MEMENTO (2000)

3 komentar
Saya pertama kali mengenal Nolan jujur baru pada film The Dark Knight. Sebuah film yang saya akui sebagai film superhero terbaik sepanjang masa. Saya yang pada saat batman begins rilis belum tertarik dengan film, setelah nonton TDK jadi tertarik melihat prekuelnya itu. Dan walopun gak sehebat sekuelnya, Batman begins tetep menghadirkan cerita yang bagus. Kemudian "perkenalan" saya dengan Nolan berlanjut sewaktu bapak saya minjem sebuah DVD berjudul Insomnia. Wow! Keren tuh film. Pas ngecek nama sutradaranya, ternyata dia adalah orang yang ngebikin 2 film Batman tadi. Dan tahun ini saya dipertontonkan sebuah film sci-fi luarbiasa berjudul Inception yang dibikin Nolan. Saya jadi makin yakin kalo sutradara satu ini emang jenius. Tapi kata orang, film Nolan yang berjudul Memento gak kalah dari Inception. Baik dari segi kualitas atopun kerumitan ceritanya. So, saya putuskan menonton film yang rilis tahun 2000 itu.

Inti cerita ini adalah tentang seorang pria bernama Leonard Shelby, seorang penderita Short Term Memory Loss sehingga dia gak bisa mengingat hal yang baru saja dia lakukan setelah kurang lebih beberapa menit. Penyakit itu dia dapet sewaktu rumahnya dimasuki orang tidak dikenal yang membunuh & memperkosa istrinya. Sang penyusup menyerang kepala Leonard sehingga dia menderita tuh penyakit. Kematian sang istri membuatnya bertekad mencari si pembunuh.
Tapi penyakitnya membuatnya tidak bisa melakukan itu dengan mudah. Maka untuk membantu mengingat hal, dia membuat tato tulisan di badannya, dan membawa kamera polaroid untuk memotret hal atau orang yang dia temui supaya bisa tetep inget.

Sinopsis film ini emang gak bisa diperpanjang. Karena bisa menyebabkan spoiler. Anda bingung sewaktu nonton Inception? Niscaya nonton Memento akan lebih bingung. Sepanjang film kita diajak berpikir mengenai fakta sebenernya yang tersembunyi dibalik kematian istri Leonard. Film ini sendiri plot penceritaannya adalah backward alias mundur. Sehingga akhir film ini diceritakan diawal. Jadi jangan pernah mengalihkan pandangan, karena hal itu berpotensi pada ketidakpahaman akan kelanjutan cerita. Tapi dibalik kerumitannya, nih film emang luarbiasa. Nolan membuktikan dia emang jenius karena tiap filmnya selalu mengangkat ide yang gak diperkirakan orang. Film ini beneran menampilkan ketegangan dan teka-teki yang sangat menarik. Setiap adegannya selalu membuat pertanyaan baru sekaligus memberi jawaban atas pertanyaan sebelumnya. Gak salah kalo menyebut film ini sebagi salah satu film terbaik yang pernah dibuat. Buat yang doyan mikir dan misteri ini film yang sangat tepat.

3 komentar :

Comment Page:
Anonim mengatakan...

nihh film memento buat otak jungkir balik

Ngurah Awidya mengatakan...

bener broo.. tp top banget..

canda Raven mengatakan...

Bikin gila film nya,, haha