REVIEW - CHALLENGERS

21 komentar

Melalui Challengers, Luca Guadagnino (Call Me by Your Name, Suspiria) mengubah materi yang biasanya identik dengan opera sabun murahan menjadi observasi tentang dorongan hasrat manusia, yang tampil cerdas, intens, indah, dan di luar dugaan, amat sangat seksi. 

Art Donaldson (Mike Faist) dan Patrick Zweig (Josh O'Connor) bukan cuma sahabat sejak kecil, pula pasangan ganda tenis yang berprestasi. Keduanya pun tertarik pada orang yang sama, yakni Tashi Duncan (Zendaya), yang digadang-gadang sebagai calon bintang tenis masa depan. Sebelum pertandingan final yang mempertemukan Art dengan Patrick, Tashi berjanji bakal memberi nomornya pada siapa pun yang keluar sebagai pemenang. 

Cinta segitiga penuh pengkhianatan membentang selama belasan tahun hingga meruntuhkan persahabatan dua laki-laki. Ide dasar Challengers memang "sangat opera sabun". Tapi di sinilah kita melihat bagaimana seniman hebat dapat menyuntikkan warna mereka guna mengubah gagasan usang menjadi karya yang terasa segar. 

Agar penceritaannya lebih berbumbu, Justin Kuritzkes selaku penulis naskah memakai teknik non-linear, di mana tiap pengkhianatan adalah twist menusuk, dan isi hati manusia merupakan misteri yang lebih dalam dari samudera. Challengers menggiring penontonnya mempertanyakan apa yang masing-masing karakternya pikirkan, rasakan, serta sembunyikan di balik segala keputusan mereka. 

Satu hal yang jadi motor penggerak trio Tashi-Art-Patrick: hasrat. Apa yang kita saksikan selama kurang lebih 131 menit tidak lain adalah dinamika tiga manusia, yang sadar atau tidak, selalu mencari dorongan hasrat, mendambakan pacuan adrenalin, guna menjaga nyala api kehidupan mereka. Zendaya, Mike Faist, dan Josh O'Connor saling terkoneksi kuat, memendam geliat hasrat, kemudian meledakkannya di setiap kesempatan yang didapat. 

Kata "hasrat" adalah kunci. Di tangan Kuritzkes dan Guadagnino, "hasrat" yang sejatinya adalah dorongan bersifat universal dibawa ke pendefinisian yang kental sensualitas. Tapi siapa sangka lapangan tenis adalah panggung sempurna bagi pertukaran hasrat tersebut? 

Sebagaimana diucapkan Tashi, "Tenis adalah sebuah hubungan". Di Challengers, sewaktu dua individu mengayunkan raket dalam satu lapangan, saling memukul bola ke arah masing-masing seolah tengah mengomunikasikan perasaan sembari berpeluh berdua, saat itulah tercipta ikatan intens yang tak memerlukan bahasa verbal untuk saling memahami dan merasakan. 

Dibarengi beragam pilihan shot indah nan kreatif dari kamera sang sinematografer, Sayombhu Mukdeeprom, pula musik elektronik gubahan Trent Reznor dan Atticus Ross yang menghipnotis, Guadagnino menuangkan kenakalannya. Semua interaksi karakter tak pernah lepas dari aroma sensualitas yang menyengat sekaligus menegangkan, di mana setiap gestur maupun celotehan tersusun atas sexual innuendo. Begitu tiba di konklusi yang begitu nakal sekaligus playful, sulit rasanya menahan hasrat untuk melepaskan tawa penuh kekaguman. Brilian! 

21 komentar :

Comment Page:
Noe mengatakan...

Gw nnton d seat tengah jd berasa kena tampol bola tenisnya bang 😅 pulang2 nnton jg jd lgsg smangat olhrga smbil dngerin soundtracknya 🤩

Anonim mengatakan...

please jangan sensor dong ini film, kebiasaan deh kakak LSF

Anonim mengatakan...

Three Some Scene Terbaik Sepanjang Masa

Anonim mengatakan...

Luca Guadagnino spesialis Seksual Movie

Anonim mengatakan...

Irama Musiknya Bikin Konak Dih Keren

Anonim mengatakan...

Zendaya Hot Babes

Anonim mengatakan...

Kaos Uniqlo~nya Keren

Anonim mengatakan...

Alur Maju Mundur Yang Ciamik

Anonim mengatakan...

Endingnya Menggantung...

Anonim mengatakan...

Teriakan Zendaya di akhir film benar~benar klimax kepuasaan hebat

Anonim mengatakan...

film jelek horror banget, gue beri skor : 9/10

Anonim mengatakan...

sex, lies & sports

Anonim mengatakan...

film khusus bocil dewasa

Anonim mengatakan...

the battle of sex

Anonim mengatakan...

adult movie 21 tahun ke atas rated R+

Anonim mengatakan...

membakar gairah seksual musik techno yang toxic

Anonim mengatakan...

tennis berasa makan kebab

Anonim mengatakan...

lihat main tennis sekarang beda setelah nonton film ini

Anonim mengatakan...

film real gimmick

Anonim mengatakan...

recehan biasa aja

Anonim mengatakan...

Fresh 238 Reviews Tomatometer 87%