama kelamaan timbul perasaan lain dalam hati mereka. Hingga suatu malam mereka bercinta dan mulai saat itu mereka menjadi sepasang kekasih gay. Hubungan itu membuat kerjaan mereka gak beres. Banyak domba yang mati, sehingga mereka harus berpisah dan kembali pada kehidupan lamanya. Ennis menikahi tunangannya, Alma Beers. Dan Jack kembali menjadi seorang rodeo dan menikah dengan Lureen Newsome (Anne Hathaway).


Ennis mempunyai 2 anak perempuan, dan Jack mempunyai satu anak laki-laki. Sampe mereka kembali bertemu suatu hari dan menjalin hubungan lagi. Apakah keduanya akan kembali pada istri masing-masing ato malah memilih melanjutkan hubungan terlarang itu?

Akting duo Heath dan Jake emang brilian. Keduanya dapet nominasi aktor utama (Heath) dan aktor pendukung (Jake) terbaik di academy awards 2006. Keduanya sukses memperlihatkan hubungan sepasang gay yang saling mencintai. Bayangkan kalo The Joker dan Pangeran Persia saling berpacaran. Sutradara Ang Lee sendiri berhasil memenangkan Best Director di Academy Awards & Golden Globe.
Saya sendiri pada dasarnya sering merasa jijik melihat film yang bertema gay. Tapi biasanya film macam itu mempunyai drama yang kuat . Film ini sebenernya punya drama yang cukup bagus, tapi menurut saya kadang agak terasa bosan. Mungkin dikarenakan gak ada bumbu lain di konfliknya selain hubungan sesama jenis. Beda dengan Milk yang selain memperlihatkan konflik gay juga memasukkan unsur konspirasi politik didalamnya.

RATING:

1 komentar :

Comment Page:
Anonim mengatakan...

ini film yang masuk dalam list romance hollywood terbaik saya. kita jangan liat faktor gay-nya. ini salah satu film terbaik heath ledger.
list filmromance terbaik saya:
1. when harry met sally
2. 500day of summer
3. love actually
4. brockback mountain
5. before sunset & before sunrise