ERASERHEAD (1977)

1 komentar
Film ini adalah film pertama dari seorang David Lynch, sekaligus perkenalan bagi dunia perfilman dunia terhadap gaya penyutradaraan unik dari Lynch yang dikenal dengan sebutan "Lynchian". David Lynch memang hobi memberikan suguhan unik berupa film surealis yang seringkali susah dimengerti tidak hanya oleh penonton awam tapi juga oleh kritikus film. Bagi saya sendiri ini bukan pengalaman pertama menyaksikan film seorang Lynch setelah sebelumnya menonton "Blue Velvet" sebagai pemanasan mengingat film tersebut termasuk film Lynch yang paling mudah dimengerti. "Eraserhead" tidak hanya membuat pusing banyak orang tapi juga digemari bahkan mendapat status "clut classic". Beberapa sutradara tenar bahkan menjadikan film ini sebagai favorit mereka, mulai dari Stanley Kubrick sampai George Lucas yang bahkan sempat menawari Lynch untuk menyutradarai Star Wars episode VI.

Henry Spencer (Jack Nance) yang sedang dalam liburan menerima kabar yang mengejutkan dari kekasihnya, Mary X (Charlotte Stewart) disaat Henry sedang berkunjung kerumah mary untuk makan malam bersama kedua orang tuanya. Mary ternyata baru saja melahirkan anak hasil hubungannya dengan Henry. Atas paksaan dari ibu Mary akhirnya Henry bersedia menikahi Mary dan membawa istri dan anaknya untuk tinggal di apartemen sempit milik Henry. Yang mengejutkan adalah wujud dari bayi mereka yang tidak terlihat seperti manusia tapi lebih seperti monster atau mutan kecil. Hal itu yang membuat hidup Henry berubah dan dipenuhi hal-hal aneh dan mimpi buruk.
Apa sebenarnya yang ingin disampaikan David Lynch lewat film ini? Adegan-adegan absurd ditambah karakter-karakter yang tidak kalah aneh membuat film ini makin unik dan sulit dipahami orang awam seperti saya. Apa maksud dari kemunculan gadis dari dalam radiator yang mempunyai tonjolan aneh di kedua pipinya yang kemudian menari dan menginjak benda-benda mirip organ tubuh yang diawal film digambarkan keluar dari mulut Henry? Apa pula makna dari mimpi Henry yang memperlihatkan kepalanya terlepas lalu bagian otaknya digunakan untuk membuat penghapus? Masih banyak juga adegan-adegan surealis lain yang saya susah mengerti termasuk apa arti sesungguhnya dari bentuk bayi Henry yang lebih mirip bayi alien yang dikandung Sigourney Weaver di film "Alien" dibanding bayi manusia tersebut?

Setiap penonton dipastikan mempunyai interpretasi masing-masing mengingat David Lynch menolak mengungkap arti gamblang film ini. Saya sendiri menganggap film ini sebagai perlambang ketakutan seorang ayah akan kondisi kehidupan yang mengharuskan dirinya merawat anak. Sang ayah benar-benar merasa kehidupan tersebut akan terasa begitu buruk dan merasa sang bayi bagaikan sesosok monster mengerikan yang menangis setiap saat dan bisa menghancurkan kehidupannya. Tapi tentu saja itu hanya interpretasi saya pribadi yang sangat mungkin salah karena masih banyak adegan yang saya belum mengerti maknanya.

Tapi mengesampingkan kesulitanya untuk dicerna, "Eraserhead" adalah sebuah suguhan visual yang luar biasa dari David Lynch. Beda dengan Michael Bay yang untuk menghibur penotnon dengan visualisasinya membutuhkan berbagai macam efek visual megah, David Lynch mampu menyuguhkan visual luar biasa dengan gambar-gambar unik nan absurd. Menonton film ini bagaikan masuk kedalam dunia mimpi buruk tapi indah. Disebut mimpi buruk karena kondisi dunia Henry yang dalam kondisi kacau dan banyaknya adegan-adegan disturbing khususnya yang menampilkan "si bayi". Tapi indah karena begitu hebatnya visi dari Lynch untuk menyuguhkan adegan surealis. Benar-benar pengalaman menonton sebuah film luar biasa yang unik.


RATING:

1 komentar :

  1. ada sedikit yg mirip dgn interpretasi saya.
    saya sendiri baru menonton eraserhead kemarin.

    kalo boleh tau, mas rasyidharry ini asalnya dari mana ya?
    perkenalkan saya Iza dari Tuban, pecinta film juga.
    Salam Kenal

    BalasHapus