TRUE GRIT (2010)

Tidak ada komentar
Coen Brothers yang terkenal dengan film yang punya plot unik dan karakter menarik tahun ini merilis sebuah film ber-genre western yang diadaptasi dari novel berjudul sama (True Grit) yang pada tahun 1969 juga pernah dibuat filmnya. Lagi-lagi Coen Brothers berhasil menyatukan cast yang menarik dalam film ini. 2 aktor yang sebelumnya pernah sekali bekerja sama dengan mereka, Jeff Bridges dan Josh Brolin ada disini. Selain mereka berdua, ada juga Matt Damon yang makin menambah daftar bintang di film ini. Seorang aktris muda pendatang baru, Hailee Steinfeld juga turut ambil bagian. Saya menonton True Grit jelas dengan ekspektasi tinggi tentang sebuah film western yang dibuat oleh Coen Brothers yang berarti akan ada banyak keunikan disana, dan kalimat yang terbayang sebelum menonton film ini tentunya "Film kualitas oscar."
Mattie Ross (Hailee Steinfeld) menyimpan dendan terhadap Tom Chaney (Josh Brolin) seorang pria yang telah membunuh sang ayah. Hal itu membuat gadis yang baru berusia 14 tahun tersebut berniat untuk mencari sang pembunuh, hidup atau mati. Mattie lalu mencari orang yang bisa menolongnya mencari Chaney. Pilihan jatuh kepada seorang U.S. Marshall  bernama Rooster Cogburn (Jeff Bridges). Rooster yang merupakan Marshall yang unik (tua, doyan tidur, dan pemabuk) akhirnya menerima pekerjaan ini dan mereka berdua mulai melakukan perjalanan mencari Tom Chaney. Ditengah jalan emreka bertemu dengan seorang Texas Ranger, LaBoeuf (Matt Damon) yang ternyata juga mencari Chaney yang terlibat kasus pembunuhan di Texas. Walaupun sering berbeda argumen, akhirnya mereka bertiga justru berjalan bersama untuk mencari Chaney.
Satu ciri khas Coen Brothers tetap ada dan 1 ciri khas lainnya agak menghilang di film ini. Ciri khas yang tetap ada yaitu karakter yang unik dan menarik. Dan itu terlihat pada diri Rooster Cogburn yang diperankan Jeff Bridges. Pemabuk, semaunya sendiri, tapi bisa dibilang memang punya skill. Sekilas mengingatkan pada perannya di "The Big Lebowsky" sebagai The Dude tapi tokoh Rooster masih "lebih berguna" daripada The Dude yang memang cuma malas-malasan dan menghisap ganja. Menurut saya Rooster adalah gabungan dari The Dude dan Bad Blake (tokoh yang dimainkan Bridges di Crazy Heart dimana dia menang Oscar tahun lalu). Tokoh yang lain walaupun tidak semenarik Rooster tetap bagus. Khususnya Mattie yang diperankan Hailee Steinfeld yang pada debutnya bermain film berhasil tampil bagus. Matt Damon dan Josh Brolin juga tetap pada kapasitasnya walaupun tertutup oleh keunikan karakter Rooster Cogburn.

Sedangkan ciri khas yang agak hilang adalah Black Comedy ala Coen. Tidak sepenuhnya hilang, tetapi tidak sebanyak film-film mereka yang lain. Lebih mirip kearah "No Country For Old Men" tapi bedanya efek kejut di "True Grit" tidak sebanyak di film yang membawa Coen Brothers meraih Oscar mereka itu. Tapi begitu black comedy itu muncul, saya berhasil dibuat terhibur dan tertawa. Memang tidak sampai membuat film ini buruk, hanya saja kurang kentalnya unsur black comedy disini membuat ekspektasi saya terhadap jenis film yang disajikan tidak terlalu terpenuhi.

Tidak ada komentar :

Comment Page: