87th ACADEMY AWARDS WINNERS LIST & "AWESOME" MOMENTS

Tidak ada komentar
Kemarin ajang Academy Awards (Oscar) yang ke-87 telah digelar. What to expect from 3 hours of awards show? Banyak. Apa yang membuat Oscar menarik untuk disaksikan bukan sekedar mencari tahu pemenang dari tiap kategori tapi juga momen diantara semua itu. Ada momen emosional, momen lucu, sampai momen aneh yang tidak jarang berakhir memalukan. Jadi sebelum sampai pada daftar pemenang, saya akan merangkum beberapa momen favorit saya pada perhelatan Oscar kemarin. Berikut beberapa diantaranya:

1. Adele Dazeem & Glom Gazingo
John Travolta identik dengan weirdness dalam setiap penampilannya di malam Oscar khususnya tiga tahun terakhir. Setelah penyebutan kacau "Les Miserables" dan memanggil Idina Menzel sebagai Adele Dazeem, pelantun "Let it Go" tersebut mendapat kesempatan "balas dendam" saat ia dan Travolta naik panggung bersama. Idina tidak melewatkan kesempatan itu dengan memperkenalkan partnernya dengan nama yang tidak kalah aneh, "Glom Gazingo". Lucu, tapi berubah menjadi awkward sekaligus aneh saat Travolta kembali berulah dengan menyentuh wajah Idina...in a creepiest way possbile. (mostly scripted, but still funny)

2. Everything is Awesome with the Sound of Music
Pada akhirnya "Glory" berhasil memenangkan "Best Original Score" mengalahkan "Everything is Awesome", tapi Tegan and Sara dan The Lonely Island jelas pemenangnya saat harus tampil di atas panggung. Menggunakan set meriah, keceriaan lagu itu dihantarkan dengan sempurna. Saya tersenyum..semua penonton tersenyum. Belum lagi saat Will Arnett muncul dengan kostum Batman menyanyikan sebaris lirik tentang Batman yang begitu lucu.

Tapi untuk musical scene, tidak ada yang lebih mengesankan selain Lady Gaga. Menanggalkan semua keanehan dan musik pop catchy, Gaga menyanyikan medley lagu-lagu dalam film The Sound of Music sebagai tribute...and she's surprisingly amazing! Terkesan anggun dengan performa ala Broadway, Lady Gaga membuktikan talenta aslinya sebagai seorang penyanyi.

3. Neil Patrick Harris with underwear
Tiap malam Oscar selalu menghadirkan parodi dari film-film yang menjadi nominasi, tidak terkecuali kemarin. NPH memparodikan adegan ikonik dari Birdman saat ia harus naik panggung hanya dengan celana dalam di tengah kerumunan penggemarnya sambil diiringi scoring film tersebut. Semakin luar biasa lucu saat ditutup dengan kehadiran Miles Teller memainkan drum solonya dari film Whiplash. NPH pun bereaksi layaknya J.K. Simmons (not my tempo!)

4. Neil Patrick Harris and his Oscar predictions
Mungkin NPH bukan host terbaik Oscar. Banyak lelucon yang gagal, tapi banyak juga momen menarik. Selain parodi di atas, momen sulap ini pun menarik. NPH membuka prediksi yang telah ia tulis beberapa hari lalu. Bukannya daftar pemenang, prediksi itu berisi momen-momen aneh yang terjadi pada malam tersebut. 

5. "Ida" won Best Foreign Language Film
Saya memang memprediksi Wild Tales dari Argentina bakal memenangkan kategori ini, dan saya senang akhirnya salah. Film Polandia garapan Pawel Pawlikowski ini merupakan salah satu favorit saya, bahkan seharusnya cukup layak masuk nominasi Best Picture. Kemenangan Ida adalah satu-satunya momen saat saya berteriak kegirangan pada Oscar tahun ini.

6. Jessica Chastain presented Best Cinematography for Chivo
It's cute...and sweet.

7. The Surprises that created tension
Sebelum dimulai, pesaing utama untuk Best Picture hanyalah Birdman dan Boyhood. Saya menjagokan Boyhood, tapi momentum ada pada Birdman yang memenangkan PGA. Tapi kemudian The Grand Budapest Hotel seolah mendapat kesempatan saat memenangkan Best Costume Design, Best Production Designe dan Best Makeup and Hairstyling. Sebagai peraih nominasi terbanyak bersama Birdman, tiga piala itu sedikit memberikan harapan, apalagi jika akhirnya memenangkan Best Original Screenplay seperti yang terjadi pada WGA. Tapi kemudian Whiplash menghentak. Setelah (sesuai prediksi) memenangkan Best Sound Mixing, film "kecil" ini mengalahkan Boyhood pada Best Editing. Membuktikan kecintaan Academy pada film ini sekaligus makin memupuskan harapan Boyhood jadi yang terbaik. Tensi meninggi, karena jika Whiplash menang di Best Adapted Screenplay, maka inilah penantang utama Birdman. Tapi akhirnya The Imitation Game membawa pulang naskah adaptasi terbaik, dan Birdman mendapat naskah asli terbaik, mengunci kemenangan yang sudah bisa diprediksi bagi film tersebut. Sekaligus memberi kekecewaan besar pada saya karena Boyhood pulang nyaris dengan tangan kosong (hanya Patricia Arquette yang menang di Best Supporting Actress).

Winners List:
(dari 21 kategori, tebakan saya hanya benar 15. Bad prediction)

BEST PICTURE: Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance)
BEST DIRECTOR: Alejandro Gonzales Inarritu
BEST ACTOR: Eddie Redmayne 
BEST ACTRESS: Julianne Moore 
BEST SUPPORTING ACTOR: J.K. Simmons
BEST SUPPORTING ACTRESS: Patricia Arquette
BEST ORIGINAL SCREENPLAYBirdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance)
BEST ADAPTED SCREENPLAY: The Imitation Game
BEST ANIMATED FEATURE FILM: Big Hero 6
BEST FOREIGN LANGUAGE FILM: Ida
BEST DOCUMENTARY - FEATURE: Citizenfour
BEST ORIGINAL SCORE: The Grand Budapest Hotel 
BEST ORIGINAL SONG: Glory
BEST SOUND EDITING: American Sniper
BEST SOUND MIXING: Whiplash
BEST PRODUCTION DESIGN: The Grand Budapest Hotel
BEST CINEMATOGRAPHY: Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance)
BEST MAKEUP AND HAIRSTYLING: The Grand Budapest Hotel
BEST COSTUME DESIGN: The Grand Budapest Hotel
BEST FILM EDITING: Whiplash
BEST VISUAL EFFECTS: Interstellar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar